Tak Hanya Segarkan Wajah, Berikut 7 Cara Memanfaatkan Face Mist

Bernadeta Diana

, Beauty

Face mist merupakan salah satu produk kecantikan yang terbilang praktis untuk digunakan. Berbentuk cairan yang dikemas dalam botol spray, produk ini dapat langsung disemprotkan pada wajah ketika diperlukan. Tak sekadar membuat wajah segar seketika, berikut beragam manfaat dan kegunaan face mist bagi Anda.

Baca juga: 7 Setting Spray Terbaik Ampuh Cegah Make Up Luntur

Membuat Warna Eye Shadow Lebih Intens

Anda yang kerap bereksperimen dengan make up mata tentu sudah tidak asing lagi dengan eye shadow. Bisa jadi, Anda justru sudah memiliki koleksi eye shadow dalam berbagai merek dan warna. Sebelum memutuskan untuk membeli eye shadow, tentu Anda sudah memastikan apakah warna-warnanya dapat menempel dengan baik pada kulit. Entah dengan memulaskan secara langsung pada tangan, atau membaca beragam review dari internet.

Sayangnya, dalam satu palet eye shadow, ada kalanya terdapat warna-warna tertentu yang kurang pigmented, khususnya untuk palet ukuran besar. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan face mist. Caranya adalah dengan menyemprotkan produk pada kuas sebelum digunakan untuk mengambil eye shadow. Warna eye shadow Anda tentu akan lebih intens ketika diaplikasikan pada kelopak mata. Tampilan make up mata Anda pun pasti akan tampak maksimal.

Melindungi Kulit Wajah

Perhatikan baik-baik kandungan yang terdapat pada face mist di rak kosmetik Anda. Beberapa brand face mist diperkaya pula dengan kandungan yang dapat melindungi kulit seperti antioksidan. Antioksidan dikenal dapat mencegah terjadinya radikal bebas yang dapat merusak kulit serta membuat wajah tampak lebih tua. Kandungan antioksidan pada face mist dapat berasal dari vitamin E maupun ekstrak teh hijau. Jadi, jangan lupa semprotkan produk ini pada wajah, terlebih sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Mengontrol Produksi Minyak Pada Wajah

Kebanyakan orang berpendapat bahwa produksi minyak yang berlebihan pada wajah disebabkan oleh jenis kulit yang memang pada dasarnya cenderung berminyak. Alhasil kelebihan minyak ini kemudian dihilangkan dengan aneka produk yang bersifat mattifying alias penghilang kilap. Padahal, ketika kulit wajah memutuskan untuk memproduksi minyak, bisa jadi kulit Anda tengah mengalami dehidrasi. Produksi minyak ini merupakan mekanisme alami untuk memberikan kelembapan pada kulit. Menghilangkan minyak alami pada wajah sampai betul-betul kering justru dapat memicu kembali produksi minyak yang kian berlebih. Dengan menyemprotkan face mist pada wajah, Anda melakukan upaya untuk membuat kulit wajah senantiasa lembap. Wajah pun jadi lebih bebas kilap sehingga debu-debu dan kotoran tidak mudah melekat.

Baca juga:8 Tips Ampuh Merawat Kulit Wajah Kering

Mengatasi Ujung Rambut Kering dan Kasar

Agar senantiasa tampil maksimal, sebagian dari Anda mungkin cukup akrab dengan aneka peralatan penata rambut. Mengeringkan rambut dengan hair dryer atau menata rambut dengan catok maupun hair curler memang bisa membuat tatanan rambut tampak maksimal. Mem-blow rambut dengan hair dryer dapat membuat rambut yang tadinya basah dan tipis menjadi lebih mengembang dan bervolume. Catok dapat membantu merapikan atau meluruskan rambut Anda yang berantakan. Sementara hair curler bisa jadi pilihan untuk Anda yang bosan dengan rambut lurus dan menginginkan tatanan rambut yang lebih variatif. Sayangnya, ketiga peralatan ini cenderung menghasilkan panas yang dapat membuat ujung rambut menjadi kering, kasar, dan bercabang.

Face mist bisa jadi produk penyelamat untuk mengatasi ujung rambut yang  kering, kasar, dan bercabang. Terlebih mana kala Anda tengah kehabisan produk vitamin khusus untuk rambut. Anda dapat langsung menyemprotkan produk pada ujung rambut. Anda boleh juga menyemprotkannya pada tangan untuk kemudian diaplikasikan pada rambut yang kering dan bercabang. Ujung rambut tentunya akan menjadi lebih lembut sehingga tampak rapi dan mudah diatur.

Membuat Wajah Glowing dan Sehat

Memiliki kulit wajah yang tampak glowing sehat tentu merupakan dambaan siapa saja. Sayangnya, paparan polusi atau udara yang kotor karena debu dapat membuat wajah Anda tampak kusam. Menyemprotkan face mist pada wajah bisa menjadi salah satu solusinya. Beragam kandungan yang terdapat dalam produk ini mampu membuat kulit terasa sejuk. Tak hanya itu, face mist juga memiliki kemampuan untuk soothing atau menenangkan kulit yang kemerahan, entah akibat panas, iritasi, maupun jerawat yang meradang. Dengan kata lain, penggunaan produk ini secara rutin dapat turut menjaga wajah agar selalu tampak prima.

Memperbaiki Make Up Cakey

Untuk menjaga foundation agar awet menempel pada wajah, Anda tentu tidak boleh lupa untuk membubuhkan bedak. Entah berupa loose powder maupun bedak padat, bedak mampu mengunci foundation agar dapat bertahan lebih lama. Sebetulnya bukan hanya foundation yang perlu dikunci agar tidak mudah bergeser, melainkan juga concealer, cream blush, maupun produk complexion lainnya yang berbentuk krim.

Meski berguna untuk mengunci make up, ada kalanya menggunakan bedak justru membuat make up Anda terlihat cakey. Selain itu, penggunaan bedak yang kurang sesuai juga dapat menimbulkan cracking atau memperjelas kerutan pada wajah. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengandalkan face mist dengan menyemprotkannya secara merata usai membubuhkan bedak pada wajah. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu wajah kering atau mengangin-anginkan atau mengipasi wajah. Kemudian, pastikan tidak ada sisa butiran bedak yang menempel dengan memanfaatkan kuas. Selain dengan cara tersebut, Anda bisa juga mengatasi make up cakey dengan menyemprotkan face mist pada spons maupun beauty blender. Kemudian, Anda tinggal menepuk-nepukannya pada bagian wajah yang diperlukan.

Mempermudah Penyerapan Skin Care

Pada dasarnya face mist juga merupakan salah satu produk skin care. Sebagai produk yang berfungsi untuk merawat wajah, face mist tak hanya sesuai untuk digunakan pada pagi atau siang hari, melainkan juga saat malam. Kemampuan produk ini yang mampu melembapkan kulit dapat membuat penyerapan produk skin care lainnya menjadi lebih maksimal.

Saat pagi hari, semprotkan face mist sesudah wajah dibersihkan dan sebelum mengoleskan pelembap. Cara ini dapat membuat pelembap lebih mudah diserap kulit. Kemudian Anda tinggal menggunakan tabir surya, foundation, bedak, dan menyelesaikan make up Anda seperti biasanya. Pada malam hari, semprotkan produk sebelum Anda menggunakan masker. Menggunakan face mist sebelum memakai masker mampu membuat masker lebih menempel sehingga kulit bisa menerima manfaat masker secara lebih maksimal.

Baca juga: 8 Rekomendasi Toner Terbaik Mencerahkan Kulit Wajah Kusam

Itu tadi beragam manfaat dan kegunaan face mist bagi Anda. Pastikan Anda mencermati kandungan yang terdapat pada produk tersebut demi mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kenali juga kebutuhan serta jenis kulit Anda masing-masing agar dapat menentukan jenis face mist yang paling cocok bagi kulit Anda. Beragam merk face mist saat ini sudah dapat dengan mudah Anda temukan di berbagai tempat seperti Guardian maupun Watsons. Anda bisa menemukan lokasinya di GoToMalls. Temukan pula aneka informasi menarik perihal promo, diskon, serta event menarik di mall-mall kesayangan Anda via GoToMalls!

 

Leave a Reply