4 Rekomendasi Controller Nintendo Switch, Gamers Wajib Tahu!

merupakan konsol gaming terbaru yang berbentuk seperti tablet Android atau iPad. Memainkan Nintendo Switch ini akan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan mungkin saja bisa sampai membuatmu lupa waktu, lho! Nintendo Switch ini sangat ergonomis sesuai dengan namanya “Switch” yang artinya beralih atau berganti. Kelebihan utama dari perangkat ini adalah kemampuannya untuk dapat digunakan secara portable (bisa dibawa ke mana-mana). Namun juga bisa digunakan dengan nyaman jika disambungkan dengan televisi atau layar lebar. Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang Nintendo Switch ini, langsung saja simak uraian berikut.

Baca juga: 13 Game Terseram untuk Dimainkan di Malam Halloween

Spesifikasi Nintendo Switch 

Image credit: www.pocketgamer.co.uk

Nintendo Switch memiliki layar touchscreen 6.2 inchi dan resolusi 1280×720 pixels. Ukuran ini sama seperti Nintendo Wii U, hanya saja resolusinya lebih baik dari sebelumnya yang hanya 854 x 480 pixels. Jika kamu menggunakan perangkat ini di docking lalu disambungkan ke televisi, resolusinya akan berubah menjadi Full HD (1080p).

Menurut pihak Nintendo, Nintendo Switch ini bisa dimainkan antara 2,5 – 6,5 jam tergantung game yang dimainkan. Semakin berat game-nya maka semakin cepat habis baterainya. Perangkat ini menggunakan port charger jenis USB type C. Asyiknya, kamu tetap bisa memainkan game ini saat mengisi baterai tanpa khawatir akan rusak.

CPU dan GPU-nya menggunakan Chipset Nvidia Tegra X1 yang di modifikasi sesuai kebutuhan Nintendo Switch. Prosesornya dapat berjalan dengan kecepatan 768 MHz saat kondisi docking, lebih cepat 60% jika dibandingkan saat dilepas dari dock-nya yang hanya berjalan di kecepatan 307.2 MHz. Hal ini selain untuk menghemat daya saat dibawa bepergian. Untuk urusan konektivitas, Nintendo Switch dilengkapi dengan Wi-Fi dan juga bisa digunakan untuk bermain dengan 8 perangkat yang berbeda secara bersamaan melalui jaringan Wireless. Menarik bukan?

Joy-Con, sebutan untuk controller pada Nintendo Switch didesain untuk memenuhi fungsi Switch-nya. Hal ini untuk mendukung fungsinya sebagai produk hybrid konsol dan handheld di satu tempat yang sama. Ukurannya sangat pas untuk digenggam dan tanpa kabel sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Joy-Con bisa ditempelkan atau dipasang pada bagian kiri dan kanan Nintendo Switch. Tetapi bisa juga dilepas dan digunakan untuk dua orang pemain. Dengan kata lain, satu perangkat Nintendo Switch dapat dimainkan oleh dua orang dalam 2 player mode. Keunggulan lainnya adalah adanya motion controller atau  sensor gerakan, memiliki fitur HD-Vibration, dan memiliki sensor pendeteksi bentuk dan juga jarak di ujungnya.

Rekomendasi Nintendo Switch Controller Terbaik 

Bagi kamu yang tidak menyukai bentuk dari controller bawaan Nintendo Switch yaitu Joy-Con, GoToMalls telah menyiapkan 4 rekomendasinya khusus untuk kamu.

1. Nintendo Switch Pro Controller

Image credit: www.digitaltrends.com

Controller yang satu ini mempunyai wujud dan fungsi layaknya stik PlayStation atau Xbox. Nintendo Switch Pro Controller yang disediakan langsung oleh Nintendo bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Stik resmi dari Nintendo ini menjadi pilihan terbaik karena telah diakui mempunyai daya tahan yang kuat dan daya baterai yang lebih lama.

2. Hori Joy-Con With D-Pad

Image credit: www.digitaltrends.com

Hori Joy-Con with D-pad memiliki D-pad yang lebih terarah saat digunakan karena desainnya yang lebih mudah dijangkau oleh jari pemain saat bermain game bergenre battle. Sekilas, secara dimensi memang tidak ada perbedaan yang menonjol dengan Joy-Con bawaan dari Nintendo Switch. Tetapi bagi kamu yang ingin mendapatkan fungsi yang lebih, Hori Joy-Con with D-Pad ini menjadi solusi terbaik.

3. Game Cube Controller

Image credit: www.digitaltrends.com

Game Cube Controller diluncurkan hanya untuk mengingatkan kembali para pecinta game Nintendo tentang konsol yang pernah dirilis pada tahun 2001. Walaupun desainnya mirip dengan kontroler konsol Nintendo Game Cube tahun 2001, namun controller ini dilengkapi dengan logo modern berkonsep Nintendo disetiap sisinya. Dengan menggunakan controller ini, maka kamu akan merasakan sensasi bermain game hybrid dengan sentuhan klasik. Pastinya akan lebih seru!

4. NES Controller

Image credit: www.digitaltrends.com

NES Controller merupakan aksesoris Nintendo yang paling diburu saat ini yang telah resmi diluncurkan pada awal bulan September 2018. Mengusung desain retro, controller ini memiliki sambungan lewat bluetooth dengan baterai yang dapat diisi ulang. Namun, saat menggunakan controller ini kamu tidak dapat menggunakannya dalam handheld mode.

Baca juga: 13 Game Remake Terbaru 2018 yang Layak Kamu Mainkan

Aksesoris pendukung Nintendo Switch 

Image credit: www.sfbags.com

Power bank

Sama seperti smartphone, Nintendo Switch juga membutuhkan power bank apalagi jika kamu sering membawanya saat bepergian. Meskipun baterainya cukup awet, tapi jika kamu memainkan game secara terus menerus, pasti baterainya akan cepat habis. Kamu membutuhkan power bank bertenaga besar supaya kamu tidak perlu kerepotan mencari terminal listrik di tempat umum. Power bank ini akan sangat berguna untuk perjalanan jauh, misalnya dalam perjalanan kereta jarak jauh.

AC Adaptor

Kamu akan membutuhkan AC Adaptor lebih dari satu untuk menunjang Nintendo Switch. Nintendo Switch mempunyai dock yang sama-sama harus diisi baterainya. Oleh karena itu, mempunyai AC Adaptor lebih dari satu merupakan keputusan yang bijak. Dengan begitu, saat mengisi baterai dock, kamu juga bisa mengisi baterai Nentindo Switch sekaligus.

Pelindung layar / Screen Protector

Sama halnya dengan layar smartphone, layar Nintendo Switch kamu juga bisa tergores. Bahkan, layar Nentindo Switch masih bisa tergores meskipun sudah dimasukkan ke dalam tas pelindung. Apalagi layar Nentindo Switch ini tidak dibuat dari bahan yang kuat seperti Gorilla Glass.

MicroSD

Untuk media penyimpanan, kapasitas yang tersedia di Nintendo Switch memang cukup terbatas yaitu 32GB. Untungnya Nintendo menyediakan pilihan slot untuk microSD yang mendukung kapasitas sebesar 2TB. Oleh karena itu, microSD berkapasitas di atas 32GB merupakan pilihan tepat untuk kamu. Pastikan microSD yang kamu pilih minimal sudah class 10.

Baca juga: 14 Game Offline Terbaik Menurut Rating Buat Android & iOS (2018)

Itulah beberapa informasi tentang Nintendo Switch yang penting untuk gamers ketahui. Untuk membeli aksesoris pendukung atau elektronik lainnya, segera kunjungi Electronic City. Ada berbagai promo diskon menarik lho! Seperti All Products Save Rp. 500,000 at Electronic City, Discount 10% at Electronic City, Thursday Special Promo from Electronic City, dan masih banyak lainnya. Untuk mendapatkan info terbaru seputar promo, diskon, hingga event di mall seluruh Indonesia cek terus di GoToMalls.com.

Leave a Reply