8 Tips Mudah Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Indonesia terletak di atas garis khatulistiwa. Oleh karena itu, tidak seperti di negara-negara Eropa dan Amerika Utara, di negeri ini tidak ada istilah empat musim. Ibu Pertiwi mendapat kehormatan untuk mengalami dua musim saja yaitu musim panas dan musim hujan. Masing-masing mendatangkan manfaat juga ancaman. Kini ketika musim hujan sudah menghampiri, Anda tentu tahu seberapa mudahnya jatuh sakit karena kehujanan. Fear no more, karena GoToMalls akan memberi tahu Anda bagaimana cara untuk tetap sehat. Ini dia 8 tips menjaga kesehatan di musim hujan!

Mempersiapkan Baju Hangat

Bila di Eropa suasana dingin ada ketika mulai musim gugur hingga musim salju, maka di Indonesia kondisi dingin umumnya di waktu hujan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda persiapkan pakaian hangat untuk aktivitas sehari-hari. Pilihlah bahan yang tebal agar tubuh Anda terjaga dari suhu yang rendah.

Selain itu, siapkan pula jaket untuk anak-anak Anda. Terkadang hujan turun di siang hari dan membuat cuaca mendadak dingin seperti di malam hari. Pastikan buah hati Anda terjaga dari dingin yang menggigit di kala hujan turun.

Sedia Payung Sebelum Hujan

Kalimat di atas bukan sekadar peribahasa. Hujan sering turun di waktu-waktu yang tidak tertebak. Bisa di pagi hari ketika perjalanan ke kantor, siang hari, sore hari ketika pulang dari kerja, ataupun malam hari. Tidak ada yang tahu persis kapan hujan akan turun. Pastikan Anda siap sedia payung dalam mobil Anda. Begitu juga dengan anak-anak, di sekolah terkadang mereka harus melalui jalan setapak yang tidak dilindungi dengan atap. Tentunya Anda tidak mau buah hati Anda kehujanan, bukan?

Stay Hydrated

Di musim hujan, sangat normal bila konsumsi air menurun karena cuaca yang dingin. Meskipun begitu, air tetap penting bagi tubuh, tidak peduli di cuaca apa pun. Tidak perlu menunggu sampai haus untuk minum air putih, yang penting Anda selalu terhidrasi. Salah satu manfaatnya adalah mengeluarkan zat-zat ampas dalam tubuh. Dengan minum yang cukup, kandung kemih akan terisi dan kotoran dapat diekskresikan keluar.

Minum air putih juga membuat Anda tidak mudah terserang pusing. Umumnya pusing dan sakit kepala disebabkan oleh kurangnya oksigen di kepala. Dengan minum, kandungan oksigen yang ada dalam air akan tersalurkan ke kepala.

Tetap Olahraga

Meskipun cuaca dingin, bukan berarti Anda boleh skip olahraga. Saat ini gym sudah tersebar di mana-mana, begitu juga tempat-tempat olahraga indoor lainnya. Di rumah pun Anda juga tetap bisa berolahraga. Lakukan olahraga yang biasa Anda kerjakan, mulai dari lari, senam, yoga, hingga pilates. Jika di rumah ada treadmill, tidak ada alasan untuk tidak tetap lari pagi.

Baca juga: 12 Olahraga Terbaik untuk Membakar Kalori

Mandi

Mungkin terdengar aneh, untuk apa mandi bila badan sudah basah karena kehujanan?

Ternyata, mandi setelah kehujanan justru baik bagi tubuh Anda, apalagi jika menggunakan air hangat. Setelah kehujanan, temperatur tubuh akan turun dan Anda merasa kedinginan. Dengan mandi air hangat, suhu tubuh Anda akan meningkat secara perlahan dan Anda akan merasa lebih segar. Selain itu, mandi juga akan membersihkan kotoran dan bakteri yang menempel dari air hujan. Dengan begitu, Anda jadi terhindar dari infeksi.

Jika Anda benar-benar dalam keadaan mager parah untuk mandi, alternatifnya adalah merendam kaki dengan air hangat. Cara ini memang bisa meningkatkan suhu tubuh, namun Anda harus sadar bahwa bakteri dan kotoran di kulit Anda tidak akan tersingikirkan hanya dengan merendam kaki.

Minum yang Hangat-Hangat

Image credit: pexels.com

Di musim hujan, cuaca akan terasa dingin. Paling enak minum dan makan sesuatu yang berkuah dan panas, bukan?

There’s no wrong with hot drinks. Cuaca di luar dingin, tentunya Anda akan butuh sesuatu untuk menghangatkan diri. Selain itu, minuman hangat pada dasarnya lebih baik daripada minuman dingin. Sempatkanlah untuk minum minuman hangat di sela-sela pekerjaan. Mulai dari green tea atau cokelat panas, apa pun yang Anda suka, grab it! Efeknya Anda juga jadi semakin rileks.

Tak hanya minuman, makanan berkuah hangat pun juga memberikan efek yang baik bagi tubuh di kala hujan. Tantang diri Anda untuk membuat sup ayam dengan lada, makanan ini dapat menghindarkan Anda dari infeksi dan flu yang terjadi karena perubahan suhu yang mendadak.

Baca juga: 14 Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

Perhatikan Pola Makanan

Di musim apa pun, pola makan tetaplah yang utama. Meskipun begitu, di musim hujan, bakteri lebih cepat menyebar. Oleh karena itu, hindarilah makan junk food dan street food di musim penghujan sebisa mungkin. Tentunya Anda tidak bisa menjamin higienisnya, bukan?

Bagaimana pun, makanan rumahan yang dimasak tanpa bahan-bahan pengawet tetaplah yang terbaik.

Baca juga: Awali Hari Dengan 7 Resep Sarapan Kilat & Sehat

Konsumsi Suplemen

Suplemen yang dimaksud di sini adalah vitamin C. Baik dalam bentuk tablet suplemen maupun makanan, vitamin C sangat berguna untuk mempercepat pemulihan dari virus flu. Saat ini, memang masih ada perdebatan mengenai apakah vitamin C dapat menjadi obat untuk flu. Namun yang pasti, asupan vitamin dalam jumlah cukup mendatangkan manfaat yang besar. Salah satunya adalah membantu meningkatkan kinerja antibodi Anda dalam memerangi virus flu.

***

Itu dia 8 tips menjaga kesehatan di musim hujan. Simpel, bukan? Semua bisa Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan effort yang besar. Kesehatan merupakan salah satu anugerah Tuhan yang paling utama, maka jagalah anugerah tersebut.

Buat Anda yang ingin merutinkan minum minuman sehat, GoToMalls sarankan untuk berlangganan minuman dari Re.Juve. Semua produk dari Re.Juve merupakan 100% jus alami yang dibuat dengan teknik cold pressed, sehingga nutrisi buah dan sayuran tetap terjaga. Manfaatkan promo diskon hingga 20% berikut ini agar lebih hemat.

Mau promo lainnya? Cek saja GoToMalls.com! GoToMalls adalah tempatnya Anda menemukan promo, diskon, kupon, dan event-event yang sedang berlaku di mall-mall seluruh Indonesia!

Leave a Reply