Mengenal Titan Security Keys, Perangkat Keamanan Terbaru Google

Baru-baru ini Google merilis perangkat keamanan terbaru yang diberi nama Titan Security Keys. Perangkat ini dijanjikan mampu menahan retasan pada akun-akun sosial media. Bentuknya seperti USB flashdisk kecil dengan tambahan panel sentuh berukuran kecil di bagian atas. Penasaran dengan perangkat baru ini? Berikut ulasan tentang Titan Security Keys persembahan GoToMalls.

Baca juga: 7 Koleksi Gadget Canggih dan Pintar Buatan Google

Latar Belakang

Image credit: transparencyjournal.com

Diperkenalkan dalam konvensi Google Cloud Next ’18 akhir Juli lalu di Tokyo, Titan Security Keys langsung mendapat perhatian khusus. Perangkat ini dibuat dalam rangka melindungi data-data sensitif dari serangan phising. Security key sendiri merupakan perangkat berbasis USB yang menawarkan alternatif untuk metode two-factor authentication (2FA) yang dirasa sudah usang. Metode 2FA melibatkan dua hal ketika dipakai untuk log in ke sebuah website. Pertama adalah sesuatu yang diketahui alias password dan benda yang dimiliki (smartphone, laptop, PC, dan lain-lain).

Dengan teknologi security key, pengguna dapat melewati prosedur tersebut dan langsung log in ke akun pribadi tanpa takut diretas. Proteksi yang diberikan sangat baik sehingga risiko phising dapat ditangkal hampir seluruhnya.

Diklaim Sangat Aman

Image credit: firstpost,com

Titan Security Keys sebagai perangkat keamanan diklaim lebih efisien dalam melindungi data pribadi dari phising. Sama seperti security keys pada umumnya, perangkat ini juga melindungi pengguna dari metode man-in-the-middle (MITM) dan segala jenis serangan peretasan akun lainnya. Kemampuan Titan Security Keys jauh lebih baik dibanding dengan metode 2FA lewat SMS. Hal ini dimungkinkan karena tanpa perangkat ini, mustahil seseorang masuk ke akun Anda.

Cocok sekali buat Anda yang bekerja sebagai jurnalis, eksekutif bisnis, politisi, dan profesi lain yang membutuhkan keamanan tingkat tinggi.

Baca juga: 5 Kemampuan Google Assistant yang Kamu Perlu Tahu!

Tes Ke Ribuan Perangkat

Image credit: cnet.com

Sebelum merilisnya ke publik, pihak Google telah menguji Titan Security Keys selama lebih dari satu tahun. Sebanyak 85.000 pegawai Google diminta untuk menggunakan perangkat fisik ini untuk melindungi akun mereka. Puluhan ribu pegawai tersebut diminta menyerahkan urusan log in online pada perangkat ini. Hasilnya, Titan Security Keys terbukti lebih aman dibanding metode two-factor authentication. Faktanya, tidak ada satu pun akun para pegawai yang berhasil diretas atau diambil alih begitu mereka menggunakan perangkat ini.

Spesifikasi

Image credit: engadget.com

Titan Security Keys dibuat berdasarkan spesifikasi FIDO (Fast IDentity Online) Alliance, U2F (universal 2nd factor), dan beberapa elemen lain. Selain itu juga ada firmware buatan Google yang memverifikasi integritas perangkat ini di level hardware. Dibanding dengan metode lama seperti 2FA, protokol U2F jauh lebih sulit dibobol. Protokol ini juga jauh lebih cepat dan mampu mengamankan proses two-factor authentication 2FA.

Spesifikasi FIDO merupakan standar otentikasi yang didukung oleh banyak aplikasi dan browser sekaligus. Dengan begitu, perangkat Titan Security Keys juga dapat dipakai untuk log in ke website maupun aplikasi non-Google. Hanya saja, website atau aplikasi non-Google mungkin tidak bisa memanfaatkan fitur verifikasi firmware yang tersedia. Adapun seluruh akun Google sudah mendukung sistem log in dengan FIDO dan security key sejak tahun 2014 lalu. Perangkat Titan dari Google menawarkan tingkat keamanan yang lebih tinggi dibanding dengan sistem kode konfirmasi yang dapat dicuri dengan serangan relay.

Baca juga: Wah, Ternyata Google Mempunyai Fitur Rahasia ini!

Cara Kerja

Image credit: farkindia.com

Security key pada dasarnya menambah lapisan otentikasi untuk masuk ke sebuah akun selain dengan password. Hasilnya, pengguna dapat log in ke akun mereka hanya dengan memasukkan perangkat ala USB ini dan menekan tombolnya. Jika pengguna memakai perangkat ini untuk membuat akun online ataupun mengupdate setelan keamanan, komputer akan membuat dua token terenkripsi: satu bersifat public dan satu lagi bersifat private.

Nantinya ketika log in lagi ke akun tersebut, public token tersebut akan mengirim permintaan agar pengguna menyentuh tombol pada security key. Setelah pengguna menyentuhnya, sistem akan membawa ke private token untuk proses verifikasi. Tak ada informasi pribadi yang terkirim lewat internet dan token pribadi yang digunakan untuk log in terus berada dalam security key.

Buat Anda yang menghendaki sistem proteksi canggih ini, pastikan dulu akun Anda menolak metode log in tanpa security key. Setelan ini dapat diatur dengan program Advanced Protection dari Google. Selain itu, amankan pula kunci fisik kedua untuk berjaga-jaga seandainya kunci utama hilang atau dicuri.

Persaingan dengan Yubico

Image credit: yubico.com

Rilisnya Titan Security Keys disambut baik oleh para pemerhati teknologi, namun hal ini juga membuat beberapa pihak bertanya-tanya. Sebelumnya, pihak Google dan Yubico mengembangkan protokol ini dengan dukungan NXP, namun kemudian dilanjutkan oleh FIDO Alliance. Yubico telah lebih dulu merilis perangkat YubiKey untuk desktop dan handphone, salah satunya adalah YubiKey 4. Alat ini mendukung berbagai jenis protokol. Selain itu juga ada YubiKey NEO yang ramah Android dan Security Key dengan proteksi out-of-the-box untuk Gmail, Facebook, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya Titan Security Keys, Google telah berani bersaing langsung dengan produk-produk Yubico. Salah satu perbedaan mencolok dari keduanya adalah bahwa perangkat dari Google ini akan menggunakan komponen Bluetooth Low Energy.

Dua Versi

Image credit: twitter.com

Titan Security Keys dirilis dalam dua versi yang kompatibel dengan protokol FIDO. Model pertama digunakan untuk PC/Mac dengan USB port dan model kedua dipakai untuk smartphone dengan bantuan Bluetooth. Berhubung pengguna akan berada dekat dengan komputer atau handphone, kedua perangkat ini akan aman dari ancaman intercept data. Hal ini lah yang kerap terjadi pada sistem otentikasi dengan sistem 2FA yang berbasis SMS.

Salah satu alasan mengapa Anda sebaiknya beralih ke security key adalah jika smartphone Anda hilang atau rusak, begitu juga dengan token private Anda. Security key berbasis USB juga dapat rusak, namun perangkat ini dapat dipasang pada gantungan kunci yang terpisah dari smartphone. Selain itu, security key juga tidak membutuhkan koneksi internet sehingga akun Anda akan tetap aman. Menurut Google, Titan Security Keys versi telepon genggam dapat bertahan aktif selama enam bulan dalam sekali charge.

Harga

Image credit: twitter.com

Belum ada kabar resmi mengenai harga produk Titan Security Keys. Satu hal yang pasti adalah Google berencana menjual kedua versi (USB dan Bluetooth) dengan harga bundling $50. Adapun jika Anda membeli secara terpisah maka Anda cukup merogoh kocek $25 saja. Kabar baiknya, satu model Titan Security Keys kemungkinan akan dibanderol kurang dari $10 di masa mendatang. Pastikan saja Anda membelinya dari retailer terpercaya.

***

Itu dia sekelumit tentang Titan Security Keys yang menjadi buah bibir dunia teknologi internasional. Perangkat ini sangat efektif melindungi akun pribadi Anda, jadi jangan ragu-ragu untuk membelinya jika memang perlu. Hal ini berlaku terutama bagi Anda yang memiliki informasi sensitif yang harus dilindungi dari segala bentuk retasan.

Sebelum membelinya di toko-toko elektronik, pastikan Anda cek terlebih dahulu GoToMalls.com. Siapa tahu Anda menemukan promo Titan Security Keys yang sedang berlaku! GoToMalls siap memberi informasi lengkap seputar promo semua kebutuhan Anda. Mulai dari pakaian, tas, furnitur, peralatan rumah tangga, hingga paket wisata. Semua tersedia lengkap di GoToMalls.

Baca juga: Fitur Ganjil Genap Jakarta di Google Maps, Begini Cara Kerjanya

Leave a Reply