6 Brand Smartphone Buatan Indonesia Hasil Karya Anak Bangsa

Dalam bidang teknologi, Indonesia mungkin bisa dibilang memang masih jauh tertinggal dibandingkan negara lainnya. Korea Selatan, Jepang, Amerika, dan Jerman sudah lebih dulu eksis melalui produk-produk elektronik dan gadget berkualitas tinggi. Namun perlahan-lahan dengan berjalannya waktu, masyarakat Indonesia mulai mengejar ketertinggalan tersebut. Salah satu buktinya adalah kemunculan brand smartphone merek lokal yang kualitasnya sudah cukup bagus. Biar kamu makin cinta Tanah Air, kamu harus tahu enam brand smartphone Indonesia yang asli hasil karya anak bangsa ini:

Baca juga: Cinta Karya Anak Bangsa, Inilah 7 Film Indonesia dengan Penonton Terbanyak

Polytron

image credit: IG@polytron.mobile

Bisa dibilang Polytron adalah legenda brand elektronik Indonesia yang sudah memproduksi banyak sekali unit elektronik. Pabriknya yang bernama PT. Indonesian Electronic & Engineering telah didirikan sejak 18 Mei 1975 di Kudus oleh Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono. Pada 18 September 1976 terjadi perubahan nama menjadi PT. Hartono Istana Electronic, lalu merger dan menjadi PT. Hartono Istana Teknologi.

Selain memproduksi elektronik, Polytron juga merambah gadget terutama smartphone. Kelebihan smartphone dari Polytron adalah harganya yang terjangkau dan spesifikasi yang tak kalah saing dengan merek ponsel mancanegara. Salah satu seri smartphone Polytron yang terbaik adalah Prime 7S P520 yang dibuat untuk kalangan menengah ke atas.

Digicoop

image credit: www.kompasiana.com

Baru rilis pada 2017 lalu ada brand smartphone yang dikembangkan oleh para peneliti di Institut Teknologi Bandung (ITB). Diberi nama Digicoop, smartphone ini sudah mendapatkan Sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri sebesar 20,2% sesuai anjuran Kementrian Komunikasi dan Informasi. Digicoop sudah mengusung konektivitas 4G dengan spesifikasi berupa ROM 8GB, kamera 5MP dan 2MP, RAM 1GB, dan baterai 1.800 mAh. Untuk pengoperasian, Digicoop menggunakan sistem operasi buatan sendiri, yaitu ID3OS (baca: Ideos). Satu hal yang istimewa, ID3OS dilengkapi dengan Panic Button yang bisa digunakan dalam situasi darurat.

Kini Digicoop sedang diproduksi secara massal melalui kerjasama antara ITB dengan beberapa perusahaan swasta di bidang teknologi. Lokasi pabriknya berada di Cikarang, Bekasi, sedangkan untuk pemasarannya akan ditangani oleh Koperasi Digital Indonesia Mandiri. Untuk harga, smartphone ini dibanderol dengan sangat terjangkau yaitu hanya Rp 1,2 juta. Kamu yang memiliki limit budget tetap bisa punya ponsel keren karya anak bangsa.

Advan

image credit: IG@advanindonesia

Merek smartphone buatan Indonesia yang makin eksis di pasar smartphone Tanah Air adalah Advan. Meski mulai banyak brand lokal yang bermunculan, tapi merek ini masih tetap diminati banyak konsumen di Indonesia. Hal tersebut terbukti pada 2016 silam di mana Advan menduduki peringkat empat besar smartphone terfavorit di Indonesia setelah Samsung, Oppo, dan Asus. Sudah didirikan sejak tahun 2000, Advan kini sudah dinobatkan sebagai smartphone merek lokal yang memiliki kualitas dan spesifikasi bagus.

Sudah banyak seri smartphone yang diproduksi oleh Advan dengan spesifikasi yang terus ditingkatkan sesuai dengan tren teknologi terbaru. Beberapa serinya yang terkenal adalah Advan i5A (Glassy Gold) dan Advan i5e (Glassy  Gold 2) yang laris manis di pasaran. Soal harga pastinya lebih terjangkau, tapi kualitasnya dijamin tidak kalah dibandingkan brand impor yang sudah memiliki nama besar.

Baca juga: 8 Merek Jam Tangan Kayu Asli Indonesia, Wajib Punya

HiMax

image credit: IG@himax_indonesia

Masih tergolong ‘anak baru’ di industri gadget Tanah Air, tapi jangan anggap remeh merek HiMax yang muncul pada 2012 ini. HiMax sendiri merupakan singkatan dari High Quality Premium Gadget with Maximum Features. Hal ini bisa dibuktikan dari semua produk buatan HiMax yang ditanami berbagai spesifikasi mumpuni untuk memenuhi kebutuhan para konsumen. Seolah memahami permintaan masyarakat Indonesia, HiMax membanderol produk-produknya dengan harga yang ramah kantong.

Beberapa seri unggulan yang berhasil membuat para konsumen kepincut adalah HiMax Polymer dan HiMax Pure S. Seri Polymer dikatakan sebagai Xiaomi-nya Indonesia dan merupakan pesaing terberat Xiaomi Redmi Note. Dengan prosesor octa core dari MediaTek, RAM 2GB, kamera 13MP dan 5MP, serta prosesor grafis MALI-450MP4, smartphone ini hanya dibanderol seharga Rp 2 juta saja.

Kalau seri Pure S dikenal berkat desainnya yang elegan dan tipis layaknya smartphone flagship berharga di atas Rp 5 juta. Namun siapa sangka harganya hanya Rp 3,899 juta. Dengan harga tersebut kamu sudah bisa mendapatkan kamera 13MP dan 5MP, prosesor Octa Core, Chipset Mediatek MT6592 dan GPU Mali 450 MP4.

Zyrex

image credit: inponsel.co.id

Merek Zyrex awalnya merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi komputer asli Indonesia. Didirikan pada 1996 di Jakarta dengan nama PT. Zyrexindo Mandiri Buana, perusahaan ini sudah memproduksi berbagai jenis perlengkapan komputer. Namun mengikuti tren teknologi terkini, Zyrex pun turut memproduksi smartphone dengan spesifikasi yang cukup tinggi tapi dengan harga murah. Beberapa seri unggulan dari brand smartphone buatan Indonesia ini antara lain OneScribe ZA977 dan OnePad SA7321.

Seri OneScribe ZA977 dirilis pada Agustus 2014 memiliki spesifikasi yang cukup bagus. Di antaranya RAM 512MB, Chipset MediaTek MT6572, CPU Dual Core 1.3 GHz, Cortex-A7, GPU Mali-400 MP1@500 MHz. Harga rilis saat itu hanya Rp 535 ribu. Sedangkan seri OnePad SA7321 merupakan tablet murah yang dibanderol dengan harga Rp 1 juta dengan spesifikasi GPU Mali 400, RAM 512MB, serta memori internal 4GB.

IVO 4G

image credit: www.jakartanotebook.com

IVO 4G merupakan merek smartphone karya anak bangsa yang menjadi pionir smartphone 4G lokal. Seperti yang diketahui kalau teknologi 4G di Indonesia memang masih belum merata. Namun dengan kehadiran smartphone ini diharapkan dapat memberikan perkembangan yang menguntungkan bagi seluruh masyarakat Nusantara. Brand IVO 4G adalah hasil dari operator telekomunikasi Internux yang bekerja sama dengan perusahaan lokal IVO. Internux sendiri sudah berhasil memasarkan modem Bolt yang bisa memberikan konektivitas 4G.

Melalui seri IVO V5, kamu bisa mendapatkan sebuah smartphone yang membawa spesifikasi cukup mumpuni. Di antaranya ada Chipset Qualcomm MSM8926, Prosesor Quad Core, pengolah grafis Adreno 305, RAM 1GB, kamera 8MP dan 2MP, serta baterai 2.300 mAh. Harganya? Hanya Rp 2 juta saja. Yuk beli sekarang!

Baca juga: 15 Merek Sepatu Lokal Asli Indonesia yang Mampu Go Internasional

Ternyata smartphone buatan Indonesia juga tidak kalah dengan bikinan mancanegara, ya. Tidak perlu merasa malu memakainya, kamu justru patut berbangga diri dengan karya anak bangsa ini. Beli smartphone yang berkualitas ya hanya di Electronic Solution. Perusahaan ritel elektronik terkemuka ini sudah memiliki outlet yang tersebar di hampir seluruh mall di Indonesia. Sebagai panduan untuk memudahkanmu dalam berbelanja, kamu bisa mengandalkan GoToMalls.com. Di aplikasi berbasis website ini terdapat info terlengkap dan terbaru dari mall beserta merchant di dalamnya. Bahkan ada juga info promo, termasuk promo elektronik dan gadget yang sayang banget kalau dilewatkan.

Leave a Reply