7 Ide Kreatif Dekorasi Halloween di Area Indoor

Siapa yang sudah tidak sabar menyambut Halloween? Perayaan tahunan yang diadakan setiap tanggal 31 Oktober ini memang menarik untuk di nantikan. Mulai dari dekorasi rumah hingga menggelar pesta. Seperti yang diketahui, Halloween selalu dikaitkan dengan hal-hal yang menyeramkan. Untuk menyambutnya, banyak orang yang menunjukan kreativitasnya dengan membuat dekorasi Halloween dengan menarik. Halloween yang awalnya hanya dirayakan di Skotlandia dan Irlandia kini nyaris menjadi hari yang dirayakan di seluruh dunia.

Kini, perayaan Halloween sudah menjadi perayaan yang tidak hanya seram, tetapi justru asyik dan menyenangkan. Kamu juga merayakannya? Jangan lupa untuk mendekorasi rumah semeriah mungkin. Selain itu, dekorasi Halloween ini juga bisa kamu adaptasi untuk tema pesta atau perayaan lain di rumah kamu kok. Sehingga dapat memberikan kesan baru dan lebih fresh. Yuk intip, 7 ide kreatif dekorasi Halloween ala indoor yang stylish berikut ini:

Baca juga : Inspirasi Halloween Untuk Dekorasi Rumah Kamu

Membuat ruangan terkesan berantakan

Image credit : www.realcalgaryhomes.com

Untuk menciptakan suasana yang menyeramkan, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat ruangan di dalam rumah lebih berantakan. Misalnya, kamu bisa meletakkan ulang furnitur-furnitur yang tidak pada tempatnya dan cenderung tidak beraturan. Agar lebih maksimal, coba tambahkan beberapa daun-daun kering atau jerami di lantai. Dijamin, dekorasi Halloween di ruangan rumah kamu pasti akan terasa nuansa seramnya.  Jangan lupa, kamu juga perlu menghias jendela untuk menambah kesan angker dan terbengkalai. Seperti halnya adanya penampakan jaring laba-laba dan kelelawar, jendela beserta tirainya akan yang menjadi nilai plus dalam dekorasi Halloween di rumah kamu.

Menyiapkan backdrop horror

Image credit : www.furnizing.com

Untuk membuat dekorasi Halloween, hal lain yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan backdrop horor. Karena tidak akan lengkap Halloween kamu tanpa adanya sebuah backdrop yang horor bertemakan Halloween. Untuk mendapatkan backdrop horor ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Yang pertama adalah konsep backdrop-nya harus jelas. Meskipun konsep utama yang harus diusung sebaiknya adalah seram atau horor, tapi kamu boleh saja menyisipkan sub-tema lain misalnya horor komedi, horor romantik atau model horor lain yang cukup menarik. Konsep Halloween tidak harus dengan warna hitam, orange, merah dan hijau. Kamu tetap dapat memilih dan menggunakan warna lain favoritmu.

Selanjutnya, menggunakan tokoh fantasi yang sangat menarik. Kamu bisa menyisipkan tokoh fantasi apapun yang kamu sukai asalkan berkaitan dengan tema dan bisa serasi dengan sub-tema yang telah kamu tentukan sebelumnya ya. Tidak harus tokoh drakula dengan baju warna hitam putih, kamu juga  bisa memilih warna lain seperti merah dan hijau. Yang terakhir, jangan lupa tentukan ukuran backdrop yang akan kamu gunakan.

Memilih furnitur dan benda – benda yang terlihat using

Image credit : www.yandex.ru

Untuk mendapatkan kesan seram di dalam rumah, biasanya dekorasi Halloween dibuat dengan konsep zaman dulu atau tradisional. Hal ini bukan berarti kamu harus mendatangkan atau membeli barang–barang bernuansa tradisional yang baru ya! Kamu masih bisa menggunakan benda–benda atau furnitur yang sudah kamu miliki. Pilihlah furnitur, karpet, dan semua aspek dalam ruangan yang disesuaikan dengan konsep Halloween. Misalnya, pilih sofa dan karpet yang terlihat usang, tradisional, dan sudah tua. Benda-benda yang terlihat usang ini sangat mampu mendukung dekorasi Halloween di dalam rumah kamu. Tambahkan juga beberapa hiasan dinding gambar tengkorak, botol-botol racun, maupun penyihir.

Baca juga : Seram dan Berbau Mistis: 7 Perayaan Halloween di Berbagai Negara

Menghias rumah dengan manekin dan pohon Halloween

Image credit : www.idea.grid.id

Biasanya manekin digunakan untuk mengenalkan beragam jenis pakaian. Namun, kamu bisa mengubahnya menjadi hiasan untuk dekorasi Halloween di rumah lho. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memisahkan potongan kaki, tangan dan kepala yang ada pada manekin. Kemudian tempatkan potongan-potongan manekin tersebut di tempat terpisah di beberapa sudut ruangan. Pilihlah sudut-sudut ruangan yang kurang mendapat pencahayaan atau terkesan remang-remang.

Selain itu, kamu juga bisa mendekorasi pohon Halloween seperti pohon natal. Bedanya, dalam penggunaan pohon untuk interior rumah ini kamu harus membuatnya lebih seram dengan tambahan ornamen buah labu dan lampu.

Membuat ornament sederhana

Image credit : www.realcalgaryhomes.com

Kamu bisa membuat hantu tanpa kaki yang menyeramkan dengan bahan yang mudah kamu dapatkan. Bahan utamanya terdiri atas 3 benda yaitu benda berbentuk bulat sebagai kepala hantu (bisa dari mangkuk plastik, balon, spons bundar, lampion, atau benda lain yang berbentuk bulat), kain putih sebagai penutup (bisa dari kain tipis, tisu toilet, ataupun perban), dan tali untuk menggantungnya. Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu membalut benda yang berbentuk bulat tersebut dengan penutup warna putih, lalu gantung di langit-langit sudut ruangan.

Selain itu, kamu juga bisa membuat tikus dan kelelawar dari kertas. Caranya pun sangat mudah untuk kamu lakukan. Guntinglah kertas linen warna hitam dengan bentuk tikus atau kelelawar. Untuk kelelawar, bisa dilengkapi dengan dua mata boneka. Setelah itu, tempelkan di dinding, jendela, atau korden. Sedangkan untuk tikus coba tempelkan di tempat-tempat tertentu seperti dinding atas meja, dinding bagian bawah, atau anak tangga. Pasti menarik!

Untuk menyempurnakan dekorasi Halloween di dalam rumah kamu, tambahkan juga jaring laba-laba pada salah satu dinding di dalam ruangan. Untuk membuat jaring laba-laba, sediakan bahan dari tali atau kantong plastik bekas. Bentuklah sesuai dengan pola sarang laba-laba, lalu tempelkan di dinding atau cermin. Akan lebih bagus lagi jika kamu bisa melengkapinya dengan laba-laba karet. Jaring laba-laba ini sangat cocok pada dinding dengan cat berwarna putih.

Membuat kreasi labu

Image credit : www.super-bowl-2017.org

Cara yang sangat umum digunakan oleh kebanyakan orang yaitu mengukir labu untuk hiasan Halloween. Ukiran pada labu ini adalah teknik terkenal untuk menciptakan berbagai wajah labu. Ternyata, membuat ukiran labu tidak boleh sembarangan. Kamu harus melubangi labu dengan benar dan mengukirnya dengan pisau yang sesuai. Labu dengan ukuran yang besar lebih mudah diubah menjadi seringai daripada yang kecil. Namun, gabungkan beberapa kepala labu, jika kamu ingin menciptakan daya tarik yang lebih nyata.

Metode lain dalam membuat kreasi labu adalah dengan cara melukisnya. Ada begitu banyak pilihan yang memungkinkan kamu untuk menggabungkan warna dan motif yang menciptakan karya seni indah. Cobalah untuk melukis labu sebebas imajinasi kamu. Nantinya, labu-labu yang telah kamu kreasikan akan terlihat unik dan menarik sebagai dekorasi Halloween.

Menyiapkan kostum ala Halloween

Image credit : www.trivia.id

Setelah semua hal termasuk dekorasi Halloween telah kamu persiapkan dengan matang, kini saatnya kamu menyiapkan kostum terbaik ala Halloween. Biasanya, kebanyakan orang akan memilih kostum penyihir, zombie, vampir, atau manusia serigala. Tidak hanya berpacu pada kostum-kostum itu saja, kamu bisa memilih kostum dengan tema lain seperti hantu-hantu lokal. Kamu bisa menyiapkan kostum pocong atau genderuwo misalnya. Pasti tampilan kamu akan sangat berbeda.

Baca juga : Stop! Hindari Meniru 5 Karakter Ini untuk Kostum Halloween Kamu!

Meskipun di Indonesia sendiri, tradisi yang satu ini memang tidak seramai seperti perayaan lainnya. Namun, kamu tetap dapat membuat pesta Halloween sendiri bersama keluarga dan para sahabat. Selain penggunaan kostum yang unik, kamu juga dapat mendekorasi ruangan dengan tema Halloween tanpa repot dengan beberapa ide kreatif dekorasi Halloween di atas. Bagi kamu yang tidak sabar ingin segera  untuk memborong perlengkapan dan pernak-pernik untuk dekorasi rumah ala Halloween, cek dulu GoToMalls.com. GoToMalls merupakan aplikasi berbasis website yang menyediakan semua informasi yang ada di mall-mall seluruh Indonesia. Kamu akan mendapatkan info promo dan diskon terbaru di merchant-merchant seperti  Scoop dan Ace Hardware.

Leave a Reply