Film Alita: Battle Angel (2019), dari Manga Cyberpunk ke Layar Lebar

Nadia Fauzia

, Movie

Bicara mengenai film adaptasi komik, yang paling sering terlintas adalah tema superhero. Komik superhero sendiri didominasi oleh Marvel dan DC. Jarang ada komik superhero selain Marvel dan DC yang tersebar masif hingga ke seluruh dunia, lebih-lebih diangkat menjadi film Hollywood. Meskipun begitu, Hollywood bukannya tidak pernah memproduksi film adaptasi komik non-Marvel dan DC. Di tahun 2019 mendatang, akan hadir film bergenre action yang diangkat dari komik Jepang alias manga. Berikut ulasan GoToMalls tentang film Alita: Battle Angel (2019) ini.

Baca juga: Menyelami Kehidupan Elton John Lewat Film Rocketman (2019)

Diangkat dari Manga

Image credit: foxmovies.com

Film Alita: Battle Angel (2019) dibuat berdasarkan manga cyberpunk Jepang berjumlah 9 volume berjudul Gunnm karya Yukito Kishiro. Komik ini terbit dalam kurun waktu tahun 1990 hingga 1995 dan sempat rilis di Amerika Utara dengan judul Battle Angel Alita. Sukses di pasaran, Yukito Kishiro membuat komik sekuel berjumlah 19 volume dengan judul Battle Angel Alita: Last Order yang terbit tahun 2000 higga 2014. Selanjutnya, hadir lagi sekuel kedua berjudul Gunnm: Mars Chronicle yang mulai terbit tahun 2014 dan masih beredar hingga saat ini.

Baca juga: 11 Hal Perlu Kamu Ketahui Dari Trailer Perdana X-Men: Dark Phoenix (2019)

Plot

Image credit: foxmovies.com

Film Alita: Battle Angel (2019) menceritakan tentang cyborg wanita bernama Alita yang hidup di abad 26. Ia ditemukan oleh Ido, seorang saintis, dalam keadaan amnesia. Ido menyadari bahwa sosok manusia setengah mesin tersebut memiliki hati dan jiwa seorang wanita muda dengan masa lalu yang rumit. Terbangun dalam dunia yang tidak dikenali, Alita kemudian menghabiskan waktunya untuk menemukan jati diri. Ia juga menemukan kawan baru bernama Hugo yang menawarkan untuk membantunya menemukan memori lamanya meski hal ini ditentang oleh Ido.

Image credit: foxmovies.com

Masalah dimulai ketika pasukan kejam nan mematikan datang ke kota mereka, meninggalkan petunjuk pada masa lalu Alita. Ia menemukan bahwa dirinya memiliki kemampuan bela diri yang sangat unik, membuat para penguasa ingin mengontrolnya. Jika Alita sanggup lolos dari kejaran mereka, ia bisa menjadi kunci untuk menyelamatkan teman-teman, keluarga, dan dunia yang mulai ia cintai.

Baca juga: Trailer Perdana Captain Marvel Resmi Dirilis, Berikut Ulasannya

Cast Bertabur Bintang

Genre cyberpunk bisa dibilang merupakan genre unik dalam industri perfilman Hollywood. Jarang ada film besar yang mengangkat genre ini, lebih-lebih sukses di box office. Oleh karena itu tidak heran jika studio 20th Century Fox berinvestasi besar demi kesuksesan film Alita: Battle Angel (2019).

Image credit: foxmovies.com

Cast yang terlibat dalam film ini tidak bisa diremehkan. Ada sedikitnya tiga pemegang Piala Oscar dalam susunan pemain. Tiga pemenang Academy Awards tersebut adalah Mahershala Ali yang memerankan dua tokoh sekaligus, Jennifer Connely sebagai Chiren, dan Christoph Waltz sebagai Dr. Dyson Ido yang juga mantan kekasih Chiren. Selain ketiganya, masih ada nominator Oscar yaitu Jackie Earle Haley yang akan tampil sebagai salah satu cyborg.

Image credit: foxmovies.com

Menariknya, nama-nama besar di atas justru merupakan aktor dan aktris pendukung. Adapun aktris utama yang memerankan Alita adalah Rosa Salazar. Sebelumnya ia sudah terlibat dalam beberapa film adaptasi novel termasuk The Divergent Series: Insurgent (2015) dan dua sekuel Maze Runner. Menarik melihatnya tampil sebagai sang cyborg Alita yang ia perankan lewat motion capture.

Baca juga: Mulai Produksi, Berikut Bocoran Film Wonder Woman 2

Peran James Cameron

Image credit: foxmovies.com

Sejak tahun 1995, sutradara kondang James Cameron sudah bermimpi untuk mengarahkan dan memproduksi film adaptasi dari manga Battle Angel Alita. Sayangnya, proyek film Alita terus tertunda karena ia telah berkomitmen untuk menyelesaikan film Titanic (1997) yang pada akhirnya menjadi film bioskop terlaris kedua di dunia, hanya kalah dari Avatar (2009) yang juga ia sutradarai. Selain itu, pada waktu tersebut teknologi yang ada belum bisa diandalkan untuk merepresentasikan dunia Alita milik Kishiro sesuai visinya.

Kini, ia tercatat sebagai produser sekaligus penulis naskah untuk film Alita: Battle Angel (2019), sementara posisi sutradara ia serahkan pada Robert Rodriguez.

Baca juga: Daftar Film Terlaris Sepanjang Masa, Infinity War Tidak Termasuk

Robert Rodriguez The One-Man Film Crew

Image credit: foxmovies.com

Jika ada sosok yang pantas disebut sebagai sutradara paling otentik, maka Robert Rodriguez lah orangnya. Telah malang-melintang dalam industri perfilman sejak 27 tahun yang lalu, Robert Rodriguez sering kali membuat proyek film menjadi one-man show. Ia bahkan dikenal sebagai The One-Man Film Crew karena keterlibatannya di hampir semua aspek filmografi. Hal ini termasuk menjadi produser, sutradara, dan penulis naskah sekaligus. Selain itu, ia juga sering berlaku sebagai editor film, penata fotografi, operator kamera, operator stadicam, komposer, desainer produksi, supervisor efek visual, dan editor musik dalam film-filmnya. Kini film Alita: Battle Angel (2019) menjadi kali pertama ia menjabat sebagai sutradara tanpa memegang posisi-posisi di atas.

Baca juga: 10 Foto Eksklusif Terbaru Captain Marvel (2019), Cek Di Sini

***

Itu dia ulasan GoToMalls tentang film Alita: Battle Angel (2019) yang dijadwalkan rilis tanggal 14 Februari mendatang. Belum ada kejelasan kapankah film ini akan tayang perdana di Indonesia. Kabar baiknya, biasanya Indonesia mendapat kesempatan untuk menonton film-film produksi studio besar di Hollywood beberapa hari lebih awal. Oleh karena itu, simak terus ulasan blog GoToMalls untuk mendapatkan update terbaru tentang film ini!

Sambil menunggu, kamu bisa menonton film-film keren yang tayang lebih dahulu di bioskop kesayangan. Mulai dari Mortal Engines, Aquaman, hingga Bumblebee. Semuanya hadir di bulan Desember 2018. Jangan lupa cek GoToMalls.com terlebih dahulu sebelum membeli tiket! GoToMalls adalah aplikasi berbasis web yang bisa kamu andalkan untuk menemukan promo, kupon, dan event-event terbaru. Siapa tahu kamu menemukan promo tiket nonton di bioskop favoritmu!

Leave a Reply