Beberapa Hal yang Bisa Kamu Ketahui Dari Trailer Avengers 4 Endgame

Steffi Novita

, Movie

Setelah sukses mengguncang dunia sekaligus mencatatkan beberapa rekor box office dengan Avengers: Infinity War bulan April lalu, Marvel kembali lagi dengan film sekuelnya. Ketika itu, Marvel juga sukses merahasiakan plot film selama beberapa minggu sejak pemutaran perdananya dengan hashtag#ThanosDemandsYourSilence. Hal ini membuktikan bahwa Marvel menyiapkan banyak trik marketing khusus yang bisa dipakai untuk tetap merawat hype. Strategi serba rahasia ini kemudian terjadi lagi setelah film tersebut rilis di bioskop. Selama berbulan-bulan, Marvel merahasiakan judul Avengers 4 demi menghindari petunjuk sedikitpun yang mengarah pada spoiler. Ketika akhirnya trailer Avengers: Endgame dirilis, judul film tersebut hanya bisa ditemukan di akhir video. Untungnya, ada beberapa hal yang sudah bisa disimpulkan dari trailer tersebut. Berikut beberapa di antaranya.

Baca juga: Daftar Film Terlaris Sepanjang Masa, Infinity War Tidak Termasuk

Diawali dan Diakhiri oleh Stark

Trailer Avengers 4 Endgame dibuka dengan Tony Stark yang berada di Benatar, pesawat luar angkasa milik Guardians of The Galaxy. Di kokpit, ia terlihat sedang mengaktifkan kostum Iron Man  miliknya yang hanya tinggal kepala saja. Ia kemudian mengatakan beberapa pesan untuk tunangannya, Pepper Potts.

Image credit: marvelstudiosnews.com

Adegan ini menjadi sangat simbolik ketika kita mengingat bahwa Marvel Cinematic Universe juga diawali oleh Tony Stark yang terjebak di gua. Keberadaannya juga menandakan bahwa ia adalah salah satu pilar utama Avengers sekaligus MCU. Tanpa kehadiran Tony Stark (dan kesuksesan Iron Man (2008)), tentunya MCU tidak akan sesukses sekarang.

Baca juga: 10 Foto Eksklusif Terbaru Captain Marvel (2019), Cek Di Sini

Image credit: marvelstudiosnews.com

Adegan ini juga menjadi pengingat bahwa setelah Avengers dan para Guardians kalah telak melawan Thanos di Planet Titan, hanya Stark dan Nebula lah yang tersisa. Nebula kemudian dimunculkan pula dalam trailer, namun sosok yang diperankan aktris Karen Gillan tersebut tentunya tidak berada dalam masalah yang sama dengan Stark. Sebagian besar tubuhnya adalah mesin, tentunya kebutuhan makan dan minumnya tidak sama dengan Stark.

Selebrasi Thanos

Setelah penonton disuguhkan dengan kondisi terkini Tony Stark dalam Benatar yang melayang di antah-berantah, kini giliran Thanos yang mendapat perhatian. Ia tampak melintasi lahan di planet yang ia datangi di ending Avengers: Infinity War. Terlihat armornya digantungkan seperti orang-orangan sawah. Hal ini merujuk pada komik Infinity Gauntlet karya Jim Starlin. Di dalam komik tersebut, Thanos yang kalah memutuskan untuk menjadi petani di sebuah planet asing.

Baca juga: 11 Hal Perlu Kamu Ketahui Dari Trailer Perdana X-Men: Dark Phoenix (2019)

Image credit: imdb.com

Thanos memang sudah menang, ia sudah melakukan “..what exactly he said he was gonna do. He wiped out 50% of all living creatures“, sebagaimana diucapkan oleh Black Widow. Kini, ia harus bersiap menghadapi perlawanan dari para superhero yang tersisa di Avengers 4 Endgame.

The Avengers Pasca Infinity War

Kekalahan Avengers di Infinity War menyisakan lineup original Avengers: Iron Man, Thor, Hulk, Captain America, Black Widow, dan Hulk. Kini mereka dalam keadaan desperate, menangisi kehilangan mereka dan menyesalkan apa yang telah terjadi. Keadaan ini bisa dibilang merupakan titik terendah dalam kehidupan mereka, lebih dari apa yang mereka alami di masa lampau.

Image credit: imdb.com

Akibat dari The Decimation (peristiwa Thanos menjentikkan jarinya) adalah dunia kehilangan orang-orang terbaiknya. Bruce Banner sendiri terlihat tengah memandang wajah superhero yang hilang di kantor markas Avengers yang juga tampak kosong. Beberapa di antaranya adalah Ant-Man dan Shuri. Dengan masuknya gadis tersebut dalam daftar korban The Decimation, bisa disimpulkan bahwa Wakanda kemungkinan besar dalam keadaan kacau tanpa suksesi pemimpin setelah ditinggalkan T’Challa dan adiknya sekaligus.

Baca juga: 9 Hal yang Mungkin Kamu Lewatkan di Trailer Terbaru Captain Marvel (2019)

Image credit: imdb.com

Perubahan Besar

Meski original lineup Avengers utuh di Avengers 4 Endgame, bukan berarti mereka baik-baik saja, bahkan justru jauh sebaliknya. Masing-masing terlihat mengalami guncangan hebat. Perubahan besar pun tak pelak terjadi pada diri mereka. Steve Rogers tampak meneteskan air mata, Natasha Romanoff terlihat berusaha menerima kenyataan, begitu juga Bruce Banner.

Image credit: imdb.com

Kehilangan terbesar tentu saja dirasakan oleh Thor yang terlihat depresi dalam trailernya. Bagaimana tidak? Ia justru mengantarkan rakyat Asgard ke pintu maut ketika ia mengira ia telah menyelamatkan mereka dan adik tiri yang ia sayangi mati di tangan orang yang juga menggenosida rakyatnya. Selain itu, ia juga menyesal tidak membidik kepala Thanos dan secara tidak langsung menyebabkan The Decimation terjadi.

Baca juga: Review SpiderMan Into The Spider-Verse (2018): Wajib Tonton!

Image credit: imdb.com

Meskipun begitu, perubahan terbesar tampak pada diri Clint Barton alias Hawkeye. Setelah absen dalam pertarungan Infinity War, kini ia justru terlihat di Jepang tengah menghabisi beberapa pria dalam jas. Hal ini sejalan dengan kabar masuknya aktor laga Jepang Hiroyuki Sanada dalam daftar cast. Tampaknya geng bawah tanah Jepang, Yakuza, terlibat dalam plot Avengers 4. Selain itu, hadirnya Clint Barton dalam kostum berbeda memunculkan teori identitasnya sebagai Ronin. Hal ini tak hanya mengagetkan para fans, namun juga Natasha Romanoff sendiri.

Image credit: imdb.com

Rencana Final

Apapun kondisi tim Avengers saat ini, kini mereka harus menyusun rencana luar biasa untuk mengalahkan Thanos sang Mad Titan. Adegan dalam trailer pun juga mengiyakan hal tersebut. Terlihat Steve Rogers dan Natasha Romanoff sedang berdiskusi tentang sebuah rencana yang digambarkan Steve sebagai “…the fight of our lives“.

Baca juga: Ini Dia 7 Bocoran Film Spider-Man 2 dari Marvel Cinematic Universe

Image credit: imdb.com

Beberapa teori menyatakan bahwa rencana besar Earth’s Mightiest Heroes melibatkan perjalanan waktu alias time traveling. Belum jelas bagaimana persisnya rencana ini akan dijalankan. Namun beberapa bukti menguatkan spekulasi fans. Di antaranya adalah kostum Captain America dalam trailer yang sama sekali berbeda dengan official concept art Avengers 4. Di sini, ia justru memakai kostum yang ia pakai dalam Captain America: Winter Soldiers. Beberapa fans menyimpulkan bahwa ia akan kembali ke tahun 2014 untuk mengubah beberapa kejadian di masa tersebut. Meski hal ini hanya sebatas spekulasi, sangat menarik mengikuti perkembangan teori time traveling dalam strategi Avengers.

Peran Ant-Man

Di akhir trailer, terlihat Scott Lang alias Ant-Man berada di luar markas Avengers. Tentunya kamu ingat bahwa ia sebelumnya terjebak dalam Quantum Realm di mid-credit scene Ant-Man and The Wasp (2018). Entah bagaimana caranya, ia berhasil meloloskan diri dan mendatangi markas.

Baca juga: 5 Pasangan Superhero Marvel Paling Serasi. Mana Favoritmu? (Bagian 1)

Image credit: imdb.com

Ia yang sebelumnya diduga hilang dalam peristiwa The Decimation kini muncul, maka pantas bila Steve Rogers dan Natasha Romanoff terlihat begitu kaget. Diduga, ia kabur dari Quantun Realm melalui time vortex yang ada di dalamnya, sebagaimana yang dipaparkan Janet van Dyne. Quantum Realm memang tidak mengenal jarak dan waktu, maka bisa saja spekulasi ini benar adanya.

Selain itu, beberapa fans juga menyimpulkan teori baru akan peran Quantum Realm dalam Avengers 4 Endgame. Berkaitan erat dengan poin sebelumnya, salah satu cara para Avengers untuk melakukan time traveling adalah dengan memanfaatkan Quantum Realm. Apakah teori ini benar? Kita tunggu saja.

***

Itu dia beberapa hal yang bisa diketahui dari trailer Avengers: Endgame (2019). Film ini baru akan rilis di akhir bulan April mendatang, jadi perlu kesabaran ekstra dalam menantikannya. Sambil menunggu, kamu bisa menghabiskan setiap weekend untuk mengulang film-film MCU mulai dari Phase 1. Dapatkan segera koleksinya di toko-toko DVD terdekat! Jangan lupa cek GoToMalls.com sebelum membelinya! GoToMalls adalah aplikasi berbasis website yang bisa kamu andalkan untuk menemukan promo dan diskon di mall-mall Tanah Air. Siapa tahu kamu menemukan promo seru yang sedang berlaku di toko DVD di kotamu!

Baca juga: Perjalanan Marvel Cinematic Universe yang Harus Kamu Tahu (Phase One)

Leave a Reply