Review SpiderMan Into The Spider-Verse (2018): Wajib Tonton!

Steffi Novita

, Movie

Ketika jagat internet tengah disibukkan oleh rilisnya teaser trailer Avengers: Endgame, “diam-diam” Sony kembali ke permukaan. Kali ini, studio pemegang hak intelektual karakter Spider-Man tersebut merilis film superhero berkekuatan laba-laba versi mereka sendiri. Diberi judul Spider-Man: Into The Spider-Verse (2018), film bergenre animasi ini siap membawa penonton menaiki roller coaster. Tayang menjelang ditutupnya tahun 2018, berikut beberapa hal yang menjadi alasan kamu wajib menonton film SpiderMan Into The Spider-Verse (2018).

Baca juga: 13 Film Hollywood Terbaru Desember 2018 Paling Ditunggu

Rating

Bagi sebagian orang, rating adalah segalanya. Banyak orang yang mengecek review terlebih dahulu sebelum menentukan apakah mereka akan menonton film tertentu. Tidak semua review dan kritikus bisa diandalkan, bahkan sejumlah so-called-top-critic cenderung lebih subjektif daripada objektif. Meskipun begitu, ketika semua review dan kritikus satu suara terhadap sebuah film, maka tentu saja langkah terbaik adalah mempercayainya.

Image credit: imdb.com

Kabar baiknya, film SpiderMan Into The Spider-Verse (2018) mendapat rating baik dari para kritikus, bahkan bisa dibilang nyaris sempurna. Di situs Rotten Tomatoes, proyek kerja sama Columbia Pictures, Sony Pictures Animation, dan Marvel ini diganjar dengan sertifikasi fresh dengan rating sementara sebesar 99%. Tak hanya itu, skor rata-rata dari para kritikus pun begitu tinggi yaitu sembilan dari sepuluh.

Image credit: imdb.com

Film animasi ini juga dilabeli “must see” oleh situs Metacritic dengan status universal acclaim. Tak hanya itu, beberapa reviewer juga menilai film ini sebagai film comic-book terbaik hingga saat ini sekaligus sepuluh besar film animasi terbaik sepanjang masa.

Baca juga: Bernostalgia Lewat Trailer Terbaru Film Bumblebee (2018)

Plot Seru

Jika kamu tidak familier dengan komik Spider-Man, sebaiknya kamu buang jauh-jauh ingatan tentang kisah superhero itu di kepalamu. Film SpiderMan Into The Spider-Verse (2018) tidak berhubungan dengan dua versi Spider-Man sebelumnya, baik versi Avi Arad dengan Tobey Maguire maupun versi The Amazing Spider-Man dengan Andrew Garfield.

Baca juga: Hadiah Manis dari Century Fox, Film Deadpool Christmas (2018)

Image credit: imdb.com

Dalam film besutan trio Peter Ramsey, Robert Persichetti Jr., dan Rodney Rothman ini, kekuatan laba-laba tidak hanya dimiliki oleh satu orang saja. Ada banyak Spider-Man yang tersebar di belahan galaksi dari berbagai dimensi. Tokoh utama dalam film animasi ini sendiri bukan Peter Parker melainkan Miles Morales, seorang remaja tanggung asal Brooklyn. Ketika ia menyadari dirinya memiliki kekuatan laba-laba ia segera mencoba-coba kekuatannya untuk memberantas kejahatan. Dalam prosesnya, ia bertemu dengan banyak Spider-Man lain dari dimensi yang berbeda.

Spider-Verse yang Luas

Image credit: imdb.com

Ketika Miles membuka portal dimensi, datanglah Spider-Man lain dari berbagai dimensi. Mulai dari Peter Parker, Gwen Stacy alias Spider-Gwen, Peter Porker alias Spider-Ham yang berwujud babi kecil, Peni Parker alias SP//dr, hingga Spider-Noir. Semuanya memiliki keunikan masing-masing yang berkaitan dengan dimensi asal. Misalnya, Spider-Noir yang berasal dari dimensi gelap, ia muncul dalam rupa 2D alih-alih 3D seperti Miles. Lucunya, ada juga Peni Parker yang dimunculkan dalam wujud anime 2D.

Lewat teman-teman sesama Spider-Man pun, Miles belajar banyak tentang bagaimana menjadi seorang superhero yang sesungguhnya.

Segalanya Terasa Pas

Para kritikus tentunya tidak sembarangan dalam memberi rating dan review. Film SpiderMan Into The Spider-Verse (2018) benar-benar pantas mendapat sanjungan. Segala aspek dalam film ini terasa pas dan well-placed. Mulai dari cast pengisi suara hingga penempatan humor, semua begitu tepat. Beberapa reviewer yang telah menyaksikan film ini dalam kesempatan early screening menyatakan bahwa film ini sering menampilkan humor kocak yang dijamin seru.

Baca juga: Film Holmes and Watson (2018) Siap Menyapa di Penghujung Tahun

Image credit: imdb.com

Dari segi cast, ada beberapa nama besar yang turut terlibat dalam proyek film animasi ini. Di antaranya adalah Hailee Steinfeld sebagai Gwen Stacy, Liev Schreiber sebagai Wilson Fisk, hingga sang legenda Nicolas Cage sebagai Spider-Noir. Selain itu juga ada aktor tampan Chris Pine yang mengisi suara Spider-Man generasi sebelum Miles.

Emosional

Image credit: imdb.com

Meskipun dijejali oleh humor-humor kocak, bukan berarti film SpiderMan Into The Spider-Verse (2018) menjadi film komedi yang dangkal. Jangan salah sangka, yang terjadi justru sebaliknya. Film ini juga memuat banyak pelajaran hidup, mulai dari empati, persahabatan, hingga pengorbanan. Siap-siap, air matamu mungkin akan jatuh sebelum kamu menyadarinya.

Baca juga: Ralph Breaks The Internet (2018): Dari Payung Teduh Sampai Stan Lee

Action Sequence

Image credit: imdb.com

Ini dia salah satu hal yang membuat film SpiderMan Into The Spider-Verse (2018) begitu dicintai kritikus. Pihak Sony Pictures sangat paham bagaimana menciptakan action sequence yang tampak nyata sekaligus seru dalam wujud animasi. Lewat teknologi CGI, adegan-adegan aksi berhasil ditampilkan dengan baik. Pertarungan-pertarungan menegangkan juga tereksekusi dengan brilian pula.

Tentunya hal ini cukup menjadi alasan kuat kamu harus menontonnya di bioskop, bukan?

Baca juga: Fakta-Fakta Menarik Wajib Kamu Ketahui Sebelum Nonton Film Aquaman (2018)

Visually Stunning

Image credit: imdb.com

Sebagai pelengkap, semua aspek di atas dibungkus dengan rapi lewat penyajian visual yang begitu mengagumkan. Jangan pernah meremehkan film animasi, karena teknologi saat ini sudah begitu maju dan sanggup memanjakan matamu. Singkatnya, kamu tidak akan menyesal menonton film SpiderMan Into The Spider-Verse (2018) di bioskop!

Baca juga: Mortal Engines (2018): Film Steampunk Kaya Visual dari Peter Jackson

***

Film Spider-Man: Into The Spider-Verse (2018) dijadwalkan rilis di Amerika Serikat pada tanggal 14 Desember mendatang. Untungnya, ada kabar baik untuk kamu yang sudah tidak sabar menonton film ini. Indonesia mendapat kehormatan untuk menonton film ini lebih awal, tepatnya mulai tanggal 12 Desember. Manfaatkan kesempatan ini dengan baik! Segera agendakan nonton film di bioskop favorit bersama keluarga maupun rekan-rekan sesama penggemar film superhero.

Jangan lupa cek GoToMalls.com terlebih dahulu sebelum kamu membeli tiket! GoToMalls bisa kamu andalkan untuk menemukan promo-promo terbaru di mall-mall seluruh Indonesia. Siapa tahu bioskop favoritmu tengah menawarkan promo tiket nonton yang bisa kamu manfaatkan!

Leave a Reply