7 Film Terlaris Indonesia Semester Pertama 2018, Sudah Nonton?

Nadia Fauzia

, Cinema, Movie

Sejak lama, film-film Hollywood selalu merajai bioskop Indonesia. Hingga kini, antusiasme penikmat film di Indonesia masih di monopoli oleh film buatan luar negeri. Meskipun begitu, bukan berarti film Indonesia tidak memiliki taring di kancah perfilman Tanah Air. Tahun 2018 menjadi bukti nyata di mana sedikitnya tujuh film Indonesia berhasil menarik satu juta penonton. Dua di antaranya bahkan sukses menjadi film 2018 terbaik dan menembus angka dua juta. Hal ini membawa angin segar bagi sineas negeri yang selalu berharap akan majunya dunia perfilman Indonesia. Berikut ini 7 film 2018 buatan anak negeri semester pertama dengan jumlah penonton terbanyak.

Baca juga: Cinta Karya Anak Bangsa, Inilah 7 Film Indonesia dengan Penonton Terbanyak

Dilan 1990

Image credit: pictureplayblog.wordpress.com

Sutradara: Fajar Bustomi, Pidi Baiq

Pemain: Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla, Brandon Salim, Giulio Perangkan, Refal Hadi

Di urutan pertama adalah film romantis yang menggemparkan dunia perfilman Indonesia di awal tahun 2018 yang tak lain adalah Dilan 1990. Sempat dicibir karena dianggap salah memilih cast, pada akhirnya film ini justru sukses membuat 6,3 juta penonton jatuh hati pada para pemain. Salah satu yang paling disorot adalah Iqbaal Ramadhan yang memerankan tokoh Dilan. Sejak film adaptasi novel berjudul sama karya Pidi Baiq ini dirilis, ia mendapat banyak pujian dari berbagai kalangan. Tak hanya itu, salah satu anggota boy band Coboy Junior tersebut langsung diserbu penggemar wanita yang terpukau dengan aktingnya sebagai Dilan yang nakal namun romantis.

Film Dilan 1990 mengisahkan tentang perjalanan cinta Milea, seorang gadis Jakarta yang pindah sekolah ke Bandung. Kehidupan barunya di Bandung dihiasi oleh Dilan yang langsung jatuh hati padanya sejak pertama kali bertemu. Meski awalnya sempat risih, akhirnya Milea membalas perasaan Dilan setelah dihujani banyak gombalan romantis dan kejutan-kejutan tak terduga. Sayangnya, perjalanan cinta mereka tidak selalu mulus. Milea masih menjalin hubungan jarak jauh dengan Beni sedangkan Dilan juga ditaksir oleh gadis lain. Tak hanya itu, teman-teman Dilan yang tergolong anak nakal pun juga memberi warna tersendiri dalam kisah mereka.

Baca juga: Tembus 5 Juta Penonton: 5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Nonton Dilan 1990

Danur 2: Maddah

Image credit: rizapahlevi.com

Sutradara: Awi Suryadi

Pemain: Prilly Latuconsina, Gamaharitz, Alexander Bain, Kevin Bzezovski, Sandrina Michelle, Sophia Latjuba, Shawn Adrian, Bucek

Risa adalah seorang gadis spesial yang menjalin persahabatan dengan tiga hantu yaitu William, Peter, dan Jhansen. Mereka menemani Risa yang hanya tinggal berdua dengan adiknya, Riri setelah ditinggal orang tuanya ke luar negeri. Merasa bosan dengan suasana yang itu-itu saja, mereka berdua menyempatkan diri untuk berkunjung ke rumah pamannya, Om Ahmad. Awalnya tidak ada kejadian aneh, namun setelah Risa menyaksikan Om Ahmad keluar bersama seorang wanita misterius, ia mulai merasakan keganjilan di rumah sang paman. Hal ini diperparah dengan cerita horor yang disampaikan sang sepupu padanya. Masalah bertambah ketika kisah horor rumah Om Ahmad tidak lagi sekadar cerita.

Danur 2: Maddah adalah sekuel film Danur yang diangkat dari novel horor berjudul sama karya Risa Saraswati. Dalam novelnya, Risa menceritakan pengalamannya sebagai gadis indigo. Novel ini kemudian laku keras dan diangkat sebagai film di tahun 2017. Di layar lebar, film Danur (2017) juga menuai kesuksesan besar dengan meraup lebih dari Rp 100 miliar. Kesuksesan ini menjadi salah satu faktor larisnya film Danur 2: Maddah yang diangkat dari novel lain Risa yang berjudul Maddah. Tercatat, film ini sukses menghadirkan lebih dari 2,5 juta penonton ke bioskop.

Teman Tapi Menikah

Image credit: layar.id

Sutradara: Rako Prijanto

Pemain: Adipati Dolken, Vanesha Prescilla, Cut Beby Tsabina, Refal Hadi, Denira Wiraguna, Sari Nila, Sarah Sechan, Iqbaal Ramadhan

Selain horor, genre romantis juga menguasai dunia perfilman Indonesia. Tercatat, lima dari 15 film 2018 terbaik Indonesia dengan penonton terbanyak termasuk kategori film romantis. Hal ini menunjukkan bahwa film romantis memiliki ruangan tersendiri di hati penikmat film Indonesia.

Film Teman tapi Menikah menceritakan tentang kisah cinta antara dua sahabat, Ditto dan Ayu. Mereka berdua telah bersahabat selama lebih dari 11 tahun, dan selama itu pula Ditto memendam rasa cintanya yang begitu besar. Kenyataannya, lelaki itu selalu gagal keluar dari friendzone karena Ayu yang gahar seperti preman hanya menganggapnya sebagai teman makan dan curhat belaka. Setelah mengalami kehidupan cinta yang rumit, suatu saat Ayu bercerita bahwa ia akan menikah dengan orang yang ia pacari. Ditto pun menghadapi dua pilihan sulit yang sama-sama berisiko: antara menyatakan perasaan dan mempertaruhkan persahabatan atau merelakan cinta pertamanya meski artinya ia harus memendam rasa sakit luar biasa.

Film Teman tapi Menikah diangkat dari novel berjudul sama karya pasangan suami istri Ayudia dan Ditto. Sangat menarik ketika mengetahui bahwa novel tersebut merupakan kisah nyata yang dialami oleh kedua penulis. Tampaknya, penikmat film Indonesia juga beranggapan sama. Buktinya, film ini berhasil menyedot lebih dari 1,6 juta penonton.

Baca juga: 12 Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Siap Bikin Baper

Jailangkung 2

Image credit: muterfilm.id

Sutradara: Rizal Mantovani, Jose Poernomo

Pemain: Amanda Rawles, Jefri Nichol, Hannah Al Rashid, Lukman Sardi, Naufal Samudra, Gabriella Quinlynn

Tasya adalah seorang gadis cilik yang tumbuh tanpa mengenal ibunya. Suatu hari, ia tak sengaja memutar rekaman video milik sang ayah yang pernah berkomunikasi dengan arwah almarhumah istrinya dengan perantara Jailangkung. Merasa tertarik, Tasya kemudian meniru jejak sang ayah. Sayangnya, perbuatan Tasya justru mendatangkan malapetaka alih-alih membuatnya bisa berkomunikasi dengan sang ibu untuk pertama kalinya.

Meski baru rilis tanggal 15 Juni lalu, film Jailangkung 2 sudah masuk dalam daftar film 2018 terlaris Indonesia dengan jumlah penoton sementara mendekati angka 1,5 juta. Hal ini membawa harapan baru bagi sineas Tanah Air yang berharap film produksi dalam negeri makin laku di negeri sendiri. Sampai akhir semester pertama, film 2018 Indonesia telah sukses menyedot lebih dari 2 juta penonton dan masih akan bertambah lagi di semester berikutnya.

Baca juga: 15 Film Horor Terseram Sepanjang Masa

Kuntilanak

Image credit: Twitter @cenayangfilm

Sutradara: Rizal Mantovani

Pemain: Sandrinna M Skornicki, Andryan Bima, Ciara Nadine Brosnan, Adlu Fahrezy, Ali Fikry, Aurelie Moeremans, Fero Walandouw

Masih film horor buatan Rizal Mantovani, kali ini di urutan kelima film 2018 Indonesia terlaris adalah Kuntilanak (2018). Film berdurasi 105 menit ini mengisahkan tentang sekelompok anak yang nekat mengeksplor sebuah rumah terbengkalai. Mereka melakukannya demi memenangkan sebuah sayembara reality show. Awalnya, sekelompok anak tersebut hanya mencoba membuktikan kabar adanya kuntilanak yang suka menculik anak kecil. Sayangnya, petualangan mereka berakhir menjadi bencana ketika sang makhluk jejadian justru memburu mereka.

Sama seperti film Jailangkung 2, Kuntilanak (2018) saat ini masih tayang di bioskop. Meskipun begitu, fakta bahwa film ini telah disaksikan oleh 1,2 juta penonton dalam waktu kurang dari sebulan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Selalu ada kemungkinan daftar film terlaris Indonesia di semester pertama 2018 akan berubah drastis.

Eiffel… I’m in Love 2

Image credit: detik.com

Sutradara: Rizal Mantovani

Pemain: Shandy Aulia, Samuel Rizal, Shakira Alatas, Saphira Indah

Lagi-lagi film buatan Rizal Mantovani.

12 tahun telah berlalu sejak pertemuan terakhir Tita dengan Adit. Kini, Tita dan Adit sudah menjadi orang dewasa yang menjalani hubungan jarak jauh. Selama 12 tahun itu juga mereka saling bertengkar secara rutin karena hal-hal sepele. Ketika kedua sahabatnya yaitu Nanda dan Uni telah menempuh hidup baru dengan menikah, Tita menjadi gelisah. Ia bertanya-tanya mengapa Adit tak kunjung melamarnya. Tanpa ia ketahui, Adit sedang mempersiapkan rencana besar yang melibatkan tidak hanya dirinya sendiri namun juga Tita. Sementara itu, muncul aktor baru dalam kehidupan Tita yang sepi karena terlalu lama ditinggal sang kekasih.

Film Eiffel… I’m in Love 2 (2018) merupakan film pertama Rizal Mantovani di tahun 2018. Film yang rilis 14 Februari ini sukses di box office Indonesia dan berhasil menarik lebih dari satu juta penonton. Selain film ini dan Kuntilanak (2018) serta Jailangkung 2, Rizal Mantovani juga menyutradarai film lain berjudul Bayi Gaib: Bayi Tumbal Bayi Mati. Film horor ini juga masuk dalam daftar film 2018 terbaik Indonesia dengan jumlah penonton 613 ribu orang. Tampaknya tahun 2018 menjadi salah satu tahun tersibuk bagi sutradara berusia 50 tahun tersebut.

Baca juga: 10 Film Adaptasi Novel Indonesia Terbaik dan Super Romantis

Yowis Ben

Image credit: imdb.com

Sutradara: Fajar Nugros, Bayu Skak

Pemain: Bayu Skak, Cut Meyriska, Brandon Salim, Joshua Suherman, Tutus Thomson

Youtuber Bayu Skak kini hadir kembali di film ketujuhnya yang berjudul Yowis Ben. Film komedi romantis ini menceritakan kisahnya sebagai Bayu, seorang anak SMA yang naksir dengan teman seangkatannya, Susan. Meski telah lama jatuh hati pada primadona SMA itu, ia tetap memendamnya lantaran tidak pede dengan keadaan dirinya yang biasa-biasa saja. Hal ini lalu berubah sejak Susan mengirim pesan suara padanya. Bayu yang mengira mendapat sinyal dari Susan lalu mulai menumbuhkan kepercayaan diri. Ia pun membuat grup band dengan tujuan menandingi Roy, pacar Susan yang juga merupakan gitaris band sekolah. Dengan band yang ia namakan Yowis Ben, Bayu mendapat kesempatan menjadi populer. Sayangnya, ia juga harus menghadapi banyak tantangan, termasuk perpecahan antar personil bandnya sendiri.

Debut Bayu Skak sebagai sutradara di film ini mendapat sambutan positif dari para penikmat film. Buktinya, film Yowis Ben berhasil bertengger di posisi 7 film terlaris Indonesia di semester pertama 2018 dengan jumlah penonton 935 ribu orang.

Baca juga: 10 Film Komedi Romantis Terbaik untuk Kamu Tonton Bersama Pasangan

***

Itu dia 7 film 2018 Indonesia yang paling laris di bioskop. Sudahkah kamu menonton kesemuanya? Jika belum, dapatkan segera koleksinya di toko-toko DVD terdekat. Dalam aplikasi berbasis web GoToMalls, kamu bisa menemukan promo apa saja yang kamu butuhkan. Mulai dari makanan, pakaian, kosmetik, alat olah raga, hingga paket wisata. Semua ada di GoToMalls!

Leave a Reply