11 Hal Perlu Kamu Ketahui Dari Trailer Perdana X-Men: Dark Phoenix (2019)

Nadia Fauzia

, Movie

Tahun 2019 adalah tahunnya film superhero. Di tahun ini, ada sederet comic book movie bertemakan superhero yang dijadwalkan rilis. Mulai dari Captain Marvel, Avengers 4, Shazam!, hingga Wonder Woman 2. Selain itu ada satu lagi film superhero yang akan tayang di tahun 2019. Film ini merupakan bagian dari franchise X-Men yang sudah dimulai sejak tahun 2000 silam. Beberapa waktu lalu, akhirnya pihak studio 20th Century Fox merilis trailer perdana ke publik. Hasilnya terciptalah hype yang begitu nyata baik dari X-Men die hard maupun dari kalangan casual viewers. Berikut ini beberapa hal yang dapat disimpulkan dari trailer perdana film berjudul X-Men: Dark Phoenix tersebut.

Baca juga: Rilis 3 Oktober, 7 Alasan Kamu Harus Nonton Film Venom 2018

Kostum Klasik X-Men

Image credit: imdb.com

Film X-Men: Dark Phoenix berlatar waktu di tahun 1992. Di tahun tersebut, komik X-Men diluncurkan kembali dengan desain kostum baru dan serial kartun baru berjudul sama (1992). Kini, kostum yellow spandex yang ikonik tersebut dihadirkan kembali. Jika kemunculannya di bagian pertama franchise (2000) banyak dikritik hingga desainnya diubah dalam film-film berikutnya, sekarang para penggemar justru menyukai desain klasik tersebut. Tampaknya mereka menyambut baik ajakan nostalgia dari pihak studio.

Baca juga: Bernostalgia Lewat Trailer Terbaru Film Bumblebee (2018)

Eksplorasi Angkasa oleh Mutan

Image credit: screenrant.com

Salah satu hal paling keren dari trailer perdana X-Men: Dark Phoenix adalah adegan pesawat luar angkasa. Jika kamu mengikuti franchise X-Men sejak awal, kamu pasti menyadari bahwa ini adalah kali pertama X-Men mengeksplorasi angkasa. Jika kamu familiar dengan komik X-Men, tentunya kamu juga ingat bahwa karakter Dark Phoenix tidak asing dengan perjalanan ke luar angkasa.

Baca juga: Trailer Terbaru Fantastic Beasts 2, Misteri Nagini Terungkap

Perubahan Judul

Image credit: imdb.com

Ini dia satu hal yang paling mengagetkan dari film X-Men: Dark Phoenix. Terinspirasi oleh kesuksesan film Logan, pihak studio mengubah judul film ini menjadi lebih singkat yaitu Dark Phoenix. Sutradara Simon Kinberg sendiri mengatakan bahwa ia menginginkan film ini disebut Dark Phoenix sebagaimana judul Logan yang tidak punya embel-embel X-Men di depannya.

Judul yang singkat ini mengindikasikan bahwa film Dark Phoenix berbeda dengan film-film X-Men lainnya dan lebih berpusat pada karakter utama. Simon dan produser Hutch Parker ingin publik memandang film ini sebagai kisah sang Dark Phoenix dan bahwa ia merupakan subjek yang menjadi pusat perhatian dalam film ini.

Kisah Cinta Jean Grey & Scott Summers

Image credit: marvel-movies.wikia.com

Ada banyak hal yang terjadi dalam X-Men Universe seiring berakhirnya franchise ini, namun film X-Men: Dark Phoenix bukannya tanpa bumbu. Dalam film ini, romansa antara Jean Grey dan Scott Summers alias Cyclops makin terlihat setelah mereka hanya sebatas kenal di film X-Men: Apocalypse.

Dikisahkan Jean Grey mulai menunjukkan ketidakstabilan dan banyak anggota X-Men yang berpikir bahwa ia tidak bisa diselamatkan. Beberapa bahkan jelas-jelas beranggapan bahwa dunia dan orang-orang lah yang perlu diselamatkan dari ancaman yang Jean bawa. Hanya sedikit dari mereka yang melihat fakta dari sudut pandang yang berbeda. Salah satunya tentu saja Scott yang merasa bahwa gadis itu butuh dan masih bisa diselamatkan.

Baca juga: Yuk Kenalan Dengan 5 Pacar Para Superhero Marvel

Jessica Chastain

Image credit: imdb.com

Ketika Jessica Chastain diumumkan masuk dalam cast X-Men: Dark Phoenix, para penggemar franchise ini langsung membicarakannya. Hype yang tercipta lagi-lagi muncul ketika aktris yang terlibat dalam film Interstellar (2014) dan The Martian (2015) itu muncul dalam trailer perdana. Kemunculannya membawa tanda tanya: siapa dia sebenarnya?

Baru-baru ini, sang sutradara membocorkan informasi menarik tentang topik ini. Dalam situs Comic Book, ia mengatakan “karakter yang dimainkan Jessica bukanlah otak di balik segalanya”. Meskipun begitu, ia juga menambahkan bahwa sesuatu yang memanipulasi Jean juga dimanfaatkan oleh karakter aktris berusia 41 tahun itu. Tidak hanya itu, tokoh yang dimainkan Jessica Chastain juga dikonfirmasi bukan berasal dari bumi.

Kini semakin lengkap puzzlenya.

X:Men The Last Stand 2.0

Image credit: imdb.com

Sudah bukan rahasia umum bahwa film Marvel pertama Jessica Chastain ini mencoba “mendaur ulang” X-Men: The Last Stand. Plot yang ditawarkan pun cukup mirip di mana Jean Grey menunjukkan sosok aslinya yang membahayakan banyak orang. Meski film tersebut dianggap gagal, para penggemar tetap menaruh harapan tinggi pada film X-Men: Dark Phoenix. Sekarang yang bisa kita lakukan hanyalah berharap agar hasilnya tidak mengecewakan.

Same Different Jean Grey

Image credit: imdb.com

Sebelum trailer film X-Men: Dark Phoenix muncul ke permukaan, sudah banyak yang menebak alur film ini. Beberapa menebak bahwa film ini akan menjadi ending dari franchise X-Men sebelum akhirnya diambil alih oleh Marvel. Artinya, semua kisah mutan dan dunia mutan juga harus berakhir. Selain itu, penggemar X-Men yang sudah familiar dengan film-film X-Men sebelumnya juga masih mengingat sosok Jean Grey yang luar biasa kuat. Alter-ego dari mutan cantik ini, Dark Phoenix, memiliki kekuatan yang cukup besar untuk menghancurkan sebuah planet sekali pun.

Jean Grey dalam film ini masih sama dengan sosok dalam X-Men: The Last Stand, hanya saja ia akan memiliki role yang berbeda. Jika dalam film tersebut ia tersesat di antara dua kepribadiannya, maka dalam film X-Men: Dark Phoenix ia akan menghadapi kesulitan untuk mengontrol kekuatannya sendiri. Hal ini mengarah pada kesimpulan yang sama: ia berpotensi menghancurkan semua yang ada dalam X-Men universe. Bagi para penggemar franchise original X-Men, hal ini tentu merupakan sebuah kabar buruk. Meskipun begitu, dengan dibelinya Fox oleh Disney, akan ada harapan baru untuk para mutan.

Baca juga: 7 Superhero Wanita Marvel Paling Favorit

Pulau Genosha

Image credit: imdb.com

Penggemar X-Men juga pasti mengingat Pulau Genosha. Pulau yang punya sejarah panjang dengan para mutan juga ini muncul dalam trailer X-Men: Dark Phoenix. Belum ada informasi lengkap mengenai Pulau Genosha, namun bisa dipastikan kita akan diperlihatkan beberapa bagiannya.

Dalam komiknya, Pulau Genosha sendiri adalah sebuah tempat sarat sejarah yang telah melewati sejumlah peperangan. Ada pun dalam sekuel X-Men: Apocalypse ini, Pulau Genosha kemungkinan akan menjadi markas bagi para mutan pimpinan Professor X atau justru Magneto.

Karakter Baru

Image credit: imdb.com

Ada setidaknya dua karakter baru yang diperkenalkan dalam film X-Men: Dark Phoenix. Dua karakter tersebut tergolong mutan dan diberi julukan Red Lotus & Selene. Dalam komiknya, Red Lotus diceritakan sebagai sosok yang jago bela diri dengan gen mutan yang membuat skill bela dirinya menjadi semakin berbahaya. Ada pun kemampuan super yang ia miliki di antaranya adalah kecepatan, kekuatan, refleks, dan daya tahan tubuh. Menurut informasi yang digali GoToMalls, Red Lotus sejatinya merupakan anggota X-Men, namun kemungkinan besar ia akan bergabung dengan Magneto.

Selene sendiri adalah sosok yang sudah familiar di kalangan penggemar komik X-Men. Ia sering digambarkan sebagai sosok yang sangat jahat dan kekuatannya pun merepresentasikan hal tersebut. Ia pun diketahui merupakan vampir yang mampu menambah usia dengan menyantap manusia. Bisa ditebak, usianya sudah sangat tua bahkan melebihi Professor X dalam film Logan (2017).

Sama seperti Red Lotus, Selene kemungkinan akan berada di sisi Magneto yang berarti ia akan menjadi tantangan besar bagi para X-Men.

Baca juga: Trailer Perdana Captain Marvel Resmi Dirilis, Berikut Ulasannya

Persaudaraan Mutan

Image credit: imdb.com

Red Lotus dan Selene bukannya tanpa alasan bergabung dengan Magneto. Magneto sendiri seperti biasa memiliki ambisi besar untuk meningkatkan derajat mutan dan menguasai dunia. Dalam rangka mewujudkannya, ia pun membentuk sebuah aliansi. Beberapa orang menyebut aliansi ini sebagai Brotherhood of Mutants, sementara beberapa yang lain menjulukinya Magneto’s Acolytes.

Belum ada informasi resmi mengenai nama mana yang digunakan dalam film X-Men: Dark Phoenix, namun dua nama ini pernah muncul dalam komik X-Men sebelumnya. Hanya saja, publik sudah dapat menebak tujuan dari dibentuknya aliansi ini yang tak lain adalah untuk melawan musuh besar sekaligus sahabat Magneto, Professor X.

Pemberontakan Beast

Image credit: comicbook.com

Fakta bahwa Magneto membentuk aliansi untuk melawan kubu X-Men sudah bukan barang baru, namun siapa yang menyangka susunan anggotanya bisa begitu mengagetkan? Ada wajah-wajah yang sudah dikenal dalam kubu Magneto, namun lagi-lagi wajah-wajah tersebut di luar bayangan para penggemar. Beberapa nama yang telah terkonfirmasi adalah Storm, Nightcrawler, Beast. Ya, benar, Beast alias Hank McCoy.

Jika ada satu hal yang sangat jelas dalam trailer X-Men: Dark Phoenix, maka hal itu adalah Beast yang tidak dalam kondisi bahagia. Dalam cuplikan film ini, ia terlihat sangat liar dan tidak terkendali setelah dalam film-film sebelumnya ia terlihat sangat bersahabat bahkan cenderung kikuk. Belum ada yang bisa menjelaskan alasan perpindahan kesetiaan sang mutan jenius dari kubu Professor X ke Magneto, namun sangat menarik melihatnya mengikuti insting alamiahnya sebagai beast.

***

Itu dia beberapa hal yang bisa diambil dari trailer perdana film X-Men: Dark Phoenix. Sayangnya, kamu baru bisa menonoton film ini di bioskop pada pertengahan tahun depan. Kabar baiknya, ada sederet film keren yang bisa kamu tonton sambil menunggu rilisnya film ini, terutama buat kamu yang senang dengan film bertema superhero. Ada film Venom yang rilis awal bulan Oktober ini, Aquaman yang dijadwalkan tayang bulan Desember, juga sebuah kejutan dari Fox berupa film Deadpool spesial yang dijadwalkan rilis bulan Desember. Jangan sampai ketinggalan satu pun di antaranya!

Sebelum membeli tiket nonton, cek dulu GoToMalls.com! GoToMalls adalah tempatnya kamu menemukan segala jenis promo, diskon, kupon, dan event-event terbaru dari mall-mall seluruh Indonesia! Siapa tahu kamu menemukan promo tiket nonton yang ditawarkan oleh bioskop favoritmu!

Baca juga: 13 Film Terbaru Hollywood Oktober (2018) Paling Ditunggu

Leave a Reply