8 Ide Kreatif DIY Dekorasi Rumah, Contek di Sini!

Mendekorasi rumah tidak selalu membutuhkan biaya yang mahal. Anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang disulap menjadi ornamen-ornamen menarik yang bisa mempercantik rumah. Terlebih jika Anda memiliki waktu luang yang cukup banyak seperti di akhir pekan. Anda bisa mencoba untuk membuat kerajinan tangan atau do it yourself (DIY) dekorasi rumah. Aktivitas ini pasti akan membuat waktu luang Anda menjadi sangat menyenangkan. Tidak perlu bingung, kamu bisa meniru ide kreatif DIY dekorasi rumah berikut ini:

Baca juga: 10 Ide DIY Photo Booth Bisa Irit Budget dan Bikin Hari Pentingmu Makin Berkesan

1. Lentera Kubus

Image credit: www.rumahku.com

Pada umumnya, cahaya memang dianggap salah satu hal yang menarik untuk menghias rumah. Kamu bisa memanfaatkan cahaya lilin untuk memberikan kesan yang lebih tenang di salah satu sudut rumah kamu. Nah, supaya lebih menarik, lentera kubus inilah yang sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai tempat lilinnya. Kamu harus coba ya!

Alat dan bahan:

  • Potongan kayu atau dowel persegi yang bisa didapatkan di toko craft
  • Ring yang bisa dibeli di toko craft atau bisa menggunakan ring baut
  • Cat semprot
  • Lem superglue
  • Lilin
  • Pensil
  • Penggaris
  • Gergaji

Setelah alat dan bahan sudah siap, kamu bisa mulai membuatnya. Caranya mudah. Pertama, ukurlah potongan kayu atau dowel sekitar 10 cm lalu tandai dengan pensil. Kemudian potong menggunakan gergaji dan pastikan setiap potongan kayu sama panjang, ya. Potongan kayu yang diperlukan untuk membuat satu buah lentera sebanyak 13 potong sama panjang.

Selanjutnya, kamu bisa merangkai lentera dimulai dari bagian bawah hingga bagian atas. Untuk bagian bawah, tambahkan potongan kayu yang diletakkan di tengah sebagai tempat lilin. Setelah semua potongan terangkai, kamu bisa menempelkannya menggunakan lem. Tunggulah beberapa saat hingga lem mengering. Kemudian ring direkatkan di tengah-tengah rangkaian lentera bagian bawah. Sempurnakan dengan mengaplikasikan cat semprot dan tunggu hingga mengering dengan sempurna. Yang terakhir, letakkan lilin di atas ring dan siap dinyalakan. Dan lentera lilin yang cantik siap untuk memberikan kesan berbeda pada dekorasi rumah kamu.

2. Vas Bunga dari Kaleng Bekas

Image credit: IG @diy.id

Kamu punya kaleng bekas yang tidak terpakai? Kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat flower vase yang cantik, lho. Selain untuk mengisi waktu luang, membuat flower vase ini akan semakin melatih kreativitasmu. Flower vase ini bisa kamu gunakan untuk mempercantik dekorasi rumah.

Alat dan bahan:

  • Kaleng bekas (kaleng susu, kaleng parfum, dll)
  • Tali rami
  • Karung goni
  • Renda atau pita
  • Bunga plastik atau hiasan lain
  • Lem
  • Gunting

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan kaleng yang akan digunakan. Setelah kaleng bersih, lilitkan tali rami ke kaleng tersebut menggunakan lem supaya merekat lebih kuat. Tempelkan renda pada bagian tengah dan atas kaleng, ya. Selanjutnya, potong karung goni berbentuk persegi untuk ditempelkan di atas renda bagian tengah. Supaya terlihat lebih unik, tempelkan potongan karung goni tersebut berbentuk bujur sangkar. Selanjutnya untuk mempercantik tampilan kalengmu, tempelkan bunga plastik sebagai hiasan. Dan flower vase dari kaleng bekas siap kamu gunakan. Mudah bukan?

3. Kotak Penyimpanan dari Kardus Bekas

Image credit: www.sementigaroda.com

Dekorasi rumah kamu itu-itu saja yang membuatmu merasa bosan? Jangan khawatir, untuk mengatasi kebosanan tersebut kamu bisa membuat kerajinan tangan atau DIY yang mudah dan murah. Jika di rumah kamu terdapat banyak kardus bekas yang berserakan, jangan langsung dibuang. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menciptakan storage yang cantik.

Alat dan bahan:

  • Kardus bekas
  • Kain
  • Tali (bisa tali goni, tali tambang, tali rami, atau tali lainnya)
  • Lem
  • Gunting

Cara membuat storage dari kardus bekas ini sangat mudah. Sembari mengisi waktu luang, kamu bisa langsung membuatnya. Langkah pertama, lilitkan tali dengan rapi mengelilingi sisi-sisi kardus. Setelah itu, sepotong kain yang sudah kamu siapkan digunakan untuk melapisi kardus bagian dalam. Rekatkan dengan lem agar tidak mudah lepas, ya! Dan lihat hasilnya! Hanya dengan langkah mudah, storage cantik dari kardus bekas siap kamu jadikan sebagai tempat penyimpanan yang unik. Selamat mencoba!

Baca juga: Yuk Bikin Kreasi 3 DIY Tissue Holder Anti-Mainstream Ini di Rumah!

4. Jam Gantung dari Kaleng Bekas

Image credit: www.v-sanctuary.com

Jam dinding merupakah salah satu benda yang cukup penting. Tetapi ternyata jam dinding sering diabaikan keberadaannya. Untuk mengatasi persoalan tersebut, kini saatnya kamu menciptakan jam dinding yang unik. Selain dapat mempercantik rumah, jam dinding yang unik akan menarik untuk selalu dilihat. Kamu bisa menyiapkan alat dan bahan untuk mulai membuatnya.

Alat dan bahan:

  • Siku besi
  • Kaleng bekas biskuit berbentuk bundar
  • Mesin jam
  • Rantai yang bisa dibeli di toko alat-alat jahit
  • Handle jendela beli di toko bangunan
  • Pylox
  • Vernis
  • Lem
  • Tissue decopage
  • Alat untuk melubangi kaleng

Pertama-tama, kamu harus membuat lubang pada kaleng bekas biskuit. Lubang yang dibuat harus tepat di bagian tengah, untuk meletakkan mesin jam. Buatlah lubang satu lagi di bagian atas untuk menempatkan handle jendela. Setelah kaleng terlubangi, kamu bisa menggunakan pylox untuk mewarnai kaleng tersebut. Tunggu beberapa saat hingga kering dengan sempurna. Selanjutnya tempelkan tissue decopage pada kaleng, lalu vernis. Pasangkan handle pintu dan mesin jam pada tempatnya. Kemudian kamu bisa merangkai rantai pada handle pintu yang digunakan sebagai penyangkut kaleng jam. Hanging clock dari kaleng bekas pun siap untuk mempercantik dekorasi rumah kamu.

5. Cangkir Terbang yang Menarik

Image credit: www.pojokseni.com

Kamu pernah lihat cangkir atau gelas terbang? Bagi kamu yang penasaran, kamu bisa membuatnya sendiri. Selain dapat mengatasi rasa penasaranmu, cangkir terbang yang cantik dapat kamu jadikan sebagai salah satu ornamen untuk dekorasi rumah yang menarik.

Alat dan bahan:

  • Cangkir
  • Piring kecil untuk tatakan
  • Kawat besi ukuran sedang yang mudah dibentuk
  • Lem tembak
  • Kertas karton
  • Tang
  • Bunga plastik untuk hiasan

Setelah alat dan bahan siap, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memotong kawat sepanjang 20 – 25 cm menggunakan tang. Kemudian bentuklah potongan kawat tersebut melingkar di masing-masing ujungnya. Tempelkan ujung kawat yang berbentuk melingkar pada kertas karton, lalu tempelkan pada piring kecil menggunakan lem tembak. Jika sudah menempel pada piring, selanjutnya aturlah posisi cangkir sesuai dengan keinginan. Langkah selanjutnya, tempelkan kertas di sepanjang kawat antara piring dan cangkir. Hal ini bertujuan untuk memberikan space agar lebih mudah untuk menempelkan hiasan bunga dari dalam cangkir hingga ke tatakan piring. Pasti hasilnya sangat cantik. Langsung coba, ya!

6. Dinding Warna-warni

Image credit: www.shutterfly.com

Bagi kamu yang bosan dengan nuansa dinding di ruangan kamar, kamu wajib coba ide kreatif yang satu ini. kamu hanya perlu menyiapkan selotip kertas dengan berbagai warna yang kamu sukai. Langsung saja tempelkan selotip tersebut satu per satu pada salah satu sisi dinding di ruangan kamar. Jangan lupa untuk memberikan jeda pada setiap warna selotip yang kamu tempel, ya. Dan lihatlah hasilnya, ruang kamarmu akan terkesan berbeda dan lebih fresh.

7. Rak Segi Enam

Image credit: www.shutterfly.com

Kamu senang makan ice cream? Ternyata, stick es krim yang biasanya langsung dibuang, bisa digunakan untuk membuat kerajinan, lho! Mulai sekarang, setiap membeli es krim, kumpulkan stick-nya ya. Kamu bisa membuat sebuah hexagone shelf yang menarik hanya dengan menggunakan stick es krim bekas. Namun, jika kamu kesulitan untuk mengumpulkan stick nya, tenang saja. Kamu bisa mendapatkan potongan kayu atau dowel di toko craft terdekat.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menyusunnya membentuk pola hexagone dan rekatkan menggunakan lem. Setelah tersusun rapi, lalu warnai menggunakan cat kayu atau pylox. Hexagone shelf tersebut bisa kamu tempelkan pada dinding sebagai tempat tanaman hias seperti kaktus, atau lainnya. Dijamin, dinding kamu akan terlihat semakin menarik.

8. Lukisan Abstrak

Image credit: www.shutterfly.com

Punya alat-alat melukis tetapi tidak pernah digunakan karena bingung akan melukis apa? Nah, kamu bisa mencoba membuat lukisan abstrak berikut ini. Meskipun terkesan sepele dan sederhana, ternyata lukisan abstrak pada kanvas bisa menjadi salah satu icon yang sangat unik dan menarik. Tidak percaya? Coba deh buatlah coretan-coretan abstrak di kanvasmu. Padukan warna-warna soft dengan pilihan warna-warna cerah untuk memberikan kesan yang lebih ceria. Lukisan abstrak yang unik ini sangat cocok kamu jadikan sebagai pajangan di ruang tamu atau ruang keluarga. Langsung dicoba ya!

Baca juga: Be Creative, Yuk, dengan 6 Ide DIY Mason Jars untuk Dekorasi Ruanganmu!

Dengan membuat kerajinan tangan seperti beberapa contoh di atas, kamu dapat menikmati setiap prosesnya. Selain menyenangkan, aktivitas tersebut juga akan menghasilkan kepuasan tersendiri. Apalagi jika kamu sukses membuatnya dan membuat dekorasi rumah menjadi lebih menarik dan berbeda. Tunggu apalagi? Kamu harus mencobanya, ya. Kamu bisa membeli berbagai perlengkapan yang kamu butuhkan di Artland, Hobby Craft, Gramedia, atau lainnya. Jangan lupa untuk cek GoToMalls.com untuk mendapatkan info seputar promo, diskon, hingga event terbaru. GoToMalls, solusi berbelanja mudah masa kini.

Leave a Reply