5 Cara Asyik Mix and Match Jas dengan Sneakers

Dianing Shiamita

, Fashion

Setelan jas identik dengan tampilan formal dan rapi bagi pria untuk menghadiri pesta atau sebagai outfit ke kantor. Alas kaki yang biasanya dipakai pun berupa sepatu pantofel. Lalu, apa jadinya kalau jas dipadukan dengan sneakers? Mungkin perpaduan keduanya kedengaran aneh karena belum banyak dipakai. Namun siapa sangka kalau hasilnya bisa sangat matching. FYI, sebenarnya perpaduan item formal dan kasual ini sudah pernah diperlihatkan dalam koleksi runway ‘haute sneaker’ pada 2015 lalu. Jadi, bagi kamu yang ingin tampil formal tapi tetap mengikuti tren, tak ada salahnya untuk mencoba padu padan jas dengan sneakers ini. Berikut sedikit cara asyik bisa kamu terapkan:

Baca juga: 7 Tips Memilih Sepatu Sneakers Kekinian

Sesuaikan Warnanya

image credit: Pinterest

Cara pertama yang bisa kamu terapkan adalah menyesuaikan warna sepatu dengan kemeja atau dalaman pada jasmu agar tampilanmu terlihat lebih berkelas. Misalnya saja kamu memakai kemeja berwarna abu-abu, maka kamu bisa memakai sneakers berwarna sama. Selain menyesuaikan dengan dalaman, kamu juga bisa menyesuaikannya dengan dasi yang kamu kenakan.

Seperti pada contoh di atas, pria tersebut memakai T-shirt berwarna abu-abu di balik jas berwarna navy. Kemudian ia memadukannya dengan high-top sneakers berwarna senada. Perpaduan dari warna jas, T-shirt, dan sepatu yang ia kenakan menghasilkan tampilan yang sangat elegan tapi tetap kasual.

Pilih Sneakers dengan Desain Simpel

image credit: Pinterest

Tetaplah ingat bahwa pemakaian jas diperlukan untuk tampilan yang formal. Untuk itu kamu harus memilih sneakers dengan desain yang simpel atau polos saja, jangan yang bergambar atau berwarna-warni. Desain sepatu yang terlalu berlebihan malah bisa membuat penampilanmu jadi kelihatan norak.

Sebagai contoh mix and match jas yang bisa kamu lihat pada gambar di atas. Pemilihan sneakers polos berwarna putih membuat tampilan semi formal pada pria tersebut. Warna putih pada sneakers juga terlihat matching dengan kemeja putih yang dipakainya. Makin simpel dan minimalis outfit-mu, maka penampilanmu pun semakin kelihatan klasik dan keren.

Pakai Sneakers yang Berkualitas

image credit: Pinterest

Kamu pasti sudah tahu kan kalau setelan jas itu identik dengan kesan elegan dan berkelas? Untuk itu kamu juga perlu memadukannya dengan sepatu yang terbaik. Sekarang ini sudah banyak sneakers yang dibuat dengan kualitas tinggi, terutama dari segi material.

Brand-brand ternama seperti Nike, Adidas, Puma, Vans, dan lainnya bisa jadi alternatif sneakers terbaik yang bisa kamu pilih. Memang harganya relatif mahal, tapi demi penampilan oke tak jadi masalah, bukan? Brand-brand tersebut juga menawarkan koleksi dengan desain yang kelihatan berkelas dan fashionable. Dengan memakainya, penampilanmu pun akan langsung meningkat.

Baca juga: 3 Inspirasi Gaya dan Pilihan Sepatu Pria untuk Melengkapi Batik

Pilih Sneakers Berwarna Aman

image credit: Pinterest

Cara padu padan jas berikutnya adalah dengan memilih sneakers dengan warna yang aman. Maksudnya adalah warna-warna yang cenderung netral, seperti hitam, putih, abu-abu, dan beige. Warna-warna tersebut memudahkanmu untuk memadukannya dengan warna pada jasmu. Kalau kamu memilih warna yang terang atau mencolok bisa membuat penampilanmu jadi berlebihan.

Gambar di atas bisa jadi referensimu dalam memadukan jas dengan sneakers. Warna hitam pada sneakers yang dipakai pria tersebut adalah pilihan yang sangat tepat. Ia pun jadi bisa dengan mudah memakai setelan jas warna apa saja. Apalagi ia juga memilih dasi berwarna hitam, jadi terlihat sangat matching dengan sneakers yang dipilihnya.

Perhatikan Panjang Celana

image credit: Pinterest

Last but not least, pastikan celanamu tidak menutupi sneakers yang kamu pakai. Perhatikan panjang celana pada setelan jasmu, jangan sampai melebihi mata kaki. Kalau celana yang kamu miliki terlalu panjang, kamu boleh saja melipatnya sedikit. Intinya adalah pamerkan sneakersmu untuk membuat tampilanmu makin keren!

Lihat saja contoh gambar di atas. Panjang celana yang berlebih bisa disiasati dengan melipatnya sedikit, sehingga sneakers yang dipakainya tampak sangat jelas. Lalu untuk kaos kaki, kamu juga sebaiknya memilih yang tipe hidden socks supaya tidak melebihi sneakers-mu. Kaos kaki yang tampak bisa mengurangi penampilanmu.

Baca juga: 4 Arti Sepatu Bagi Pria, Kamu yang Mana?

Itulah cara-cara untuk padu padan jas dengan sneakers yang tepat. Langsung praktekkan untuk menghadiri acara formal dan biarkan para wanita terpesona melihatmu. Untuk mendukung tampilan kerenmu, GoToMalls.com mempunyai banyak informasi promo dan diskon fashion pria dari merchant-merchant yang ada di mall seluruh Indonesia. Infonya bisa langsung kamu lihat melalui link ini.

Leave a Reply