Ampuh Bakar Kalori, Kenali Lebih Jauh Olahraga Pound Fit

Bernadeta Diana

, Health, sports

Pernah mendengar olahraga pound fit sebelumnya? Bisa jadi sebagian besar dari Anda masih merasa asing dengan jenis olahraga ini. Memanfaatkan stik drum sebagai peranti pendukung, olahraga ini terbilang mengasyikkan dan efektif untuk membakar kalori. Ingin tahu lebih jauh? Simak penjelasan lengkap perihal olahraga pound fit berikut!

Baca juga: 12 Olahraga Terbaik untuk Membakar Kalori

Terinspirasi dari Gebukan Drum

Pernahkah Anda mengamati pemain drum yang sedang beraksi? Gerakan-gerakan mengentak yang dilakukan oleh seorang drummer tentu membuat Anda turut merasa bersemangat, bukan? Apabila dilakukan sepenuh tenaga, memainkan alat musik ini dapat membuat pemainnya menjadi berkeringat. Terlebih apabila lagu yang dimainkan terbilang cukup mengentak sehingga memicu Anda untuk turut aktif bergerak. Hal inilah yang menginspirasi Kirsten Potenza dan Cristina Pereenboom untuk menciptakan olahraga pound fit.

Kedua penggagas olahraga pound fit ini sempat menjadi drummer di California, Amerika Serikat. Mereka memadukan unsur kardio dengan gerakan-gerakan yang dilakukan ketika tengah menggebuk drum. Maka, tidak heran apabila olahraga yang diperkenalkan di Amerika pada 2011 ini wajib dilengkapi dengan peranti tambahan. Peranti tambahan yang dimaksud memiliki bentuk yang menyerupai stik drum dan dikenal bernama Ripstix. Dengan demikian, olahraga pound fit turut menambah variasi olahraga yang sudah ada sebelumnya. Di Indonesia sendiri, olahraga ini mulai diperkenalkan sekitar tahun 2016.

Mengenal Ripstix

image credit: poundfit.com

Sebagaimana sudah dibahas pada poin pertama, olahraga pound fit menggunakan peranti tambahan yang disebut dengan Ripstix. Dengan bentuk menyerupai stik drum, Ripstix memiliki berat  1/4 lb atau sekitar 113 gram. Berat ini dua kali lebih berat dibandingkan stik drum standar yang biasa digunakan oleh drummer.

Terbuat dari bahan plastik, ukuran Ripstix pun lebih pendek dari stik drum pada umumnya. Ukuran serta desain tersebut bertujuan untuk memaksimalkan gerakan lengan sehingga olahraga pound fit bisa dilakukan secara lebih maksimal. Pemilihan warnanya yang hijau neon pun bukan tanpa tujuan. Warna tersebut dapat membuat otak mampu mendeteksi gerakan secara lebih baik sehingga memaksimalkan gerakan Anda. Keunggulan lain penggunaan Ripstix adalah turut menyelaraskan serta menguatkan otot bagian dada, bahu, lengan, serta lengan bagian atas.

Perpaduan Pilates dan Yoga

Sudah pernah mencoba pilates dan yoga, sebelumnya? Kedua jenis olahraga ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Pilates adalah olahraga yang gerakannya cenderung bertujuan untuk meningkatkan stamina tubuh. Olahraga ini sesuai bagi Anda yang mengalami cedera dan ingin menguatkan kembali persendian yang melemah.  Sementara yoga dikenal bermanfaat untuk menjaga agar jiwa, tubuh, serta pikiran Anda senantiasa seimbang. Olahraga ini cocok bagi Anda yang tengah mengalami masalah berupa stres. Selain itu, melakukan yoga secara rutin juga dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih fleksibel atau lentur.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari yoga dan pilates sekaligus, olahraga pound fit adalah jawabannya. Meski olahraga ini tidak memiliki gerakan khusus, berbagai gerakan dalam olahraga pound fit memang terinspirasi dari yoga dan pilates. Selain dapat meredam stres dan menyeimbangkan jiwa dan pikiran, stamina Anda tentu akan semakin meningkat apabila rutin melakukan olahraga ini. Kombinasi gerakan yang bersemangat dengan musik yang mengentak membuat olahraga ini dapat juga dimasukkan sebagai olahraga kardio.

Baca juga: Mudah dan Murah: 8 Manfaat Olahraga Lompat Tali bagi Kesehatan

Wajib Diawali Pemanasan

Seperti olahraga lainnya, pound fit juga wajib diawali dengan pemanasan atau stretching. Berbeda dengan permainan drum yang dilakukan dengan posisi duduk, pemanasan yang dilakukan tentu juga melibatkan bagian kaki. Pemanasan pada bagian kaki dilakukan dengan membuka kaki lebih lebar dari bahu, kemudian mengayunkan tubuh ke arah kanan dan kiri. Jadikan kaki sebagai tumpuan secara bergantian. Pemanasan yang benar dapat menghindarkan Anda dari cedera yang tidak diinginkan. Usai melakukan pemanasan, Anda kemudian dapat melakukan gerakan seperti menabuh drum dengan cara mengayunkan Ripstix ke arah lantai.

 

Memperkuat Otot

Gerakan yang dilakukan dalam olahraga pound fit cenderung fokus untuk menguatkan seluruh otot tubuh. Dengan kata lain, olahraga ini dapat turut meningkatkan fleksibilitas serta jangkauan gerak tubuh. Salah satu bagian tubuh yang dapat dibentuk dengan olahraga ini adalah otot yang terdapat pada bagian tengah tubuh. Hal tersebut lantaran olahraga pound fit melibatkan banyak gerakan membungkuk serta memutar tubuh. Tak hanya membuat otot perut dan sekitarnya menjadi lebih kuat, olahraga ini juga turut membuat jaringan ikat menjadi lebih kuat. Dengan demikian, Anda yang ingin memiliki pinggang kencang dan ramping wajib untuk mencoba olahraga ini. Selain itu, gerakan dalam olahraga ini dapat pula membuat otot paha Anda menjadi lebih kencang serta ramping.

Untuk mendukung seluruh gerakan Anda, pastikan Anda mengenakan pakaian olahraga serta peralatan pendukung lainnya. Mengenakan pakaian olahraga yang sesuai tentu dapat membuat gerakan Anda menjadi lebih maksimal. Selain itu, Anda bisa memilih pakaian olahraga dengan bahan berjenis dry fit yang lekas kering apabila terkena keringat. Bagi para wanita, tak ada salahnya mengenakan pakaian olahraga yang cenderung terbuka mengingat beberapa kelas memang ada yang dikhususkan untuk para wanita saja.

Ampuh Membakar Kalori

Tak jauh berbeda dengan olahraga zumba, pound fit juga terbilang ampuh untuk membakar kalori. Dengan durasi sekitar 45 menit, olahraga ini melibatkan gerakan tubuh secara keseluruhan. Tak heran jika pound fit termasuk sebagai olahraga kardio dengan intensitas tinggi. Diiringi dengan musik yang asyik sehingga memacu Anda untuk terus bergerak, olahraga ini mampu membakar kalori secara maksimal. Hasilnya, tubuh sehat dan ramping tentu akan Anda dapatkan. Di samping itu, pastikan Anda juga tetap mengatur pola makan, ya!

Baca juga: Anda Ingin Bahagia? Coba Lakukan 7 Olahraga Penghilang Stres Ini!

Itu tadi beberapa pembahasan yang dapat membantu Anda memahami olahraga pound fit. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Untuk hasil maksimal, lebih baik libatkan instruktur pound fit yang berpengalaman dengan mengikuti kelas khusus. Selain menghindarkan diri dari salah gerakan yang justru dapat memicu cedera, berolahraga bersama-sama tentu membuat Anda jauh lebih bersemangat. Mengikuti kelas khusus sekaligus dapat “memaksa” Anda untuk berolahraga secara rutin. Alhasil, pembakaran kalori menjadi lebih maksimal dan tubuh menjadi lebih bugar.

Berbagai pakaian olahraga, sepatu, dan sebagainya dapat dengan mudah Anda dapatkan di gerai-gerai ritel terpercaya seperti Planet Sports dan Sports Station. Sports Station bahkan tengah mengadakan diskon hingga 50% untuk  item tertentu di seluruh gerainya yang dapat Anda akses melalui laman  GoToMalls. Tak hanya diskon, temukan lokasi belanja terdekat yang menyenangkan dan sesuai kebutuhan Anda di GoToMalls GoToMalls juga selalu memberikan berbagai informasi menarik perihal  event, serta promosi di mall-mall kesayangan Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Kunjungi GoToMalls sekarang juga!

Leave a Reply