6 Tips Memilih Lipstik Untuk Bibir Kering

Kamu pernah mengalami kondisi di mana bibirmu terasa sangat kering? Bibir kering pada umumnya bisa disebabkan karena kurang terpenuhinya kebutuhan air minum dan vitamin. Jika dibiarkan, kondisi ini akan mengganggu penampilanmu. Pemilik bibir kering biasanya merasa kurang nyaman dan tidak percaya diri saat memakai lipstik. Namun kamu jangan berkecil hati. Bagi kamu yang sedang mengalami kondisi bibir kering tetap bisa memakai lipstik dan tampil cantik. Kamu hanya perlu memperhatikan cara yang tepat untuk memilih dan memakai lipstik untuk bibir kering. Penasaran? Langsung saja simak uraian berikut ini:

Baca juga: 9 Rekomendasi Lipstik Merek Lokal Terbaru 2018

Selalu Menjaga Kelembapan Bibir 

Image credit: www.skanaa.com

Langkah pertama yang harus kamu tempuh untuk mengatasi bibir kering adalah selalu menjaga kelembapan dan kesehatan bibir. Kamu harus rajin merawat bibir agar kondisi bibir yang kering tidak berlangsung lama. Misalnya kamu bisa melakukan eksfoliasi sederhana. Caranya cukup mudah, kamu bisa menggunakan sikat gigi yang lembut untuk mengangkat kulit bibir yang mengelupas. Jangan pernah mencabut kulit bibir yang mengelupas menggunakan tangan, ya! Hal tersebut dapat menimbulkan luka atau rasa perih pada bibir kamu. Kemudian, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk dioleskan secara tipis-tipis pada bibir setelah dibersihkan. Terakhir, kamu bisa menambahkan lip butter untuk melembapkan dan membuat permukaan bibir kamu lebih licin. Dengan begitu, kamu dapat mengaplikasikan lipstik untuk bibir kering lebih mudah.

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk mengoleskan madu murni pada bibir setiap malam hari. Madu merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan nutrisi dan antioksidan. Antioksidan di dalam madu inilah yang berguna untuk memperbaiki kulit bibir dan mengatasi bibir yang pecah dan kering. Sebelum tidur, oleskan madu secukupnya pada bibir dan biarkan hingga kering dengan sendirinya. Lakukan cara ini secara rutin supaya bibir keringmu lebih cepat mendapatkan kelembapannya kembali.

Menghindari Lipstik yang Mengandung Alkohol 

Image credit: www.gloucosmetics.com

Penggunaan alkohol dalam pembuatan kosmetik memang bukanlah hal yang baru. Namun, bagi kamu yang memiliki bibir kering sebaiknya lebih cermat dalam melihat komposisi bahan dari lipstik yang akan kamu beli. Sebaiknya kamu menghindari memilih lipstik yang mengandung alkohol karena akan membuat bibirmu menjadi semakin kering. Tidak hanya memperparah keringnya bibir, kandungan alkohol pada lipstik juga dapat meningkatkan risiko bibir kamu menjadi pecah-pecah. Jadi, mulai sekarang jangan sembarangan membeli lipstik ya!

Jangan Memilih Lipstik yang Mengandung Menthol 

Image credit: www.fleetstreetmag.com

Lipstik yang mengandung mentol akan memberikan efek untuk mendinginkan bibir setelah selesai mengoleskannya. Kandungan mentol di dalam lipstik ini biasanya memang telah ditakar dengan tepat sehingga aman. Mentol yang terkandung dalam sebuah lipstik ini biasanya berfungsi untuk membuat lipstik tahan lebih lama. Namun bagi kamu yang bermasalah dengan bibir kering, lipstik jenis ini sangat tidak disarankan karena dapat memperparah bibir keringmu.

Utamakan Lipstik Cair atau Creamy Lipstick Daripada Matte

Image credit: www.stylecraze.com

Meskipun lipstik yang banyak beredar dipasaran beraneka ragam jenisnya, kamu yang memiliki bibir kering jangan sampai salah beli. Kamu harus jeli untuk memilih lipstik untuk bibir kering. Usahakan untuk memilih lipstik jenis cair atau creamy lipstick daripada matte lipstick. Lipstik cair memiliki kandungan air yang jelas lebih banyak ketimbang matte lipstick.  Dengan memilih lipstik jenis ini, kelembapan bibirmu akan lebih terjaga. Meskipun tidak bertahan lama dan mudah terhapus, lipstik jenis ini merupakan solusi terbaik untuk bibir kering agar lebih sehat.

Meskipun kamu menyukai lipstik jenis matte karena memiliki ketahanan yang cukup lama, tahan dulu ya! Tunggu hingga kondisi bibirmu membaik. Karena kandungan pada lipstik jenis matte ini cenderung bisa merusak kulit tipis pada bibir kamu yang kering, pecah-pecah, dan mengelupas.

Baca juga: 8 Rekomendasi Lip Tint High End Terbaik (2018)

Gunakan Lip Balm 

Image credit: www.stylecraze.com

Setelah menemukan pilihan tepat lipstik untuk bibir kering, sebaiknya kamu mengaplikasikan lip balm pada bibir sebelum memakai lipstik. Pengaplikasian lip balm ini mampu menjaga kelembapan bibir kamu. Selain itu, lip balm juga bisa membuat rona pada bibir terlihat lebih alami. Sangat cocok untuk kamu yang menyukai gaya make up natural! Kamu bisa memilih lip balm yang mengandung madu. Karena kandungan madu pada lip balm sangat cocok untuk kamu yang ingin sembuh atau bebas dari masalah bibir kering.

Pilih Lipstik yang Kaya Vitamin E 

Image credit: www.journal.sociolla.com

Ternyata, tidak hanya wajah saja yang perlu dijaga kelembapannya, bibir juga perlu. Bibir yang lembap tentu saja akan terlihat lebih menarik. Bagi kamu yang sulit memilih lipstik untuk bibir kering yang tepat, jangan khawatir! Pilihlah lipstik yang mengandung pelembap khusus. Biasanya lipstik yang mengandung mild hidroxy dapat membantu membuat bibir kamu terlihat lebih sehat dan merah secara alami. Pemakaian lipstik yang mengandung pelembap dapat membuat bibir kamu bebas kering hingga pecah-pecah meski sedang memakai lipstik dalam waktu yang lama.

Selain memilih lipstik yang mengandung pelembap, sebaiknya kamu juga memastikan bahwa lipstik yang kamu pilih mengandung Vitamin E. Tidak semua lipstik mengandung Vitamin E. Kamu bisa menemukannya hanya pada lipstik-lipstik tertentu. Temukan label atau tanda Vitamin E pada kemasan produknya. Biasanya para produsen lipstik akan mencantumkan kandungan alami unggulan pada produk yang dibuatnya, termasuk Vitamin E ini. Jika kekurangan vitamin ini bisa membuat bibir kamu semakin kering dan terlihat kusam. Kamu tidak mau penampilanmu menjadi tidak menarik karena bibir kering semakin parah, bukan?

Rekomendasi Lipstik untuk Bibir Kering 

Image credit: www.lovelylips.net

  1. Viva Queen Moisture Lipstick, hadir dengan berbagai variasi warna yang bisa kamu pilih untuk melengkapi penampilan terbaikmu.
  2. Wardah Wondershine, merupakan lipstik cair glossy yang bisa kamu gunakan sebagai base maupun coat. Lipstik ini mengandung Vitamin E yang mampu memperbaiki permukaan bibir kamu yang kusam, bahkan pecah-pecah.
  3. NYX Cosmetics Black Label Lipstick, memiliki formulasi yang mampu menjaga kelembapan lebih itensif pada bibir kamu yang kering dan pecah-pecah. Dengan tekstur lipstik yang silky cream, membuatnya sangat nyaman ketika diaplikasikan. Jadi bisa menjaga permukaan bibir kamu yang kering dan pecah-pecah.
  4. Burt’s Bees 100% Natural Moisturizing Lipstick sangat cocok untuk kamu yang ingin memakai lipstik dengan hasil akhir yang pigmented. Satin-finish dengan kelembapan intensif hingga 8 jam adalah kelebihan yang ditawarkan oleh lipstik ini. Pelembap alami berupa moringa dan raspberry seed oil mampu menjaga kelembapan bibir kamu dan memancarkan warna natural yang cantik.

Baca juga: 5 Cara Praktis Memilih Lipstik Sesuai Warna Kulitmu!

Itulah beberapa tips dan trik memilih lipstik untuk bibir kering yang bisa kamu lakukan. Selain memilih lipstik yang tepat, kamu juga harus menjaga pola hidup sehat supaya bibir kamu lebih terawat, ya. Kamu bisa membeli lipstik yang baik untuk bibir kering di drugstore terdekat di kota kamu seperti Watsons dan Guardian. Dapatkan lipstik pilihanmu dengan harga yang lebih terjangkau dengan cek promo diskon di GoToMalls.com terlebih dahulu.

Leave a Reply