Sambut Hari Batik Nasional, Intip 5 Cara Asyik Mix and Match Batik

Tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional. Untuk memperingatinya, biasanya masyarakat dari berbagai lapisan dianjurkan untuk memakai kostum batik. Mulai dari pegawai pemerintahan, pegawai BUMN, karyawan swasta, hingga para pelajar akan menggunakan batik terbaiknya. Kamu tidak perlu merasa bingung untuk mempersiapkan batiknya karena GoToMalls telah menyiapkan beberapa cara asyik mix and match batik yang bisa kamu contek dengan mudah. Kira-kira apa saja tips dan triknya? Yuk intip!

Baca juga: Makin Modis dengan 7 Model Baju Batik Kekinian Ini!

Sejarah batik di Indonesia 

Image credit: www.artikel.pricearea.com

Batik pertama kali diperkenalkan oleh Presiden Suharto pada saat menghadiri konferensi PBB. Namun, batik tidak langsung diakui begitu saja sebagai warisan budaya Indonesia oleh dunia. Bahkan batik pernah hampir ditinggal oleh kebanyakan masyarakat pada saat itu, apalagi para generasi muda. Sampai akhirnya batik pernah hampir diklaim oleh Negara tetangga Indonesia. Sejak saat itulah masyarakat mulai memberikan perhatian khusus terhadap batik dan mulai menyadari bahwa batik merupakan warisan leluhur yang harus dilestarikan.

Pada 2008, Pemerintah mendaftarkan batik ke daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non bendawi UNESCO. Kemudian pada 9 Januari 2009 telah diterima secara resmi, dan tepatnya pada 2 Oktober 2009 UNESCO mengukuhkan batik Indonesia di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Setelah penetapan itu, Indonesia mulai memperingatinya sebagai Hari Batik Nasional. Penetapan Hari Batik Nasional juga dikuatkan dengan Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009.

Seiring berjalannya waktu, batik Indonesia semakin beragam dan telah menjadi bagian sehari-hari kehidupan masyarakat Indonesia. Jika dulu warna batik hanya identik dengan coklat dan hitam, kini berbagai kombinasi warna-warna lain sangat mudah ditemui. Model pakaian batik juga sangat bermacam-macam dan mengikuti tren fashion kekinian. Apalagi banyak tips dan trik untuk mix and match batik yang mudah untuk ditiru.

Jenis-jenis Batik di Indonesia

Sebelum membahas lebih lanjut tentang tips dan trik mix and match batik, kamu harus tahu jenis-jenis batik. Pada zaman dahulu, proses pembuatan batik membutuhkan waktu yang sangat lama. Namun seiring perkembangan zaman, proses pembuatan batik semakin variatif. Bahkan kini sudah banyak industri yang mampu memproduksi batik dengan jumlah banyak dalam waktu yang relatif singkat. Ada tiga jenis batik berdasarkan teknik pembuatannya, yaitu:

Batik Tulis 

Image credit: www.kemilaucanting.esy.es

Jenis batik yang satu ini merupakan batik yang pertama kali ada di Indonesia. Proses pembuatannya memerlukan alat khusus untuk membatik yaitu canting, lilin cair, dan tungku pemanas. Kain yang digunakan untuk membuat batik tulis ini biasanya kain katun, kain mori, atau kain sutera. Lamanya waktu pengerjaan batik tulis tergantung motifnya. Bahkan ada lho motif tertentu yang proses pengerjaannya sampai berbulan-bulan. Kualitas yang tidak diragukan menjadikan batik tulis dijual dengan harga yang cukup mahal.

Batik Cap 

Image credit: www.malaysianmeanders.blogspot.com

Jika dibandingkan dengan batik tulis, proses pembuatan batik cap lebih cepat. Hal tersebut disebabkan teknik batik cap tidak perlu menggunakan canting untuk membuat pola satu per satu di atas kain. Namun, menggunakan alat cap yang memiliki pola untuk setiap motifnya. Dengan begitu, pembuatan batik cap akan menghasilkan pola tertentu yang sifatnya berulang.

Batik Printing 

Image credit: www.seragambatikbagus.blogspot.com

Batik jenis ini dibuat dengan sistem sablon. Peralatan yang digunakan untuk membuat batik tulis maupun batik cap seperti canting, alat cap, lilin cair, dan pemanas tidak dibutuhkan. Membuat batik printing dimulai dengan pemilihan motif batik. Kemudian motif batik tersebut dicetak dalam bentuk film sablon supaya mudah di-print pada kain. Teknik ini akan menghasilkan motif batik hanya pada salah satu sisi kain saja. Batik printing biasanya menggunakan kain katun karena lebih mudah di-print dan harganya terjangkau.

Baca juga: 3 Inspirasi Gaya dan Pilihan Sepatu Pria untuk Melengkapi Batik

Mix and match batik untuk tampil gaya

Setiap orang memiliki alasan tersendiri dalam mencintai batik Indonesia. Bahkan orang luar negeri juga menyukai batik karena coraknya yang menarik. Batik bisa dipadu padankan sehingga menciptakan penampilan yang lebih menawan. Sebagai referensi, kamu bisa menyontek tips dan trik di bawah ini:

Desain batik modern dan kekinian

Image credit: IG @batikkultur

Untuk menghindari tampilan yang kuno, kamu bisa memilih desain pakaian batik yang lebih modern. Biasanya, pakaian batik modern dan kekinian akan memiliki desain yang mirip dengan tren pakaian masa kini. Pilihlah warna-warna batik yang terang untuk menciptakan kesan yang lebih ceria dan bersemangat. Jangan lupa untuk memakai heels atau wedges untuk menambah kesan feminine.

Rok batik untuk tampilan kasual hingga formal

Image credit: IG @batikkultur

Banyak sekali style yang bisa kamu kenakan dengan memanfaatkan rok batik baik untuk tampil kasual hingga formal. Langkah pertama, kamu harus menentukan terlebih dahulu model rok batik yang cocok dengan bentuk tubuhmu. Kini model rok batik sangat variatif mulai dari rok pensil hingga model A-line. Untuk outfit di kantor, kamu bisa padukan rok batikmu dengan atasan warna putih atau warna yang soft.  Selain kemeja, kamu bisa memadukan rok batik dengan kaos polos atau denim outer. Tampilan ini cukup simple dan bisa menjadi pilihan untuk outfit kuliah. Bagi kamu yang ingin mengenakan rok batik di acara yang sangat formal, kamu bisa menambahkan blazer. Dengan begitu, penampilanmu formalmu akan terlihat semakin menawan.

Menggunakan outer batik 

Image credit: IG @batikkultur

Outer menjadi salah satu fashion item andalan yang harus kamu miliki. Jika ingin tampilan kamu terlihat stunning, outer batik bisa menjadi salah satunya. Pilihlah motif batik sesuai dengan keinginanmu. Selanjutnya, padukan dengan inner polos warna netral seperti putih atau hitam. Warna putih atau hitam memang dianggap warna paling aman untuk dipadukan dengan motif batik apa saja. Kamu setuju? Gunakan celana berbahan kain dengan warna yang senada dengan inner. Tambahkan juga aksesoris seperti kalung atau gelang sederhana yang akan semakin menunjang penampilanmu terkesan lebih menawan. Jangan lupa memakai sepatu hak tinggi agar kamu terlihat lebih jenjang dan ramping.

Memadukan Atasan batik dengan celana kulot

Image credit: IG @batikkultur

Kini semakin banyak atasan batik dengan model yang unik. Kamu bisa dengan mudah mendapatkannya, atau bisa juga request desainmu sendiri pada penjahit. Pilihlah motif batik yang unik dan cerah agar kamu bisa memadukannya dengan celana kulot warna putih. Perpaduan ini akan membuat tampilanmu lebih outstanding, lho! Kamu harus mencobanya dan tampil berbeda. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit make up untuk penampilan terbaikmu di acara peringatan Hari Batik Nasional nanti ya.

Motif Jilbab batik yang eye catching

Image credit: IG @hijabmamahicis

Untuk menciptakan penampilan yang berbeda dari biasanya, cobalah untuk mencari jilbab dengan motif batik. Kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan jilbab batik kok. Berbagai pilihan motif jilbab batik telah banyak beredar di pasaran. Kamu bisa mendapatkannya di toko batik atau hijab store bahkan kini semakin mudah dengan adanya online shop. Setelah menemukan jilbab dengan motif batik terbaik, selanjutnya padukan dengan atasan dengan detail ruffle atau pita. Untuk bawahan, kamu bisa memakai rok atau celana yang tinggal kamu sesuaikan dengan kenyamananmu saja. Dijamin, penampilanmu akan lebih fresh dan orang-orang yang kamu temui akan memusatkan perhatiannya pada motif jilbab batikmu.

Baca juga: 5 Motif Outfit Kekinian yang Instagramable, Wajib Punya

Itulah beberapa tips asyik mix and match batik yang GoToMalls sajikan untuk kamu. Kamu bisa memadupadankan batik dengan lebih mudah. Kini fungsi batik semakin fleksibel, bukan hanya bersifat kedaerahan saja. Tetapi batik bisa dipakai untuk berbagai acara baik formal, semi formal, hingga kasual. Kamu sedang mencari fashion item batik? Kamu bisa mendapatkannya di Bateeq, Batik Danar Hadi, dan Alleira Batik. Jangan lupa cek terus GoToMalls.com untuk mendapatkan info seputar promo, diskon, hingga event yang sedang berlangsung di mall seluruh Indonesia.

Leave a Reply