Hobi Olahraga? Simak Keunggulan dan Detail Mi Band 3

Beberapa bulan lalu, Xiaomi merilis produk smartband Mi Band 3. Berfungsi sebagai sport tracker yang mampu mencatat aktivitas fitness, Xiaomi Mi Band 3 merupakan versi mutakhir dari Xiaomi Mi Band 3 yang di-launching pada 2016 lalu. Bagi Anda yang gemar berolahraga dan memerlukan gadget pendukung tentu Mi Band 3 bisa menjadi pilihan Anda. Nah, berikut keunggulan serta detail smartband Mi Band 3 sebagai pertimbangan.

Baca juga: 6 Fitness Tracker Terbaik untuk Wanita Aktif

Resolusi dan Ukuran Layar Lebih Besar

image credit: www.techradar.com

Apabila dibandingkan dengan versi pendahulunya yaitu Mi Band 2, layar Mi Band 3 memiliki resolusi yang lebih besar. Didukung dengan layar OLED, resolusi layar Mi Band 3 adalah 128 x 80 pixel. Jika dibandingkan dengan Mi Band 2, resolusi layarnya hanya 72 x 40 pixel.

Dari segi ukuran layar, Mi Band 3 mengusung layar dengan ukuran 0,78 inch. Lebih besar dibandingkan Mi Band versi sebelumnya yang memiliki layar seukuran 0,42 inch. Meski berukuran lebih besar, Mi Band 3 tetap terhitung ringkas untuk ukuran smartband. Ukuran layar yang lebih besar ini lantaran Mi Band 3 tak hanya dioperasikan melalui tombol touch key saja, melainkan dilengkapi pula dengan layar sentuh atau touchscreen. 

Cara pengoperasian dengan touchscreen menjadi perbedaan yang cukup signifikan mengingat Mi Band versi sebelumnya sekadar memiliki touch key saja. Keberadaan layar touch screen memungkinkan Anda melakukan swipe untuk memilih menu-menu yang tersedia. Swipe secara vertikal untuk melihat pilihan menu, dan horizontal untuk melihat sub menu. Tidak perlu khawatir sidik jari Anda akan berbekas atau menempel. Layar Mi Band 3 sudah dilapisi dengan coating anti-fingerprint.

Ukuran serta resolusi layar yang lebih besar ini turut mendukung fitur-fitur pelengkap yang diusung oleh Mi Band 3. Tidak sekadar digunakan sebagai sport tracker, Mi Band 3 dapat pula digunakan untuk menerima notifikasi apabila ada panggilan maupun pesan masuk. Untuk memanfaatkan fitur ini, Anda harus melakukan pairing dengan ponsel yang Anda miliki dan melalui aplikasi MiFit. Baik Android dan iOS keduanya mendukung aplikasi tersebut.

Teknologi Near Field Communication

Secara umum, Near Field Communication (NFC) adalah teknologi yang memungkinkan kita berbagi file, baik berupa dokumen, audio, gambar, dan sebagainya. Dengan demikian, Anda bisa saja menjawab panggilan telepon maupun membaca pesan yang berasal dari ponsel Anda.

Teknologi ini bahkan dapat pula digunakan untuk mobile payment atau pembayaran non tunai dengan ponsel. Sayangnya, sejauh ini fasilitas mobile payment dengan Mi Band 3 baru bisa dilakukan melalui Mi Pay. Dengan kata lain, fasilitas ini baru dapat digunakan di negara asalnya, yakni China.

Bagi Anda sibuk yang tak bisa lepas dari ponsel, dukungan teknologi NFC memungkinkan Anda segera menjawab panggilan telepon ketika tengah fitness atau berolahraga. Dengan earphone terpasang di telinga, Anda bisa dengan mudah melakukan panggilan telepon sambil tetap aktif bergerak. Sokongan konektivitas berupa bluetooth 4.3 pun mampu memaksimalkan performa Mi Band 3.

Smartband Mi Band 3 hadir dalam dua pilihan, yakni versi NFC dan non-NFC. Jadi, apabila Anda merasa tidak memerlukan teknologi NFC, Anda bebas untuk membeli versi non-NFC.

Baca juga: 10 Rekomendasi Earphone Bluetooth Terbaik (2018)

Bebas Atur Fitur Pilihan

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, teknologi NFC memungkinkan pengguna untuk menjawab maupun menerima panggilan secara langsung melalui smartband. Namun demikian, pada Mi Band 3 Anda memiliki kebebasan untuk menentukan menu-menu yang relevan. Menu yang ditampilkan pada smartband Mi Band 3 dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda melalui aplikasi MiFit.

Apabila Anda sekadar ingin menggunakan fitur-fitur smartband standar seperti pengukur detak jantung, penghitung jumlah langkah, dan kualitas tidur, silakan saja. Anda bisa mengatur semua fitur yang ada. Dengan meminimalisir penggunaan fitur tentu membuat penggunaan daya menjadi lebih hemat.

Hemat Daya

image credit: daily.oktagon.co.id

Baterai yang digunakan pada smartband Mi Band 3 memiliki kapasitas lebih besar dari versi terdahulu. Jika Mi Band 2 menggunakan baterai dengan kapasitas 70 mAh, kapasitas baterai Mi Band 3 adalah sebesar 110mAh. Dengan kapasitas tersebut, Mi Band 3 dapat digunakan dalam jangka waktu 20 hari dalam satu kali pengisian daya. Anda tidak perlu repot melakukan pengisian daya terlalu sering, terlebih jika kegiatan olahraga tidak Anda lakukan setiap hari.

Harga Terjangkau

image credit: daily.oktagon.co.id

Xiaomi dikenal sebagai brand yang memproduksi beragam gadget dengan harga relatif terjangkau. Demikian halnya dengan harga smartband Mi Band 3. Di China, Mi Band 3 versi NFC dijual dengan harga sekitar RP 350 ribuan. Sementara untuk versi non-NFC seharga Rp 300 ribuan.

Bisa Dikenakan Saat Berenang

Kabar baik bagi Anda yang gemar berenang atau menyukai olahraga yang berkaitan dengan air. Tidak seperti smartband lain yang harus senantiasa dijauhkan dari air, Mi Band 3 justru tahan air dan dapat digunakan hingga kedalaman 50 meter. Jadi, Anda dapat juga mengenakan smartband Mi Band 3 ketika menyelam, snorkeling ataupun berenang. Hal ini karena Mi Band 3 didesain sedemikian rupa dengan teknologi water resistant 5 ATM. Strap atau tali yang terbuat dari elastomer termoplastik juga cenderung nyaman dikenakan. Dengan pengait yang kuat, Anda tidak perlu khawatir Mi Band 3 terlepas ketika tengah dikenakan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Kamera Underwater Terbaik untuk Liburan Musim Panas

Itulah beberapa informasi mengenai Mi Band 3, salah satu gadget yang sesuai bagi Anda yang gemar melakukan olah raga. Fitur-fitur pada smartband memang sangat memudahkan Anda yang ingin tahu sejauh mana progress Anda saat melakukan olahraga favorit. Apabila tertarik dengan Mi Band 3 atau produk-produk Xiaomi lainnya, anda dapat berkunjung ke GoToMalls.com untuk tahu lokasi official store Xiaomi. Dapatkan juga informasi menarik perihal berbagai diskon, event, serta promo lainnya hanya di GoToMalls!

Leave a Reply