Nostalgia, 8 Game Legendaris yang Banyak Peminatnya

Bermain game legendaris merupakan salah satu cara untuk mengisi waktu luang sekaligus bernostalgia atau mengenang masa lalu. Meski saat ini aneka macam permainan sudah dapat sekaligus dimainkan dengan smartphone atau gadget multifungsi lainnya, kenangan masa kecil saat bermain bersama teman seumuran tentu tak mudah dilupakan. Entah bermain secara bergantian, maupun saling lawan, berikut 8 game legendaris yang terbilang banyak peminatnya.

Baca juga: 13 Game Terseram untuk Dimainkan di Malam Halloween

Crash Team Racing

image credit: www.gamerevolution.com

Bagi Anda yang menyukai permainan adu kecepatan, game legendaris satu ini pasti cukup familier. Game yang sempat populer pada tahun 2000an ini dapat dimainkan dengan konsol PlayStation 1. Masing-masing karakter dalam game ini memiliki kendaraan dengan spesifikasi kemampuan yang berbeda-beda sehingga dapat dipilih berdasarkan kondisi medan lintasan. Crash Bandicoot sebagai karakter utama, misalnya memiliki kemampuan yang  merata dalam hal handling, acceleration, serta top speed. Tiap-tiap track memiliki karakter bos yang juga memiliki kemampuan unik untuk menghadapi lawan saat balapan.

Super Mario Bros

image credit: nintendo.co.uk

Siapa yang tak kenal dengan tokoh Mario dan Luigi sebagai dua karakter dalam game legendaris ini? Berprofesi sebagai tukang pipa, kedua  karakter dapat dengan mudah dibedakan dari warna pakaian dan postur badan yang lain. Mario cenderung tambun dan mengenakan kaus merah, sementara Luigi berkaus warna hijau. Misi mereka adalah untuk menyelamatkan Putri Peach yang diculik. Untuk menemukan sang putri, pemain harus melalui berbagai medan dan rintangan yang dapat mengancam nyawa. Masing-masing musuh dapat dilawan dengan cara berbeda seperti disundul maupun diinjak. Sepanjang perjalanan, pemain juga dapat mengumpulkan bonus berupa koin serta menggunakan item jamur untuk dapat tumbuh atau mendapatkan kemampuan khusus. Kemampuan khusus yang didapat tergantung pada level yang tengah dijalani, misalnya menembakkan api.

The Sims

image credit: www.amazon.uk

Game ini menyuguhkan simulasi kehidupan sehari-hari yang terjadi di rumah tangga. Dimainkan dengan perangkat komputer, The Sims membuat penggunanya bebas untuk menjalani berbagai kegiatan harian seperti makan, minum, dan berinteraksi dengan karakter lain yang diciptakan. Edisi pertama game legendaris ini mulai dapat dimainkan pada tahun 2000 ketika dirilis secara resmi di Amerika Utara. Permainan komputer ini memiliki macam-macam seri yang memungkinkan karakter tambahan serta memperbesar kawasan perumahan yang digunakan. Pada The Sims: Unleashed yang dirilis tahun 2002, misalnya, terdapat karakter hewan peliharaan yang tidak sekadar berperan sebagai pajangan, tetapi juga perlu dirawat dan diberi makan.

Street Fighter

image credit: www.amazon.co.uk

Anda yang gemar dengan permainan pertarungan tentu cukup familiar dengan game legendaris yang satu ini. Street Fighter tak dipungkiri memang salah satu permainan yang legendaris dengan karakter-karakter ikonik seperti Chun Li, Cammy, Ryu, Ken, dan Akuma. Permainan ini dirilis secara resmi pada tahun 1987 dan menyuguhkan karakter-karakter dengan gaya serta teknik pertarungan yang berbeda-beda.

Baca juga: 13 Game Remake Terbaru 2018 yang Layak Kamu Mainkan

Mortal Kombat

image credit: www.nuuvem.com

Satu lagi permainan pertarungan yang boleh dikatakan sebagai game legendaris. Dikembangkan oleh Midway Games Chicago pada 1992, logo siluet naga menjadi ikon dalam permainan ini. Permainan ini kemudian diakuisisi oleh Warner Bros. Seperti permainan-permainan lainnya, Mortal Kombat juga memiliki beragam versi dan variasi pada tiap-tiap karakter yang dimainkan. Ada karakter bernama Scorpion, sosok ninja yang dibangkitkan dari kematian dengan ciri khas senjata berupa kunai. Ada pula karakter Sub Zero yang senantiasa tampil dengan pakaian ninja warna biru. Karakter ini memiliki kemampuan pengendalian serta manipulasi es. Karakter iblis berpakaian hijau bernama Quan Chi pun dapat ditemukan dalam permainan ini.Desain karakter-karakter tersebut tidak semuanya muncul pada saat yang bersamaan, melainkan berkembang dari satu seri ke seri selanjutnya.

Harvest Moon

image credit: www.giantbomb.com

Tak hanya the Sims, ada juga permainan simulasi lain yang bisa dibilang sebagai game legendaris yaitu Harvest Moon. Berbeda dengan The Sims yang menampilkan simulasi dalam kehidupan rumah tangga, Harvest Moon merupakan game yang membuat pemain berperan sebagai petani. Suasananya pun digambarkan sesuai dengan kawasan pertanian, lengkap dengan hewan ternak serta hutan.  Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh pemain antara lain membeli bibit, mengolah tanah, menanam bibit, kemudian menyiraminya agar subur dan dapat dipanen di kemudian hari. Pemain juga harus memperhatikan faktor-faktor lain yang berpengaruh pada tanamannya seperti musim dan cuaca. Seperti game simulasi lainnya, pemain juga membutuhkan makanan dan istirahat agar bisa tetap hidup. Untuk mendapatkan makanan, pemain bisa mengambil dari hasil hutan.

Sonic The Hedgehog

image credit: www.dotcomixology.com

Karakter utama dalam permainan keluaran Sega pada 1991 ini adalah Sonic, landak warna biru yang sanggup berlari dengan sangat cepat atau kecepatan super sonic. Serupa dengan permainan Mario Bros, karakternya juga telah menjadi ikon dengan kaus tangan putih dan sepatu merah-putih. Apabila dalam Mario Bros pemain mengumpulkan koin, dalam perjalanan Sonic mengumpulkan cincin atau lingkaran emas. Misi Sonic adalah menghentikan Dr. Robotnik yang ingin mengambil alih dunia dengan cara mengumpulkan emerard chaos. Karakter sonic ditemani oleh Miles “Tails” Prower yang memiliki kemampuan untuk terbang dengan ekornya yang berputar menyerupai baling-baling.

Tetris

image credit: www.amazon.uk

Game ini dimainkan dengan cara paling sederhana apabila dibandingkan dengan game-game legendaris yang sudah dibahas sebelumnya. Meski demikian, Tetris merupakan permainan legendaris yang dapat dimainkan dengan perangkat ekonomis seperti game watch. Apabila game-game sebelumnya melibatkan karakter dan memiliki jalan cerita tertentu, tidak demikian dengan tetris. Permainan ini dilakukan dengan menyusun balok-balok berbagai bentuk dan ukuran. Apabila pemain sanggup menyusun balok-balok dalam satu barisan tanpa adanya celah atau kekosongan, makan barisan tersebut akan hilang. Jika susunan balok sudah kelewat tinggi sehingga membentur sisi paling atas, pemain dinyatakan kalah. Semakin banyak kumpulan poin yang didapat melalui jumlah barisan yang hilang, balok akan meluncur semakin cepat sehingga waktu pemain untuk menyusunnya menjadi semakin terbatas.

Baca juga:8 Game Controller Terbaik, Main Game di Smartphone Makin Asyik

Itu tadi beberapa game legendaris yang bisa jadi pernah juga Anda mainkan, entah ketika masih kanak-kanak atau bahkan sampai sekarang. Meski beberapa game sudah dapat dimainkan melalui smart phone atau gadget lainnya, anda bisa juga mendapatkan game serta aksesori pendukung di GS Shop. Terdapat beragam jenis game yang tersedia, mulai dari board games, trade games, maupun video games. Sementara, aneka macam permainan berupa kaset PS maupun Game Stick bisa Anda peroleh di Game Station. Apabila Anda merupakan seorang gamers, temukan lokasi gerai-gerai resmi yang menjual games original dan terpercaya di kota Anda maupun lokasi terdekat lainnya via GoToMalls. Simak selalu informasi menarik perihal promo, event, maupun diskon di mall terdekat melalui GoToMalls.

 

Leave a Reply