12 Manfaat Konjac Sponge yang Belum Banyak Diketahui Orang

Sejak kemunculannya, konjac sponge sukses membuat banyak orang jatuh cinta. Mulai dari anak muda hingga dewasa, pengguna kasual hingga beauty enthusiast, telah banyak yang menggemari produk perawatan kulit yang satu ini. Berawal dari akar tanaman Asia, kini spons konjac menjadi semakin populer hingga ke seluruh dunia. Tidak heran, spons ini memang sangat unik. Bentuk dan teksturnya lain dari spons pada umumnya, dan juga memberikan sensasi yang juga berbeda dari biasanya. Banyak orang mulai mencoba menggunakannya karena alasan tersebut,. Namun mereka yang sudah mengenalnya akan menjadikannya rutinitas karena manfaatnya yang sangat banyak. Berikut GoToMalls perkenalkan 12 manfaat konjac sponge yang tersimpan di balik wujud kecil nan imutnya.

Tekstur Sangat Lembut

Image credit: allure.com

Spons konjac memiliki tekstur yang sangat lembut, bahkan lebih lembut dibanding scrub sehingga ideal dipakai untuk eksfoliasi. Menurut dermatologi, produk ini bahkan bisa dipakai pada area kulit yang sensitif dan kering yang rawan teriritasi. Selain itu, spons ini juga bisa dipakai pada area kulit dengan penampakan pembuluh darah yang menonjol berkat teksturnya yang sangat lembut.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah

Jadi Pembersih Make up

Image credit: IG @bebevisa

Pernahkah Anda membayangkan membersihkan riasan wajah dengan spons? Jika yang dipakai adalah spons mandi biasa, tentu Anda tidak akan berpikir dua kali untuk menolaknya. Asyiknya, inilah manfaat konjac sponge yang tidak banyak diketahui. Tambahkan sabun dan air, spons ini akan membersihkan riasan lebih efektif daripada sebatas menggunakan tangan.

Sebagai bonus, spons ini juga aman Anda gunakan untuk membersihkan maskara di sekeliling mata. Jangan khawatir, kulit sekitar mata Anda memang jauh lebih tipis dibanding area lain. Namun tekstur produk ini juga jauh lebih lembut daripada alat pembersih biasa.

Membuat Wajah Cerah Bersinar

Image credit: IG @stastnavcela

Dengan teksturnya yang lembut, konjac sponge bisa diandalkan untuk mengeksfoliasi kulit dengan menyingkirkan sel-sel kulit mati. Hasilnya, kulit Anda akan terasa lembut dan lebih cerah. Semakin sering Anda menggunakannya, semakin terasa efeknya. Meskipun begitu, tentunya Anda tidak bisa mengharapkan hasil berupa kulit yang luar biasa glowing setelah facial.

Deep Clean

Image credit: IG @fciasanantonio

Satu lagi manfaat konjac sponge yang jadi daya tarik produk yang satu ini. Sangat mudah untuk melakukan deep cleaning dengan spons ini. Anda cukup merendam spons antara 10-20 menit sampai spons mengembang dan melembut. Setelah itu, peras dan tambahkan pembersih muka Anda. Scrub wajah Anda dengan gerakan memutar, jika sudah bersih, bilas spons lalu keringkan selama satu malam.

Baca juga: 10 Rekomendasi Peel Off Mask Terbaik Untuk Semua Jenis Kulit (2018)

Mengontrol Jerawat

Sering-seringlah membersihkan wajah dengan spons ini. Semakin wajah Anda terjaga dari kotoran, semakin aman Anda dari serangan jerawat. Meskipun begitu, jika jerawat sudah terlanjur menyerang, jangan khawatir, spons ini bisa membantu Anda menjaganya agar tidak semakin parah. Bersihkan selalu pori-pori sekitar jerawat, namun berhati-hatilah agar tidak mengenai jerawat dan membuatnya iritasi.

Awet Tahan Lama

Image credit: IG @julepbeauty

Beberapa jenis spons diklaim bersifat antibakteri. Namun jelas bahwa tidak ada satu pun yang mampu self-cleaning. Untungnya, konjac sponge memiliki usia simpan yang cukup lama hingga satu bulan. Ingat, bersihkan spons ini begitu selesai dipakai, lalu buang setiap lewat usia sebulan.

Dibungkus dalam Kemasan Lembap

Image credit: bestbeautybuys.co

Beberapa merek spons unik ini dipasarkan dalam suasana lembap. Hal ini diperlukan untuk menjaga tekstur spons selama pengiriman. Kemasan lembap tersebut tersegel rapi, namun dari luar kemasan Anda sudah bisa melihat embun yang menandakan suasana lembap di dalamnya. Dengan begitu, spons ini akan selalu siap pakai begitu sampai di tangan Anda.

Beda Warna Beda Bahan

Ada banyak jenis Konjac sponge yang beredar di pasaran. Jenis-jenis tersebut dibedakan berdasarkan bentuk, ukuran, warna, dan komposisi spons sendiri. Menariknya, yang perlu Anda perhatikan hanyalah warnanya saja.  Karena warna spons menandai bahan-bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Spons berwarna abu-abu gelap diketahui mengandung charcoal, sementara yang berwarna hijau mengandung green tea atau green clay. Ada pun spons berwarna putih mengindikasikan kandungan kaolin clay, dan warna merah berisi clay merah Perancis. Selain itu masih ada varian berwarna biru dan kuning yang mengandung clay sesuai warna masing-masing.

Multifungsi

Image credit: dhgate.com

Salah satu manfaat konjac sponge yang paling membuat jatuh cinta adalah sisi efisiensinya. Spons ini bisa dipakai pada seluruh permukaan tubuh, tidak hanya bagian wajah saja. Menurut sejarah, produk ini ditemukan oleh petani Jepang di zaman dulu, ketika itu mereka menggunakannya untuk membersihkan kulit bayi yang masih sangat lembut dan rentan iritasi. Berkat teksturnya yang lembut dan berbahan alami, spons ini menjadi andalan para petani Jepang untuk menjaga kesehatan buah hati mereka.

Jangan mau kalah, manfaatkanlah spons ini untuk membersihkan dan mengeksfoliasi kulit badan Anda. Paling baik menggunakannya pada bagian yang berpotensi terkena jerawat dan membutuhkan deep cleaning seperti di bagian dada dan punggung.

Ramah Lingkungan

Image credit: IG @scratchgoods

Berbeda dengan spons mandi sintetis, konjac sponge bersifat biodegradable, artinya spons ini dapat terurai seratus persen. Bahkan, spons ini juga aman dimanfaatkan sebagai pupuk kompos sebagaimana sampah sayuran, buah-buahan, dan tanaman.

Yay to mother earth!

Baca juga: 8 Rekomendasi Produk Minyak Zaitun Untuk Kulit Wajah Kering

Mengandung Nutrisi

Image credit: konjacspongecompany.com

Jika kata biodegradable masih kurang untuk Anda, maka berikut ini manfaat konjac sponge lainnya: karena dibuat dari bahan-bahan alam, spons fluffy ini mengandung vitamin A, B, C, D, dan E. Selain itu juga ada kandungan protein dan magnesium di dalamnya yang sangat esensial bagi tubuh. Selain aman bagi lingkungan, baik pula untuk tubuh!

Memperbaiki Kulit Rusak

Image credit: pexels.com

Di negara tropis seperti Indonesia, permasalahan kulit akibat sinar matahari sudah menjadi persoalan biasa. Lagi-lagi, konjac sponge hadir menjadi solusi. Produk ini dapat mengelupaskan serpihan kulit yang rusak karena sinar terik dan membuatnya kembali beregenerasi. Sel-sel mati akan terangkat, sehingga jalan bagi lapisan kulit yang baru dan sehat akan terbuka.

Meskipun begitu, tentu saja Anda tetap harus melindungi diri dengan krim atau sunblock untuk mendapatkan perlindungan optimal.

Baca juga: 8 Tips Ampuh Merawat Kulit Wajah Kering

***

Itu dia 12 manfaat konjac sponge yang masih belum banyak diketahui orang termasuk oleh pemakainya. Sekarang, setelah mengetahui ke 12 benefit tersebut, sudah saatnya Anda beralih pada produk perawatan kulit yang satu ini! Dapatkan segera di Guardian sekarang juga! Saat ini, Guardian sedang mengadakan banyak promo produk perawatan tubuh, siapa tahu Anda menemukan promo konjac sponge yang sedang berlaku!

Jika sudah terlewat, jangan khawatir, langsung cek GoToMalls.com! GoToMalls adalah aplikasi berbasis website yang bisa Anda andalkan untuk menemukan promo-promo produk dan jasa terkini di seluruh mall Tanah Air. Sebelum belanja, cek GoToMalls dulu!

Leave a Reply