14 Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa obat hanya akan memunculkan efek terapi jika dikonsumsi dalam jumlah tepat. Begitu juga dengan kopi hitam. Meski banyak orang yang meragukan manfaat kopi selain membuat tahan begadang, faktanya kopi ini membawa begitu banyak manfaat. Telah banyak pula penelitian yang membuktikan dampak positif kopi bagi tubuh. Dalam ulasan ini, GoToMalls akan memberikan informasi kepada Anda beberapa di antaranya. Mulai dari memperbaiki ketajaman memori hingga mengurangi risiko diabetes, berikut 14 manfaat kopi hitam bagi tubuh.

Baca juga: Sejuta Manfaat Apple Cider dalam 1 Botol

Mempertajam Memori

Image credit: pexels.com

Penuaan secara normal berkaitan dengan menurunnya kemampuan kognitif dan meningkatnya risiko demensia dan penyakit Parkinson serta Alzheimer. Kopi hitam dapat memperlambat proses ini dengan meningkatkan fungsi otak. Kopi ini bekerja dengan menjaga saraf tetap aktif sehingga meningkatkan kekuatan memori dan menurunkan risiko demensia. Penelitian membuktikan bahwa konsumsi rutin kopi hitam mengurangi risiko Alzheimer dan Parkinson hingga 60%.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Image credit: pexels.com

Buat Anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan, cobalah merutinkan meminum kopi hitam. Syaratnya, minuman ini diminum 30 menit sebelum ke gym. Menurut penelitian, kopi dapat meningkatkan metabolisme hingga 50% dan membakar lemak di perut. Selain itu, sistem saraf juga terstimulasi untuk membantu sel-sel lemak terurai menjadi energi.

Membuat Bahagia

Image credit: pexels.com

Tidak hanya bermanfaat langsung bagi tubuh, Anda juga akan lebih bahagia dengan meminum kopi hitam. Minuman ini diketahui dapat memperbaiki mood sehingga hari terasa lebih cerah dan menimbulkan perasaan senang.

Baca juga: 7 Tips Sehat Tubuh Tetap Fit di Musim Panas yang Gerah

Meningkatkan Performa Saat Workout

Image credit: pexels.com

Ini dia salah satu manfaat terbesar dari kopi hitam. Minuman ini dapat meningkatkan performa fisik dan membuat Anda lebih mudah mengeluarkan effort 100% saat latihan fisik. Itulah mengapa pelatih gym seringkali meminta Anda minum kopi hitam sebelum datang untuk nge-gym. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan hormon epinefrin (adrenalin) dalam darah sehingga tubuh lebih siap dengan aktivitas fisik. Selain itu, zat dalam kopi ini juga dapat memecah lemak tubuh menjadi asam lemak bebas dalam darah yang dapat digunakan sebagai bahan bakar energi.

Melancarkan Sistem Kardiovaskuler

Image credit: pexels.com

Kopi diketahui dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara, namun efek ini akan berkurang seiring berjalannya waktu. Meminum satu hingga dua gelas kopi hitam setiap hari ternyata dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler termasuk stroke.

Sumber Antioksidan

Image credit: pexels.com

Kopi hitam diketahui mengandung banyak zat antioksidan. Mulai dari Vitamin B2, B3, B5, mangan, kalium, dan magnesium. Kesemuanya memberikan banyak efek baik bagi tubuh.

Melindungi dari Penyakit Gout

 Image credit: pexels.com

Pada tahun 2007 dilakukan penelitian tentang kaitan konsumsi kopi dengan risiko penyakit gout pada 46.000 pria. Hasilnya, subjek yang meminum lebih dari empat gelas kopi hitam memiliki risiko terhadap penyakit gout 40% lebih rendah daripada yang tidak. Zat-zat antioksidan dalam kopi mengurangi risiko terhadap penyakit gout dengan menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Meskipun begitu, hindari meminum kopi jika Anda memiliki riwayat penyakit gout. Kafein di dalamnya justru dapat memperparah penyakit gout, terutama jika penderitanya tidak konsisten dalam meminum kopi. Begitu juga bagi orang yang secara tiba-tiba meningkatkan konsumsi minuman berkafein.

Manfaat bagi Hati

 Image credit: pexels.com

Hati termasuk organ tubuh yang paling vital. Banyak fungsi penting yang dijalankan oleh organ yang satu ini. Kopi hitam diketahui dapat mencegah banyak penyakit yang berhubungan dengan hati mulai dari kanker hati, hepatitis, penyakit lemak hati, dan sirosis alkohol. Orang yang meminum empat gelas kopi atau lebih setiap hari memiliki risiko penyakit hati 80% lebih rendah.

Mengurangi Risiko Kanker

Image credit: pexels.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kopi hitam dapat membantu mencegah kanker hati. Akan tetapi, tahukah Anda jika bukan hanya kanker hati saja yang bisa dicegah dengan minuman ini? Faktanya, kopi hitam dapat mencegah banyak jenis kanker mulai dari kanker payudara, kanker usus, dan kanker rektal.

Meningkatkan Kecerdasan

Image credit: pexels.com

Selain mempertajam memori, ternyata kopi hitam juga mengandung stimulan psikoaktif pada tubuh. Stimulan ini dapat meningkatkan energi dan fungsi kognitif dan otomatis meningkatkan kecerdasan.

Mengurangi Stress dan Depresi

Image credit: pexels.com

Terlalu banyak tekanan dapat mengantarkan pada depresi bahkan stres. Efeknya sangat serius hingga berhubungan pada kesehatan tubuh secara umum. Hindari hal ini dengan meminum segelas kopi hitam setiap Anda merasa tegang. Kopi menstimulasi sistem saraf pusat dan meningatkan produksi dopamin, serotonin, dan noradrenalin. Ketiganya adalah neurotransmitter penting yang dapat memperbaiki mood.

Menunda Penuaan

Image credit: pexels.com

Bertambah tua memang sebuah keniscayaan, namun bukan berarti Anda tidak bisa menunda munculnya tanda-tanda penuaan. Kopi hitam tanpa gula dapat membuat pikiran dan tubuh awet muda. Selain itu, minuman ini juga dapat mencegah penyakit Parkison dengan meningkatkan jumlah dopamin dalam tubuh.

Membilas Perut

Image credit: pexels.com

Anda mungkin jarang merasakannya, namun kopi sejatinya merupakan minuman diuretik yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Ketika Anda meminum kopi hitam tanpa gula, toksin dan bakteri dalam perut akan terbilas dan keluar dalam wujud air seni. Hal ini tentu baik bagi sistem pencernaan Anda.

Menurunkan Risiko Diabetes

Image credit: pexels.com

Selain menurunkan risiko penyakit kanker, meminum kopi hitam tiap hari juga dapat menurunkan risiko terkena diabetes. Anda tentu tahu bahwa penyakit ini dapat mengakibatkan kerusakan organ dan penyakit jantung di usia tua. Hindari hal ini dengan meminum tiga gelas kopi atau lebih tiap hari. Dengan begitu, produksi hormon insulin akan meningkat dan diabetes dapat dicegah. Hanya saja, hal ini akan percuma jika Anda tidak mengimbanginya dengan olahraga dan pola makan yang sehat.

***

Itu dia 14 manfaat kopi hitam bagi tubuh yang mungkin tidak Anda ketahui. Kini, jangan ragu-ragu untuk merutinkan minum kopi setiap harinya. Tiga sampai empat gelas kopi hitam cukup untuk meningkatkan performa dan menjaga tubuh tetap sehat dalam jangka waktu panjang. Temukan racikan kopi hitam terbaik di kafe terdekat di kota Anda! Jangan lupa cek GoToMalls.com terlebih dahulu sebelum ngopi di kafe, siapa tahu Anda menemukan promo dari kafe yang bisa Anda gunakan untuk berhemat!

Leave a Reply