10 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah

Pemilik kulit wajah yang teramat berminyak tentu kerap mencari informasi perihal cara menghilangkan minyak di wajah. Selain menimbulkan kesan greasy yang tidak nyaman, kelebihan minyak memang dapat membuat wajah Anda tampak kusam. Kelebihan minyak pada kulit wajah berpotensi menangkap debu, bakteri, serta kotoran lainnya. Tak hanya membuat wajah kusam, kondisi ini juga membuat wajah Anda menjadi rentan berjerawat. Untuk mengatasinya, berikut berbagai cara menghilangkan minyak di wajah yang bisa Anda coba.

Baca juga: 11 Primer Terbaik Untuk Kulit Berminyak [2018]

Cuci Wajah Secara Rutin

image credit: www.freepik.com

Cara paling ampuh untuk menghilangkan minyak di wajah adalah dengan mencuci wajah secara rutin. Namun demikian, perlu diingat bahwa meski memiliki kulit berminyak, Anda juga tidak boleh terlalu sering mencuci wajah. Terlalu sering mencuci wajah justru dapat membuat produksi minyak di wajah menjadi semakin banyak. Saat wajah terlalu kering dan kesat, kulit justru akan semakin giat memproduksi minyak. Hal tersebut lantaran ketika wajah terlalu kering, kulit berupaya memberikan kelembapan tambahan secara alami dalam bentuk minyak. Anda cukup mencuci wajah paling tidak dua kali sehari, yaitu ketika mandi pagi dan usai berkegiatan seharian atau menjelang istirahat malam. Hindari juga mencuci wajah dengan air yang terlalu panas karena dapat menghilangkan kelembapan alami pada kulit.

Pilih Pembersih Wajah yang Tepat

image credit: www.freepik.com

Tak hanya berupa facial wash, pembersih wajah saat ini memang sudah semakin beragam. Entah berupa milk cleanser, cleansing oil, maupun micellar water. Anda tinggal memilih pembersih wajah mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Apabila Anda mengenakan make up tebal, cleansing oil bisa jadi pembersih wajah yang bisa diandalkan. Meski memiliki jenis kulit berminyak, tak ada salahnya menggunakan cleansing oil untuk menghapus make up Anda. Pastikan Anda membasuh wajah dengan benar sehingga tidak ada sisa minyak yang menempel.

Untuk menghapus make up yang ringan, micellar water atau milk cleanser sudah cukup untuk menghapus minyak dan kotoran pada wajah. Selanjutnya, tetap gunakan facial wash  agar wajah Anda semakin bersih maksimal. Hindari facial wash dengan formulasi yang terlalu keras untuk menghindari sensasi kulit wajah yang “tertarik”.

Kontrol Minyak dengan Clay Mask

Dari beragam jenis masker yang tersedia di pasaran, clay mask merupakan salah satu jenis masker yang terbilang ampuh untuk menghilangkan minyak di wajah. Clay mask mampu menyerap kelebihan produksi minyak pada kulit wajah Anda serta mengangkat kotoran pada pori-pori wajah. Gunakan clay mask pada seluruh wajah untuk menghilangkan minyak sekaligus memberantas jerawat. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi, aplikasikan clay mask hanya pada bagian-bagian tertentu saja seperti area sekitar hidung dan dahi.

Gunakan Oatmeal Sebagai Masker

Oatmeal merupakan salah satu bahan makanan yang kerap disantap sebagai sarapan sehat. Tak hanya bermanfaat bagi tubuh lantaran kandungan seratnya yang tinggi, oatmeal dapat pula digunakan sebagai masker wajah. Caranya, campurkan oatmeal dengan air hingga lembek, kemudian aplikasikan pada wajah. Diamkan hingga agak kering, kemudian gosok dengan arah memutar. Masker ini ampuh untuk menghilangkan minyak pada wajah sekaligus mampu bertindak sebagai scrub yang mampu mengangkat kotoran dengan lembut. Bahan ini pun terbilang aman bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif, meski agak berantakan saat digunakan. Jika enggan repot membersihkan wajah dengan oatmeal, Anda bisa juga menemukan scrub wajah yang memiliki kandungan ini.

Jadikan Cuka Apel Sebagai Toner

Selain oatmeal, cuka apel atau apple cider vinegar juga bisa menjadi salah satu bahan alami yang mampu menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Cuka apel juga dikenal dapat membantu meredakan jerawat membandel pada wajah dan mengangkat sel kulit mati. Namun demikian, jangan gunakan cuka apel murni secara langsung pada wajah karena sifatnya yang terlalu asam. Anda harus mengencerkan cuka apel dengan air bersih untuk digunakan sebagai toner. Simpan dalam botol spray agar lebih praktis untuk digunakan. Sayangnya, bahan ini belum tentu cocok digunakan untuk kulit semua orang. Apabila kulit Anda menunjukkan reaksi yang negatif, sebaiknya hindari menggunakan toner ini. Untuk pemakaian awal, perbanyak rasio air pada toner cuka apel yang Anda buat dan pastikan kulit Anda tidak alergi terhadap bahan ini.

Baca juga: 7 Rekomendasi Sheet Mask Untuk Kulit Berjerawat

Selalu Gunakan Pelembap Wajah

image credit: www.freepik.com

Meski memiliki jenis kulit berminyak, bukan berarti Anda boleh melupakan pelembap wajah. Apabila wajah tidak terhidrasi dengan baik, kulit justru akan memproduksi lebih banyak minyak sebagai upaya alami melindungi kulit. Hindari pelembap wajah yang memiliki kandungan minyak. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih pelembap yang berbahan dasar air atau berbentuk gel sehingga lebih cepat diserap oleh kulit. Pastikan juga pelembap yang Anda gunakan tidak menyumbat pori-pori kulit atau mengakibatkan komedo.

Kunci Make Up dengan Setting Powder

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh pemilik kulit berminyak adalah make up yang mudah luntur akibat produksi minyak yang berlebihan. Untuk menghilangkan minyak pada wajah usai mengenakan make up, Anda wajib membubuhkan setting powder usai mengenakan foundation. Selain dapat menghilangkan minyak, setting powder juga membantu mengunci make up agar lebih tahan lama. Aplikasikan setting powder dengan kuas pada seluruh wajah, khususnya pada area T-zone. Kemudian diamkan selama beberapa saat agar menyatu secara sempurna dengan make up Anda. Selanjutnya, sapukan dengan kuas ran ratakan pada seluruh wajah.

Sediakan Blotting Paper

image credit: www.eBay.com

Cara paling praktis untuk menghilangkan minyak di wajah adalah dengan menggunakan blotting paper atau kertas minyak. Produk ini mampu menyerap kelebihan minyak atau sebum pada wajah dengan menekankannya secara perlahan pada area yang dibutuhkan. Sediakan selalu blotting paper pada pouch make up yang Anda bawa sehingga Anda dapat melakukan touch up kapan saja.

Perbanyak Minum Air Putih

Produksi minyak yang berlebihan pada wajah Anda bisa jadi merupakan salah satu tanda bahwa tubuh Anda tengah mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Selain menggunakan berbagai produk yang mampu menghilangkan minyak di wajah, Anda juga wajib menjaga agar tubuh senantiasa terhidrasi dengan baik. Pastikan Anda selalu mengonsumsi air putih agar kulit senantiasa tampak sehat dan terawat.

Hindari Makanan Pedas dan Berminyak

Makanan juga merupakan salah satu faktor yang dapat memicu produksi minyak pada kulit wajah. Terutama makanan yang pedas, berlemak, serta berminyak. Ketika mengonsumsi makanan pedas dan berminyak, pori-pori serta kelenjar minyak Anda akan terbuka lebar sehingga memudahkan kotoran masuk ke dalam kulit. Hal ini dapat membuat pori-pori tersumbat sehingga semakin rentan berminyak serta dapat memicu jerawat.

Baca juga: Sederet Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak, Cek di Sini!

Itu tadi berbagai cara menghilangkan minyak di wajah yang bisa Anda coba terapkan. Temukan berbagai produk kecantikan yang ampuh untuk membasmi minyak pada wajah di toko-toko ritel terpercaya seperti Watsons atau Sephora. Anda bisa mengetahui lokasinya melalui GoToMalls. Temukan pula aneka informasi menarik perihal promo, diskon, serta event menarik di mall-mall di kota Anda hanya di GoToMalls!

 

 

Leave a Reply