9 Manfaat Homeschooling Bagi Perkembangan Anak

Di zaman yang serba modern ini, hampir semua hal bisa dilakukan secara fleksibel, pun begitu soal pendidikan. Bila dulu pendidikan hanya bisa didapat dari sekolah formal, lain halnya dengan sekarang. Adanya sistem homeschooling memungkinkan anak untuk bisa belajar di rumah dengan mendatangkan tenaga pendidik. Homeschooling bahkan dikatakan memiliki banyak manfaat bagi anak maupun orantg tua. Anda berniat untuk menerapkan metode pendidikan ini untuk buah hati Anda? Cek dulu 9 manfaat homeschooling yang telah dirangkum oleh GoToMalls.com berikut ini:

Baca juga: Mengenal Sistem Pendidikan di Indonesia Zaman Sekarang

Proses Belajar-Mengajar Fleksibel

image credit: www.bicarafakta.com

Homeschooling merupakan pendidikan informal, sehingga prosesnya bisa dilakukan secara fleksibel. Anda bisa membuat sendiri jadwal untuk anak belajar di rumah, apakah pagi, siang, sore, atau malam. Kebebasan dalam mengatur jadwal belajar ini juga memudahkan anak yang memiliki kesibukan lain sekolah, misalnya saja anak menjadi penyanyi atau artis. Anak jadi tetap bisa mendapat pendidikan secara utuh tanpa harus membolos seperti di sekolah formal. Proses belajar-mengajar pun tidak kaku dan berstruktur layaknya sekolah formal, karena mengikuti kemampuan dan keinginan anak. Mereka pun jadi lebih merasa nyaman dan tidak tegang saat belajar.

Suasana Belajar Kondusif

Manfaat homeschooling yang paling dirasakan anak adalah terciptanya suasana belajar yang lebih kondusif. Sekolah formal memiliki banyak siswa di setiap kelasnya yang bisa membuat anak kurang bisa berkonsentrasi dengan baik. Terlebih kalau suasana kelas juga kurang mendukung, seperti gerah, meja dan kursi yang tidak layak, atau lingkungan yang terlalu ramai. Dengan belajar di rumah, anak adalah satu-satunya murid sehingga mereka jadi bisa lebih berkonsentrasi. Suasana rumah juga pastinya membuat mereka lebih nyaman untuk belajar dengan berbagai fasilitas yang Anda berikan.

Perhatian Individu

image credit: www.publicsource.org

Dalam pengaturan sekolah formal, biasanya terdapat sekitar 30-40 siswa dalam satu kelas dengan hanya satu guru yang mengajar. Guru pun jadi tidak bisa memperhatikan seluruh muridnya dengan detail. Anak pun terkadang jadi merasa terabaikan sehingga menyalurkannya kepada hal-hal negatif. Sedangkan dengan homeschooling, mentor hanya fokus pada satu anak. Hal ini membuat anak jadi mendapat perhatian cukup serta lebih bisa menggali potensi dan mengetahui kekurangan yang dimiliki anak.

Anak Tidak Ketinggalan Pelajaran

image credit: www.onlinehomeschoolingguide.com

Belajar di sekolah formal terkadang bisa membuat anak tidak mudah untuk menyerap materi yang diajarkan. Guru pun tidak bisa untuk mengulang materi karena banyaknya siswa dan ada keterbatasan waktu. Namun dengan homeschooling, anak bisa dengan mudah untuk meminta metode pengajaran yang sesuai dengan daya tangkapnya. Mentor juga lebih leluasa untuk mengajarkan materi secara lebih mendetail karena lebih fleksibel dan hanya fokus pada satu anak.

Baca juga: Homeschooling atau Sekolah Biasa Ya? Cek Dulu 5 Hal Penting Ini!

Pengawasan Lebih dari Orang tua

image credit: latinamoms.com

Dengan anak belajar di rumah, orang tua pastinya jadi lebih bisa memberikan pengawasan. Tidak seperti saat belajar di sekolah formal di mana anak jauh dari pengawasan Anda selama berjam-jam dan hanya diawasi oleh guru. Padahal guru juga tidak mungkin untuk mengawasi seluruh siswa yang jumlahnya ratusan. Homechooling membuat orang tua juga jadi lebih tahu perkembangan anak, sejauh mana anak menguasai pelajarannya dan apakah kelemahan yang dimiliki anak. Hal ini tentunya akan lebih mendekatkan Anda dengan anak, karena Anda jadi lebih memahami anak sepenuhnya.

Pergaulan yang Aman

image credit: homeschoolingtorah.com

Saat ini ada banyak sekali kasus anak salah bergaul hingga menjerumuskan mereka ke hal-hal negatif. Para orang tua pastinya jadi merasa sangat was-was terhadap pergaulan buah hati mereka. Homeschooling pun jadi solusi paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Bila anak belajar di rumah, Anda bisa terus memantau sehingga anak tidak akan sembarangan berteman. Metode pendidikan ini juga bisa menghindarkan anak dari bullying, baik sebagai pelaku maupun korban, yang sedang marak terjadi di sekolah.

Mengembangkan Potensi Anak

Manfaat homeschooling berikutnya adalah bisa mengembangkan potensi anak. Setiap anak dilahirkan dengan kemampuan dan potensi yang berbeda-beda, ada yang pintar matematika, fisika, atau bahasa. Sistem fleksibel pada homeschooling yang memberikan kebebasan pada anak memungkinkan anak untuk fokus pada potensi yang dimilikinya. Dengan begitu, potensi anak jadi lebih terasah sedari kecil. Anak tidak akan dipusingkan dengan banyaknya mata pelajaran seperti yang diberikan di sekolah formal. Jadi mereka bisa lebih fokus pada beberapa mata pelajaran yang memang dikuasainya.

Pembentukan Karakter Anak

Homeschooling juga bisa membantuk dalam pembentukan karakter anak. Saat potensi anak berkembang dan terhindar dari pengaruh negatif dari lingkungan sekitarnya, maka karakter anak pun dapat terbentuk. Tentunya hal ini merupakan peranan orang tua dan mentor yang didatangkan untuk terus membentuk karakter anak agar tumbuh menjadi anak yang baik.

Anak Siap Terjun ke Masyarakat

Tahukah Anda bahwa melalui homeschooling anak lebih mampu dan siap untuk terjun ke lingkungan masyarakat luas? Ini memang benar, karena yang diajarkan dalam metode pendidikan ini lebih menekankan pada hal-hal yang sering dialami anak dalam kehidupan. Tidak melulu teori dengan jumlah banyak yang tidak mungkin untuk dihapalkan secara keseluruhan. Selain itu anak juga akan diberikan cara berpikir yang rasional dan mudah untuk dipahami beserta contohnya. Cara belajar ini jelas lebih menyenangkan dan tidak membuat anak cepat bosan.

Baca juga: 5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik untuk Anak-Anak di Dunia

Setelah mengetahui manfaat homeschooling, apakah Anda jadi lebih mantap untuk menerapkan metode pendidikan ini pada buah hati Anda? Tentunya itu semua tergantung pada pilihan dan pertimbangan masing-masing. Namun pastikan sebagai orang tua Anda selalu memberikan yang terbaik dan tidak menyulitkan anak. Begitu juga dengan kebutuhan untuk mendukung pendidikannya haruslah yang berkualitas dan hanya ada di Gramedia. Semua perlengkapan sekolah bisa Anda beli di sini. Temukan info seputar Gramedia hanya di GoToMalls.com, Di aplikasi berbasis website ini Anda akan menemukan info mengenai promo dan diskon yang sangat menguntungkan.

Leave a Reply