6 Perlengkapan Drone yang Sering Dilupakan

Pengguna drone dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami peningkatan yang luar biasa. Hal ini juga didukung dengan semakin banyaknya jenis drone yang ditawarkan mulai dari harga yang paling murah hingga paling mahal. Apakah kamu salah satu pemilik drone? Penggunaan drone pun tentu harus ditunjang dengan berbagai perlengkapan atau aksesoris untuk meningkatkan kinerjanya. Namun, saking banyaknya perlengkapan drone yang harus dibawa, justru membuat pengguna sering melupakan yang terpenting. Apa saja perlengkapan drone yang sering dilupakan? Cek di sini!

Baca juga: 4 Rekomendasi Drone DJI Terbaik untuk Pemula

Ekstra Baterai 

Image credit: www.omahdrones.com

Salah satu komponen penting yang dibutuhkan saat menggunakan drone adalah baterai. Hampir setiap pengguna atau pilot drone setuju bahwa ekstra baterai mutlak diperlukan. Bagaimana tidak, kebanyakan baterai pada drone berada di level menengah ke bawah yang hanya mampu bertahan 15  hingga 30 menit saja. Itulah mengapa kamu wajib membawa ekstra baterai untuk menggunakan drone dengan waktu penerbangan yang lebih jauh dan lama. Pilot drone biasanya telah memiliki baterai kompatibel terkuat. Namun yang menjadi masalah adalah ekstra baterai berupa baterai kompatibel ini termasuk pelengkapan yang sering dilupakan.

Bagi kamu yang ingin membeli baterai cadangan, jangan lupa untuk memilih baterai yang tepat dan sesuai dengan drone milikmu. Untuk mendapatkan waktu penerbangan yang lebih lama, sebaiknya kamu memang memilih baterai dengan kapasitas yang besar. Namun kamu juga harus memperhatikan berapa berat maksimum lepas landas pada drone kamu, ya. Selain itu, ukuran fisik serta dimensi baterai juga sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini harus kamu sesuaikan dengan jenis drone apa yang kamu miliki.

Baca juga: Mengenal 9 Fitur Canggih DJI Mavic Air, Cocok untuk Videografer!

Charger Baterai 

Image credit: www.bladeztoyz.co.uk

Perlengkapan drone yang sering dilupakan selanjutnya adalah charger. Sebelum pergi untuk mulai mengoperasikan drone, pasti kamu melakukan charging battery drone. Umumnya, para pilot drone akan mencabut charger dan fokus terhadap perangkat drone untuk dimasukkan ke dalam drone case. Itulah yang menyebabkan charger drone sering terlupakan. Padahal perlengkapan drone yang satu ini wajib kamu bawa untuk menunjang penggunaan drone-mu seharian. Ketika baterai pertama digunakan, charger-lah baterai cadangan, ya.

Ada hal penting yang perlu diingat tentang pengisian baterai drone. Jika kamu memiliki kebiasaan melakukan pengisian baterai jauh sebelum menerbangkan drone, sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan itu. Kenapa bisa demikian? Karena kamu tanpa sengaja telah melakukan sebuah tindakan yang justru dapat memperpendek umur baterai. Idealnya, pengisian baterai harus dilakukan tidak lebih dari 2 jam sebelum kamu berencana untuk menggunakan drone. Tips ini bisa kamu lakukan sehingga kamu akan mendapatkan waktu terbang yang lebih panjang dari setiap daya yang dikeluarkan. 

Ekstra Memori 

Image credit: www.gavtrain.com

Perlengkapan drone yang tidak kalah pentingnya adalah ekstra memori atau memori cadangan. Para pengguna atau pilot drone harus mempunyai memori cadangan minimal satu buah. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi jika terjadi masalah terhadap memori yang sedang digunakan. Ketika sudah berada di lapangan, kamu tidak akan tahu hal-hal yang bisa saja terjadi termasuk memori yang tiba-tiba rusak. Jika terjadi masalah seperti itu, tentu saja ekstra memori akan sangat membantu dan siap digunakan.

Selain memory card, kamu juga bisa menggunakan media penyimpanan eksternal seperti hard disk. Seperti diketahui, data foto dan video hasil drone biasanya membutuhkan ruang penyimpanan yang banyak apalagi jika video yang kamu rekam dalam format 4K. Dengan memiliki piranti penyimpanan yang memiliki kapasitas besar, penggemar travelling bisa mengabadikan setiap momen perjalanan dalam dokumentasi drone.

Bagi kamu yang menginginkan piranti penyimpanan ekstra besar, kami bisa membeli Seagate DJI Fly Drive. Kehadiran Hard disk merek ini mampu menyimpan memori data hingga 2TB. Hal itu akan menjamin kebutuhan kamu yang tergabung dalam komunitas drone. Hard disk ini memiliki ruang penyimpanan lebih dari 60 jam perekaman di udara. Hal inilah yang membuat pengguna fly drive bisa mempersingkat proses pengeditan dengan menyimpan, mengumpulkan, dan mengatur semua rekaman di satu perangkat saja. Sangat menarik, ya.

Baling-baling Cadangan 

Image credit: www.jakartanotebook.com

Baling-baling cadangan juga sangat dibutuhkan, lho. Baling-baling utama pada drone-mu bisa saja bermasalah saat sedang diterbangkan. Dengan baling-baling cadangan inilah kamu bisa langsung menggantinya. Namun sayangnya, kebanyakan pengguna atau pilot drone melupakan baling-baling cadangan ini. Padahal kerusakan pada baling–baling bisa berakibat fatal bagi drone kamu. Itulah mengapa membawa baling-baling cadangan menjadi hal penting yang tidak boleh diabaikan.

Supaya penerbangan drone-mu berjalan lancar, pastikan untuk memasang baling-baling dengan kuat. Karena telah banyak kasus baling-baling drone bisa lepas saat diterbangkan karena sekrupnya kurang kuat. Selain itu, sebaiknya kamu mengganti baling-baling drone setiap 50 kali penerbangan. Karena idealnya sepasang baling-baling tidak boleh dipakai hingga 100 kali penerbangan atau lebih. Atau kamu sebaiknya membeli baling-baling jika usianya sudah mencapai satu tahun.

Propeller Guard

Image credit: www.aliexpress.com

Propeller guards yang berguna untuk melindungi baling-baling drone sangat direkomendasikan untuk pilot baru maupun yang sudah profesional. Karena baling-baling merupakan benda yang mudah sekali patah atau rusak, penggunaan propeller guards memang sangat penting. Propeller guards akan melindungi lingkungan atau benda di sekitar drone dari pergerakan baling-baling yang berbahaya. Meskipun para pilot biasanya telah memiliki perlengkapan drone yang satu ini, namun propeller guard juga sering lupa untuk dibawa pada saat akan pergi menerbangkan drone.

Perlengkapan Tambahan

Selain beberapa perlengkapan drone yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa perlengkapan tambahan yang lebih sering dilupakan. Meskipun sepele, tetapi perlengkapan ini akan sangat menunjang pekerjaanmu menggunakan drone. Seperti kabel data atau kabel listrik yang bisa saja tiba-tiba dibutuhkan. Serta perlengkapan pendukung lainnya seperti lens cleaner, tissue, tissue basah, hingga blowing yang terkadang juga diperlukan. Jika kamu melupakan beberapa perlengkapan tambahan ini, kamu akan kesusahan dan pekerjaanmu menggunakan drone akan terhambat. Kamu tidak mau pekerjaanmu berantakan bukan? Mulai sekarang sebaiknya kamu membuat daftar perlengkapan yang wajib dibawa, ya.

Baca juga: 7 Jenis Drone yang Digunakan Para Travel Blogger

Hingga saat ini, bermain drone tidak hanya dijadikan sebagai hobi saja tetapi banyak pula para pengguna atau pilot drone yang mengandalkan drone sebagai sebuah pekerjaan. Pekerjaan yang menggunakan drone ini biasanya dalam bidang photography dan videography. Jangan lupa untuk selalu memastikan berbagai perlengkapan drone agar tidak lupa. Selain itu, kamu juga harus memastikan apakah daerah untuk menerbangkan drone mengizinkan kamu untuk menggunakannya. Kamu bisa mendapatkan drone impianmu di Indo Drone. Dapatkan informasi seputar promo dan diskon terbaru di GoToMalls.com. Bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti kompetisi, kamu bisa ikut Drone Competition 2018 at Artha Gading Mall. Buruan! Jangan sampai kelewatan ya.

Leave a Reply