5 Tips Padu Padan Baju Motif untuk Pria Tampil Beda

Dianing Shiamita

, Fashion

Umumnya kaum pria lebih memilih busana yang tidak bermotif untuk mencari aman. Tidak seperti wanita, umumnya pria kurang pandai dalam memadu padankan busana bermotif. Alasannya adalah takut tidak pas dalam memadu padankan sehingga akan berlebihan dan malah terlihat norak. Alhasil para pria pun cenderung berpenampilan itu-itu saja dan bisa jadi membosankan. Padahal kalau Anda bisa dengan pas mix and match baju motif, Anda akan terlihat lebih menarik di musim panas ini. Tak perlu bingung, GoToMalls akan memberikan 5 tips padu padan baju bermotif untuk Anda. Simak tipsnya berikut ini:

Baca juga: 5 Tren Fashion Pria 2018 Wajib Tahu

Pilih Pakaian dengan Warna Senada

image credit: Pinterest

Tips paling mudah dalam padu padan baju bermotif pada pria adalah dengan memilih pakaian dengan warna senada atau bisa saling melengkapi. Misalnya saja ungu dengan biru atau merah dengan hitam. Langkah ini bisa dilakukan untuk menghindari kesan terlalu berlebihan pada outfit yang Anda kenakan. Saat mengenakan lebih dari satu pakaian bermotif dengan warna yang senada, penampilan Anda akan terlihat kalem dan memberikan kesan stylish.

Seperti pada contoh di atas. Meski merupakan warna yang berbeda, tapi biru dan hijau bisa saling melengkapi. Pemilihan sweater motif polkadot dan celana pendek motif abstrak memang sangat bertabrakan. Namun perpaduan keduanya justru memberikan hasil yang outstanding dan terkesan fresh untuk dikenakan saat summer.

Bermain Proporsi pada Motif

image credit: Pinterest

Selain harus teliti dalam pemilihan warna pada baju motif, Anda juga harus pintar dalam bermain proporsi pada motif yang akan dipilih. Ini juga merupakan aturan dasar yang tidak boleh diabaikan. Contohnya saat Anda akan mengenakan kemeja dengan motif kotak-kotak besar, maka Anda harus memadukannya dengan dasi dengan motif yang lebih kecil. Anda juga bisa menerapkan metode micro-mixing-pattern. Maksudnya adalah ilusi yang membuat mata seolah hanya melihat warna solid saja, tapi sebenarnya terdapat motif berukuran sangat kecil yang hanya bisa dilihat dari jarak dekat.

Gambar di atas adalah contoh penerapan metode micro-mixing-pattern. Dari kejauhan Anda hanya akan melihat warna pink polos pada dasi tersebut. Namun setelah didekati ternyata ada pola abstrak berbentuk kecil. Permainan ilusi ini disebabkan ukuran pola yang sangat kecil dan warna pola yang pucat dan mendekati warna dasar dasi.

Simpel dengan Aksesori Bermotif

image credit: Pinterest

Pemilihan motif tidak harus berpaku pada pakaian saja, seperti baju, celana, atau jas. Anda bisa saja menggunakan aksesoris yang memiliki motif. Kehadiran aksesoris bermotif akan menambahkan ‘hiasan’ pada penampilan Anda supaya tidak terlihat membosankan. Kelebihan lainnya dari aksesoris bermotif adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan setelan jas. Cara ini juga pas diterapkan untuk Anda yang masih belum percaya diri untuk bermain motif pada pakaian. Jadi sebagai permulaan, Anda bisa memilih beberapa aksesoris seperti dasi, kaos kaki, scarf, atau pocket square.

Contoh gambar di atas memberikan gambaran bagaimana sebuah dasi bermotif polkadot dengan warna hijau menjadi focal point dari outfit pria tersebut. Setelan jas berwarna abu-abu yang dipadukan dengan kemeja biru akan terlihat biasa saja. Namun dengan adanya tambahan dasi tersebut, maka penampilannya langsung berubah seketika menjadi lebih mempesona. Bisa Anda coba saat harus datang ke sebuah acara formal, nih!

Baca juga: 5 Fashion Item Wajib Punya Untuk Pria yang Ingin Tampil Keren

Instan dengan Pakaian Patchwork

image credit: Pinterest

Tidak mau pusing dengan masalah padu padan baju motif? Coba saja cara instan dengan memakai pakaian patchwork yang akhir-akhir ini sedang banyak digemari. Baju pria ini memiliki beberapa motif sekaligus dalam satu pakaian yang bisa ditemukan pada jaket, celana, kemeja, sepatu, dan lainnya. Aneka motif yang ada dalam satu pakaian bisa membuat Anda terlihat segar dan tampak beda secara instan. Sangat simpel dan cepat tanpa harus ribet dan takut salah kostum.

Anda bisa lihat dari gambar di atas di mana pria tersebut hanya memakai kemeja dan celana berwarna krem yang membosankan. Namun berkat adanya jaket motif patchwork, penampilannya pun langsung berubah drastis. Ia terlihat trendi dengan cara instan tanpa terkesan berlebihan. Langsung coba sekarang, yuk!

Berani Bereksperimen

image credit: Pinterest

Kalau Anda sudah mempraktikkan keempat cara sebelumnya, kini saatnya mulai bereksperimen lebih. Cobalah untuk lebih berani memadu padankan tiga atau lebih motif pada outfit Anda. Namun Anda juga perlu mempertimbangkannya masak-masak, jangan tergesa-gesa. Kalau gagal Anda tentunya bisa terlihat seperti badut yang norak. Trik untuk membuatnya berhasil adalah dengan memilih setidaknya tiga pakaian dengan motif yang berbeda ukuran, mulai dari kecil, sedang, hingga besar. Kemudian usahakan untuk memilih motif yang beragam supaya tidak terlalu monoton. Kalau berhasil, Anda perlu mengabadikannya dalam akun Instagram Anda. Berani coba?

Baca juga: 7 Summer Fashion Collection untuk Pria Tampil Keren

Bagaimana, sudah siap untuk mencoba tips padu padan baju motif di atas? Anda bisa mulai mencoba dari tips yang dirasa paling mudah dulu. Lalu setelah berhasil Anda bisa mengembangkan eksperimen Anda untuk berani tampil beda. Jika butuh baju pria yang trendi dan terbaru, belanja saja di Salt n Pepper. Fashion store ini sudah tersebar di mall dan pusat perbelanjaan yang ada di Indonesia. Kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebelum belanja, jangan lupa untuk mampir ke GoToMalls.com. Aplikasi berbasis website ini akan memberikan Anda info seputar diskon dan promo dari merchant di seluruh mall di Indonesia. Untuk promo pakaian pria bisa langsung Anda cek di sini.

Leave a Reply