15 Tips Mudah Biar Makeup Tahan Lama di Cuaca Panas

Nadia Fauzia

, Beauty

Memasuki bulan Juli, artinya Indonesia masih memasuki musim kemarau. Artinya, matahari akan terus bersinar tanpa halangan. Kondisi seperti ini kadang membuat mood menjadi jelek, apalagi jika diperparah dengan rasa gerah yang menyerang. Makeup yang sudah susah-susah dipakai pun bisa menjadi pudar karena keringat. Untuk mengatasi hal ini, sebenarnya tidak perlu usaha ekstra. Ikuti saja tips dan trik dari GoToMalls! Berikut ini 15 tips mudah agar makeup tahan lama di cuaca panas.

Pertama: Sempurnakan Dasar Makeupmu

Semua hal memerlukan pondasi yang kuat, begitu juga dengan makeup. Riasan yang tahan lama membutuhkan dasar makeup yang baik. Bagaimana caranya? Ikuti enam petunjuk di bawah ini.

Pastikan Wajahmu Bersih

Image credit: pinterest.com

Permukaan kulit yang kotor membuat makeup tidak menempel dengan baik. Oleh karena itu, bersihkan wajahmu dengan sabun pencuci wajah atau face cleanser sebelum mengaplikasikan makeup. Dengan begitu, makeup akan makin tahan lama. Selain itu, membersihkan wajah akan menyingkirkan keringat yang menempel pada wajahmu.

Pakai Pelembap Bebas Minyak

Pelembap dapat membuat kulitmu jadi terhidrasi sepanjang hari. Selain itu, kulit yang sehat membuat makeup tahan lama. Pastikan kamu memiliki pelembap bebas minyak dan gunakan pada wajah di pagi hari sebelum mengaplikasikan makeup. Ingat, cek produk yang akan kamu pakai dan pastikan produk tersebut cocok dengan jenis kulitmu. Jika kamu memiliki wajah berminyak, pilihlah pelembap yang sesuai dan bisa mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu, pastikan pula pelembapmu dilengkapi dengan kandungan SPF agar kulitmu terlindung sepanjang hari yang terik.

Baca juga: 10 Tinted Moisturizer Terbaik 2018 untuk Riasan Natural

Pilih Primer yang Tepat

Image credit: purcosmetics.com

Selain membuat makeup tahan lama, primer juga dapat membuat kulit wajahmu tetap sejuk. Hasilnya, wajahmu tidak banyak berkeringat. Makin sedikit keringat yang dihasilkan, makin kecil pula kemungkinan makeup menjadi rusak. Carilah primer yang mampu menghidrasi wajah dan membantu membuat wajah jadi sejuk. Kamu bisa mendapatkannya di gerai Watsons terdekat di kotamu.

Jika kondisi cuaca sangat panas, tambahkan essential oil yang bersifat menyejukkan seperti peppermint. Ingat, campur essential oil yang hendak kamu gunakan dengan carrier oil seperti minyak zaitun sebelum mengaplikasikannya ke wajah.

Baca juga: Buat Makeup Tahan Lama dengan Face Primer Terbaik Rekomendasi GoToMalls.com

Gunakan Liquid Foundation

Image credit: nationtrendz.com

Foundation berbahan cair dapat bertahan lebih lama di bawah terik matahari dibanding jenis powder. Banyak liquid foundation berlabel long lasting yang bisa kamu pilih. Sebagai tambahan, carilah liquid foundation yang tipis dan terang. Dengan begitu, produksi keringat akan berkurang dan makeup akan lebih tahan lama. Selain itu, pertimbangkan tampilan matte yang dapat mengurangi efek kilau. Tentunya kamu tidak ingin terlihat “bersinar” dengan makeup yang berlebihan, bukan?

Baca juga: 7 Foundation Waterproof Terbaik dan Terbaru 2018

Light Coverage Makeup

Untuk makeup musim panas, foundation yang tipis lebih direkomendasikan. Salah satu manfaat light coverage adalah agar wajahmu tetap terasa sejuk. Jika biasanya kamu mengaplikasikan foundation di seluruh permukaan wajah, fokuskan foundation sebatas menutupi noda di wajah. Terpenting, wajahmu terlihat tidak kusam dan warnanya merata.

Baca juga: 3 Teknik Menggunakan Foundation yang Tepat dari MakeUp Artist Profesional

Pakai Concealer Tipis

Image credit: beautisecrets.com

Jika kamu ingin menggunakan concealer, pulaskan secara tipis dan merata. Utamakan bagian yang kurang tertutupi oleh foundation seperti noda gelap dan kantung mata. Saran GoToMalls, gunakan tinted concealer untuk hasil yang maksimal.

Baca juga: 10 Concealer Terbaik untuk Menutupi Mata Panda

Kedua: Riasan Mata dan Bibir

Setelah mengaplikasikan foundation, saatnya menghias mata dan bibir. GoToMalls punya lima tips agar makeup mata dan bibirmu tahan lama. Yuk, ikuti tipsnya berikut!

Gunakan Riasan Mata Waterproof

Image credit: fashionista.com

Musim panas selalu penuh hal tak terduga. Mulai dari debu, hujan dadakan, hingga banjir keringat karena kepanasan. Solusinya adalah memilih makeup yang bersifat tahan air. Kamu bisa mendapatkan maskara, eyeliner, dan eyeshadow waterproof di department store manapun termasuk di gerai Silky Girl. Item-item tersebut sangat vital jika kamu ingin menjaga riasan matamu tetap sempurna di musim panas.

Baca juga: Pancarkan Cantikmu dengan 5 Teknik Riasan Mata Ini!

Lapisi dengan Eyeshadow Primer

Sebelum mengaplikasikan eyeshadow, sebaiknya kamu lapisi terlebih dahulu kelopak matamu dengan primer yang lembut. Dengan begitu, riasan matamu akan lebih tahan lama tanpa berkerut. Selain itu, primer di kelopak mata akan memudahkan eyeshadow untuk menempel. Di cuaca panas, memang sulit membuat eyeshadow menempel secara alami pada kelopak mata.

Pilih Cream Eyeshadow

Image credit: cosmo.ph

Pada dasarnya, di musim panas memang sebaiknya menghindari eyeshadow. Jika memang ingin memakainya, gunakan selapis tipis eyeshadow berbahan krim. Jenis eyeshadow ini mampu menempel lebih lama dibanding eyeshadow jenis powder.

Meskipun begitu, dalam kondisi tertentu di mana matahari terlalu terik, akan lebih baik jika kamu tidak menggunakan eyeshadow sama sekali. Sebagai gantinya, gunakan eyeliner waterproof untuk menghiasi matamu. Saat ini banyak pilihan warna eyeliner yang ditawarkan, tidak hanya hitam saja. Pilih warna yang sesuai dengan tampilanmu.

Baca juga: 5 Trik Agar Eyeliner Tahan Lama

Manfaatkan Bantuan Lip Liner

Image credit: glimmercosmo.wordpress.com

Sebelum mengaplikasikan lipstik, buat garis batas terlebih dahulu dengan lip liner. Dengan begitu, lipstikmu akan terlihat lebih rapi meski kamu berkeringat. Selain itu, GoToMalls menyarankan kamu memakai lip balm terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan lip liner. Hasilnya, riasan bibirmu akan menempel lebih baik.

Pertimbangkan Riasan Nude

Image credit: independent.co.uk

Warna mencolok yang bold tidak selalu cocok di bulan-bulan musim panas. Sebagai alternatif, pilihlah warna soft nude yang mirip dengan warna natural bibir. Kamu juga bisa mencoba lip liner/lipstick yang bersifat invisible agar bibirmu terlihat lebih lembut tanpa mengubah warna. Ingat, pastikan  lipstikmu sesuai dengan warna lip liner yang kamu gunakan. Selain itu, sebaiknya kamu memilih lipstik matte alih-alih lipstik bertekstur creamy yang menyilaukan. Untuk hasil terbaik, gunakan lipstik yang berlabel long lasting.

Baca juga: 5 Cara Praktis Memilih Lipstik Sesuai Warna Kulitmu!

Ketiga: Tahap Finishing

Foundation? Centang. Riasan mata dan bibir? Centang. Kini waktunya untuk memberikan sentuhan akhir. Sempurnakan makeupmu agar terlihat flawless, namun ikuti tips berikut agar riasanmu tahan lama.

Bronzer = Tampilan Natural

Image credit: lifewithme.com

Dibanding dengan contouring, efek yang dihasilkan oleh bronzer akan terlihat lebih dramatis di bawah sinar matahari. Pilihlah bronzer yang ringan dan berwarna natural dan aplikasikan tipis ke wajah. Tambahkan bronzer di bagian yang ingin kamu tonjolkan seperti kening, tulang pipi, dagu, serta hidung.

Highlight Seperlunya

Penggunaan highlighter yang berlebihan dapat mengakibatkan efek caking dan mengkerut. Di musim panas, aplikasikan highlighter secukupnya saja seperti di bagian bawah mata untuk menutupi kantong mata. Untuk hasil terbaik, GoToMalls merekomendasikan kamu menggunakan tinted concealer.

Baca juga: 9 Highlighter Terbaik 2018 untuk Riasan Flawless

Cream/Gel Blush untuk Hasil Maksimal

Image credit: warpaintmag.com

Makeup berbahan powder bukan merupakan pilihan terbaik di musim panas. Oleh karena itu, singkirkan powder blushmu untuk sementara dan pilih blush berbahan gel atau krim untuk memberi efek dramatis pada pipimu.

Baca juga: Tips Kecantikan: Memilih Blush On Sesuai Warna Kulit

Gunakan Setting Spray

Setelah makeupmu jadi, sempurnakan dengan setting spray. Hal ini akan memberikan proteksi lebih yang menghindarkan makeupmu dari caking karena sinar matahari yang terik. Sebagai tambahan, bawalah selalu face mist agar wajahmu tetap segar sepanjang hari.

Baca juga: 8 Rekomendasi Face Mist Terbaik untuk Wajah Lembap Sepanjang Hari

***

Setelah mengetahui tips dan trik agar makeup tahan lama, saatnya kamu mengaplikasikannya selagi musim panas masih berlangsung. Kamu bisa mendapatkan kosmetik yang long lasting di toko retail kecantikan Sephora. Isi dompet terbatas? Jangan khawatir, cari promo dan diskon saja terlebih dahulu di GoToMalls.com! GoToMalls menyediakan kamu informasi lengkap seputar promo diskon, kupon, dan event-event yang sedang berlaku di mal-mal terbaik Tanah Air. Tak cuma promo produk kecantikan, namun juga kebutuhan lain seperti pakaian, alat tulis, makanan, hingga tiket nonton di bioskop. Semua ada di GoToMalls!

Leave a Reply