Ladies, Begini Cara Memanfaatkan Kondisi Kadaluarsa Make Up!

Nadia Fauzia

, Beauty

Sebagai wanita, menggunakan make up tentu sudah menjadi hal biasa. Di setiap kamar wanita hampir selalu ada barisan kosmetik dari berbagai brand. Rasanya kosmetik dan wanita sudah menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan. Toko-toko kosmetik pun selalu dibanjiri wanita, terlebih ketika ada tawaran promo yang sering membuat para wanita menjadi gelap mata. Akibatnya, koleksi make up pun semakin menumpuk, tak jarang beberapa tidak terpakai atau terlanjur kadaluarsa sebelum habis. Familiar dengan kondisi kadaluarsa make up? Tenang, GoToMalls akan membantu Anda. Berikut cara memanfaatkan kosmetik yang sudah kadaluarsa.

Maskara

Maskara memang menjadi favorit banyak wanita. Saking favoritnya, banyak wanita yang senang berburu maskara karena tergoda dengan ilustrasi hasilnya. Coba cek meja rias Anda, berapa banyak maskara yang sudah masuk periode kadaluarsa make up? Banyak atau pun sedikit, janganlah membuangnya terlebih dahulu! Ada trik yang bisa digunakan untuk memanfaatkan maskara yang sudah kadaluarsa.

Image credit: pixabay.com

Cairan maskara memang sudah tidak aman digunakan, namun tidak demikian dengan brush-nya. Cuci sikat maskara Anda dan simpan dalam wadah yang bersih. Anda bisa menggunakannya sebagai brush untuk alis. Selain itu, brush tersebut juga bisa digunakan untuk menyingkirkan gumpalan maskara yang baru, juga memisahkan bulu mata ketika sedang mengaplikasikan maskara.

Buat Anda yang masih menyimpan cake mascara yang klasik, brush bekas juga bisa Anda gunakan untuk mengaplikasikannya.

Cake Cosmetics

Kosmetik berwujud cake selalu tahan lama, namun bukan berarti selalu aman pula dipakai di luar masa kadaluarsa make up, apalagi jika digunakan pada wajah dan mata. Keduanya memang lebih sensitif dibanding area kulit lainnya. Artinya, tidak ada salahnya menggunaan kosmetik jenis cake di kulit selain wajah dan mata. Cobalah berkreasi melukis kaki dan tangan dengan cake mascara kadaluarsa yang Anda miliki. Selain itu, bronzer yang kadaluarsa juga bisa Anda pakai untuk menutupi bekas luka pada tubuh. Bisa juga digunakan untuk membuat shading pada bagian perut untuk membuat tampilan abs palsu. Trik ini sering dipakai untuk membuat kesan atletis.

Image credit: sephora.com

 

Terpenting, pastikan kosmetik kadaluarsa Anda tidak berbau aneh dan tidak berubah wujud atau tekstur. Di sisi lain, terkadang memang sulit mengingat-ingat wujud kosmetik ketika pertama kali dibeli. Oleh karena itu, sebaiknya hindari kosmetik yang sudah terlalu jauh melewati masa kadaluarsa make up.

Bedak & Eye Shadows

Buat Anda yang mengaku kreatif, bergembiralah karena kosmetik kadaluarsa juga bisa Anda gunakan untuk membuat karya seni! Bedak yang sudah expired bisa dimanfaatkan sebagai pewarna untuk kartu ucapan ataupun scrapbook. Jangan lupa bubuhkan lem dulu sebelumnya agar bedak dapat menempel dengan rekat.

Ada pun eye shadow bisa dipakai juga sebagai penghias. Manfaatkan warna-warni eye shadow untuk mempercantik permukaan mahakarya seni Anda! Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk membuat perhiasan menjadi lebih berwarna. It’s time to make some crafts!

Eye Liner

Tidak ada hal yang lebih menyebalkan daripada eye liner yang kering karena sudah memasuki masa kadaluarsa make up. Brace yourself, kondisi ini memang tidak bisa dihindari, but it’s definitely not the end! Anda bisa memakainya untuk membuat garis saat melukis atau menggambar, eye liner yang sudah kering umumnya memang berpigmen rendah, sehingga sempurna dipakai sebagai pensil lukis. Selain itu, teksturnya yang jauh lebih lunak dibanding pensil biasa membuatnya cocok dimanfaatkan untuk membuat garis pada tembok kasar saat proses renovasi rumah.

Image credit: lookfantastic.com

Tidak hanya itu, eye liner juga umumnya mudah dibersihkan, apalagi pada permukaan licin sehingga ideal digunakan untuk membuat pola pada papan kayu poles.

Krim Muka & Tubuh

Bukan hanya kosmetik saja yang memiliki tanggal kadaluarsa, produk perawatan tubuh pun juga ada masa berlakunya sendiri. Produk berbahan krim seharusnya dapat bertahan hingga tiga sampai empat bulan. Meskipun begitu, kondisi tertentu dapat membuatnya berubah aroma hanya dalam jangka waktu sebulan sejak dibeli. Hal ini diperparah dengan kebiasaan Anda yang senang mencelupkan tangan langsung ke krim muka maupun tubuh.

Jika suatu saat Anda menjumpai bau aneh dari krim Anda, segeralah pindahkan krim tersebut dari kamar mandi atau meja rias. Hanya saja, jangan buru-buru membuangnya. Anda bisa menggunakannya sebagai pelicin garmen. Mulai dari jaket, mantel, sarung tangan, hingga sepatu. Aplikasikan pada permukaan, tunggu beberapa saat dan voila! They’re as good as new!

Cat Kuku

Diam-diam, cat kuku juga menyimpan manfaat meski sudah melewati masa kadaluarsa make up. Anda cukup mengencerkannya hingga mencapai konsistensi yang diinginkan dan menggunakannya sebagai penghias aksesori. Mulai dari cincin, kacamata, kalung, apa saja bisa dipercantik dengan cat kuku kadaluarsa.

Recycle or Reuse, Your Choice!

Itu dia beberapa trik yang bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan kosmetik yang sudah memasuki masa kadaluarsa make up. Pada dasarnya, selalu ada cara untuk membuat benda-benda yang sudah tidak terpakai menjadi terpakai kembali. Jika pun Anda sudah tidak yakin dengan keamanan make up yang sudah expired, Anda tetap bisa memanfaatkan wadahnya, bukan?

Image credit: amazon.com

Beberapa wadah kosmetik padat dari brand-brand besar maupun drug store punya desain yang cukup menarik untuk disimpan meski isinya sudah habis. Anda bisa menggunakannya sebagai cermin saku yang fancy atau pun wadah obat. Apa pun bisa Anda lakukan selain menggunakannya sebagai make up.

Untuk yang satu ini, satu-satunya yang bisa Anda lakukan adalah membeli kosmetik baru. Untungnya, GoToMalls selalu bisa Anda andalkan untuk berhemat! Cek GoToMalls.com terlebih dahulu sebelum berburu kosmetik. Di dalam aplikasi berbasis website ini terdapat informasi lengkap seputar promo, diskon, kupon, dan event-event terbaru yang sedang berlaku di mall-mall seluruh Indonesia. Siapa tahu Anda menemukan promo kosmetik yang Anda idam-idamkan!

Leave a Reply