Unggul di Kamera, Berikut Spesifikasi Google Pixel 3

Baru-baru ini, Google meluncurkan smartphone baru yakni Google Pixel 3. Produk yang diluncurkan bersama dengan versi lebih besarnya (Google Pixel 3 XL) ini disinyalir memiliki keunggulan dari segi kamera. Berikut pembahasan lebih lanjut perihal detail dan spesifikasi yang jadi keunggulan Google Pixel 3.

Baca juga: 10 Rekomendasi Smartphone Dengan Kamera Terbaik

Ukuran Layar dan Spesifikasi

image credit: yangcanggih.com

Google Pixel 3 mengusung layar P-OLED dengan rasio 18:9. Pilihan panel layar P-OLED ini dipandang mampu mendukung kebutuhan vendor untuk memenuhi kebutuhan dari segi desain lantaran lebih mudah dibentuk. Namun demikian, bukan berarti layar Google Pixel 3 bersifat fleksibel. Layar jenis ini juga mendukung kemampuan always on display dan lebih kaya warna lantaran menambahkan 10% warna sRGB.

Berukuran 5,5 inci, resolusi layar Google Pixel 3 adalah 1080 x 2160 pixel dengan kerapatan pixel 443 ppi. Memiliki RAM sebesar 4GB, smartphone ini tersedia dengan dua versi  kapasitas penyimpanan, yaitu 64GB dan 128GB. Meski RAM sebesar 4GB terkesan terlalu standar untuk smartphone zaman sekarang, pihak Google berpendapat bahwa ukuran RAM tersebut sudah cukup mumpuni bagi OS pure Android untuk bekerja secara optimal. Kemudian dari segi prosesor, Google Pixel 3 memiliki chipset Snapdragon 854.

Merekam Video Full HD

Seperti smartphone pada umumnya, Google Pixel 3 didukung oleh dual kamera yakni kamera depan dan kamera belakang sebagai kamera utama. Untuk memaksimalkan hasil jepretan, Google memilih untuk menyematkan chip Pixel Visual Core.

Kamera utama Google Pixel 3 dibekali dengan sensor 12,2 MP dan memiliki aperture f/1.8 serta ukuran piksel 1,4 mikron. Didukung dengan fitur Optical Image Stabilizer dan dual pixel PDAF, focal length pada kamera utama adalah 28mm wide Angle.

Kemampuan Google Pixel 3 dalam merekam gambar bergerak terbilang maksimal lantaran dapat digunakan untuk merekam video berformat full HD pada 30fps. Hal tersebut karena ponsel pintar ini sudah didukung oleh Image Stabilizer berbasis Gyro. Performa Google Pixel 3 untuk merekam video pun kian mutakhir dengan adanya fitur motion auto focus. Fitur ini memungkinkan Anda menentukan fokus pada objek yang bergerak. Misalnya saja saat merekam kucing, Anda tinggal men-tap objek binatang kesayangan tersebut pada layar ponsel. Selama si kucing masih tetap ada dalam frame, fokus pengambilan video akan senantiasa mengikuti.

Selain motion auto focus, fitur lain yang tak kalah menarik dari kamera utama adalah Google lense. Fitur ini dapat memberikan berbagai informasi mengenai objek yang Anda tangkap melalui lensa kamera. Informasi tersebut dapat diakses secara online sehingga sangat bermanfaat bagi Anda yang gemar berbelanja online. Hal ini tentu memudahkan Anda apabila tertarik dengan suatu barang dan ingin memiliki barang serupa. Fitur google lense bahkan mampu mendeteksi nomor telepon yang Anda tangkap melalui kamera.

Tiga Fitur Unggulan pada Kamera

image credir: www.dormatekno.com

Kamera depan Google Pixel 3 memiliki resolusi 8MP dan terdiri dari dua sensor.

Google menekankan tiga fitur unggulan dalam hal pengambilan gambar berupa foto. Fitur Top Shot mampu memilih gambar terbaik dari sekian jepretan yang dilakukan saat pengambilan gambar. Fitur ini sangat berguna untuk membantu Anda memilih momen terbaik yang ditangkap oleh kamera saat tengah berfoto bersama.

Ada pula fitur Res Zoom yang dapat memperbesar objek foto tanpa Anda perlu khawatir kehilangan detail. Dengan demikian, Anda dapat memotong gambar tanpa membuatnya terlihat pecah atau buram.

Fitur unggulan terakhir adalah night sight yang mampu memaksimalkan pengambilan gambar dalam kondisi minim cahaya tanpa perlu bantuan flash. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang gemar menangkap momen-momen berharga pada malam hari.

Makin Aman dengan Security Chip

Pihak Google turut menyematkan fitur keamanan tambahan yang bisa menjadi salah satu keunggulan Google Pixel 3. Titan M Security Chip yang ditanamkan pada smartphone terbaru ini dapat menjaga keamanan OS serta menjaga kata sandi milik penggunanya. Tak hanya keamanan dari segi perangkat lunak, Google Pixel 3 juga tahan air dan mampu terendam air dengan kedalaman 1,5 meter hingga jangka waktu 30 menit. Kemampuan ini lantaran perlindungan dari kaca corning Gorilla Glass generasi kelima serta dibuktikan dengan sertifikasi IP68.

Baca juga:Mengenal Titan Security Keys, Perangkat Keamanan Terbaru Google

Pengisian Daya Nirkabel

image credit: epiclopedia.id

Berbeda dengan versi terdahulu yang menggunakan material metal, material yang digunakan pada bodi Google Pixel 3 adalah kaca corning Gorilla glass. Material kaca tersebut digunakan pada sisi depan maupun belakang ponsel. Pilihan Google untuk menggunakan material kaca bukan tanpa alasan. Google mengatakan bahwa penggunaan material kaca adalah untuk mendukung pengisian daya tanpa kabel alias wireless charging. Kemampuan ini akan didukung oleh Pixel Stand sebagai perangkat pelengkap. Pixel Stand tentunya tidak disertakan dalam paket penjualan, melainkan dijual secara terpisah.

Baterai yang digunakan pada smartphone Google Pixel 3 memiliki ukuran 2.915 mAh. Baterai tersebut sudah didukung dengan fitur fast battery charging sehingga pengisian daya dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat.

Fitur Call Screen

Fitur terbaru milik Google ini berkaitan dengan bagaimana Anda menghadapi panggilan masuk.  Saat Anda menerima panggilan telepon, namun tidak bisa atau enggan menerimanya, Anda tinggal melakukan tap pada tombol screen call. Secara otomatis, ponsel pintar Anda akan memberikan respon berupa pesan singkat yang menanyakan identitas si penelepon dan alasannya menghubungi Anda. Fitur call screen resmi dirilis bersamaan dengan Google Pixel 3 di Amerika Serikat.

Minimalisir Distraksi melalui Flip to Shhh

Kebiasaan untuk selalu dekat dan menggenggam smartphone di genggaman terkadang dapat menganggu pekerjaan Anda lainnya. Meski keberadaan ponsel pintar mampu membuat pekerjaan kian praktis, beragam aplikasi, terutama media sosial justru menjadi salah satu sumber distraksi. Meski Anda berusaha menjaga jarak, terkadang suara serta lampu notifikasi yang menyala membuat Anda penasaran dan ingin kembali meraih ponsel pintar Anda.

Fitur flip to shhh yang disematkan pada ponsel pintar terbaru keluaran Google ini mampu membantu meminimalisir distraksi tersebut. Letakkan smartphone Anda dengan layar menghadap ke bawah, maka secara otomatis suara dan notifikasi pada Google Pixel 3 akan ter-mute secara otomatis. Anda jadi bisa lebih fokus untuk mengerjakan pekerjaan Anda dan tidak melulu sibuk berpaling pada ponsel.

Baca juga: 5 Gadget Penting dan Wajib Kamu Bawa Saat Liburan ke Pantai

Itu tadi berbagai informasi perihal keunggulan serta spesifikasi Google Pixel 3. Dari segi harga, smartphone Pixel 3 dengan memori 64GB dijual dengan nominal sekitar Rp 12,1 juta. Sementara untuk versi 128 GB dihargai senilai Rp 13,7 juta. Sayangnya, ponsel pintar ini baru akan dirilis di Amerika Serikat terlebih dahulu di bulan ini. Sementara rilis resmi selanjutnya akan diadakan di Australia dan Inggris pada 1 November mendatang. Sejauh ini belum ada kabar resmi soal waktu rilis Google Pixel 3 di Indonesia.

Namun jangan khawatir apabila Anda ingin segera memiliki ponsel dengan kamera terbaik, saat ini GoToMalls sedang mengadakan event SIGN Up dan Review untuk mendapatkan Samsung Galaxy s9+ secara GRATIS! Anda hanya perlu melakukan SIGN UP dan menulis review pada gerai favorit di laman GoToMalls. Klik gambar di bawah ini untuk info lebih lanjut.

Leave a Reply