New MacBook Air 2018 Resmi Dirilis, Berikut Spesifikasi dan Fitur Terbarunya

Akhir Oktober 2018 kemarin, Apple secara resmi memperkenalkan produk New MacBook Air di New York. Notebook super ringan dan ramping ini tentu mengalami berbagai perubahan sehingga lebih mutakhir dari versi terdahulu. Berikut pemaparan lebih lanjut perihal spesifikasi dan keunggulan New MacBook Air 2018.

Baca juga: Mau iPhone X Gratis? Cek Kelebihan dan Cara Mendapatkannya Di Sini

Gambar Jernih dan Tajam dengan Retina Display

image credit: www.apple.com

Retina Display merupakan teknologi ciptaan Apple yang memungkinkan produk-produknya menampilkan gambar dengan jernih dan detail. Setiap produk Apple yang memiliki teknologi ini diklaim memiliki resolusi maksimal sehingga mata pengguna bahkan tidak mampu menangkap pixel-pixel pada layar. Apabila pada MacBook Air sebelumnya belum dilengkapi dengan teknologi ini, New MacBook Air 2018 sudah dilengkapi dengan teknologi Retina Display 4 juta pixel. Dengan ukuran layar 13.3 inci, Anda dapat menikmati tampilan warna yang tajam, cerah, serta sesuai dengan aslinya. Selain itu, New MacBook Air juga memiliki warna 48% lebih kaya dibandingkan versi sebelumnya. Demi memaksimalkan ukuran layar, Apple bahkan sengaja menghilangkan aluminium bezel yang sudah menjadi ciri khas dari produk MacBook Air. Hasilnya, tampilan layar menjadi jauh lebih dominan.

Didukung Mac OS Mojave

New MacBook Air 2018 tentu sudah dilengkapi dengan Operating Sistem terbaru, yakni Mac OS Mojave. Tampilan yang ditawarkan menjadi lebih dramatis dengan dark modes yang memungkinkan pengguna lebih fokus pada konten yang tengah dikerjakan. Fitur baru bernama stack berupaya membuat desktop pengguna menjadi lebih rapi. Fitur ini dapat mengelompokkan aneka file sejenis secara otomatis dalam satu grup. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan percakapan secara berkelompok melalui fitur group face time. Apabila sebelumnya face time hanya bisa dilakukan oleh dua pengguna, OS Mojave mendukung group face time yang bisa melibatkan hingga 32 pengguna.

Prosesor yang disematkan adalah dual-core i5 generasi kedelapan dengan kapasitas memori 16 GB. Kapasitas ini dua kali lebih besar dibanding MacBook Air terdahulu. Didukung dengan kemampuan all day battery life, New MacBook Air 2018 diklaim mampu bertahan selama 12 jam apabila digunakan untuk web browsing dan 13 jam untuk iTunes movie playback. 

Baca juga:11 Aplikasi Foto Bokeh Gratis di Android dan iOS

Ringan dan Ramping

image credit: www.apple.com

Dari segi ukuran, New MacBook Air mengalami penyusutan volume sebesar 17% dari versi terdahulu. Ukurannya pun 10 % lebih tipis yakni 15,6 mm dan berat 2,75 pounds sehingga ringkas untuk dibawa ke mana pun Anda bepergian. Dengan bodi yang 100% terbuat dari aluminium daur ulang, Apple mengklaim produk terbarunya ini sebagai the greenest Mac ever. Hal ini sejalan dengan tuntutan industri masa kini yang senantiasa diharapkan untuk selalu menciptakan produk-produk ramah lingkungan.

Touch ID Sensor dan Butterfly Keyboard

image credit: www.apple.com

New MacBook Air memiliki fitur unggulan berupa Touch ID Sensor yang ditanamkan secara langsung pada ujung kanan atas keyboard. Fitur ini mempermudah pengguna saat akan membuka MacBooknya hanya dengan sentuhan pada keyboard saja. Selain itu, fitur Touch ID juga dapat mengenali identitas pengguna secara cepat dan ringkas, terlebih ketika melakukan transaksi dengan Apple Pay. Tambahan fitur keamanan berupa T2 security chip turut menjamin keamanan data pengguna.

Pembaharuan dari sisi keyboard juga ditandai dengan pemilihan Butterfly Keyboard generasi mutakhir. Keyboard ini dinilai empat kali lebih stabil dibandingkan dengan keybord pada generasi terdahulu. Butterfly Keyboard cenderung ramping dan mampu memberikan pengalaman mengetik yang lebih presisi dan responsif. Masing-masing tombol pada keyboard juga dilengkapi dengan individual LED sehingga tetap nyaman digunakan dalam kondisi minim penerangan. Individual LED memungkinkan pencahayaan yang diberikan menjadi lebih akurat. Tak hanya itu, track pad yang terdapat pada New MacBook Air 2018 memiliki ukuran 20% lebih luas. Dengan kemampuan built in force sensorspengguna bebas melakukan klik track pad pada bagian mana saja sehingga memungkinkan pengalaman kontrol yang lebih baik sekaligus meminimalisir suara berisik.

Peningkatan Audio

Apple berupaya meningkatkan kualitas audio New MacBook Air 2018 dengan membuat volume yang dihasilkan oleh speaker menjadi 25% lebih kencang serta bass dua kali lipat dibanding versi lawasnya. Kemampuan speaker yang lebih canggih ini diharapkan membuat pengguna dapat menikmati audio serta video berkualitas tinggi.

Bukan hanya meningkatkan performa speaker, perbaikan kualitas audio juga dilakukan melalui segi input dengan tiga rangkaian mikrofon. Mikrofon tersebut dapat menghasilkan suara yang jernih, khususnya ketika pengguna melakukan panggilan grup melalui Face Time. Kemampuan mikrofon dalam menangkap suara juga sekaligus memaksimalkan performa Siri untuk mengenali suara penggunanya.

USB-C Thunderbolt 3

Untuk mendukung konektifitas, New MacBook Air 2018 memiliki dua port USB-C Thunderbolt 3 yang berfungsi sebagai pengisi daya serta mentransfer data dengan cepat via USB dan Thunderbolt. Ada pula colokan untuk earphone berukuran 3,5 mm, WiFi, dan Bluetooth 4.2.

Baca juga: 10 Rekomendasi Laptop Terbaik & Murah untuk Mahasiswa (2018)

Itu tadi beragam informasi perihal keunggulan serta spesifikasi New MacBook Air 2018. MacBook Air 2018 tersedia dengan memori penyimpanan sebesar 128 GB dan 256 GB. Dengan harga 1.199 US$ atau sekitar Rp 18,2 juta untuk 128 GB dan 1,399 US$ atau Rp 21,2 juta, produk ini bisa didapatkan mulai 7 November 2018 di negara asalnya. Pengguna memiliki tiga pilihan warna yaitu gold, silver, dan space gray.

Meski belum ada informasi resmi perihal kapan produk ini mulai dipasarkan di Indonesia, Anda bisa mengunjungi iBox untuk sekadar mencari tahu soal MacBook Air 2018 maupun mengetahui produk-produk Apple lainnya. Ketahui juga informasi menarik soal merchant-merchant yang ada di berbagai mall di Indonesia serta beragam promo maupun diskon  via GoToMalls.

Leave a Reply