Siapa Sangka, Mainan Lego Bisa Dibersihkan Dengan Mesin Cuci

Nadia Fauzia

, Events, Mall

Sejak dulu, LEGO selalu jadi mainan favorit anak. Selain itu, mainan LEGO juga banyak dipilih orang tua sebagai hadiah karena dapat membantu perkembangan otak anak ketika dimainkan. Meskipun begitu, permainan yang mengandalkan kreativitas ini juga mendatangkan banyak masalah terutama jika tersebar dan tidak terawat. Membersihkan mainan LEGO pun juga menjadi tantangan tersendiri mengingat banyaknya bagian LEGO dan ukurannya yang kecil-kecil. Tak perlu khawatir, GoToMalls hadir untuk membantu Anda. Ini dia 3 cara mudah merawat dan membersihkan mainan LEGO tanpa repot.

Baca juga: 10 Mainan Lego Set Paling Dicari Di Dunia. Harganya Hingga 50juta!

Membersihkan LEGO dengan Tangan

Image credit: tyroga.com

Membersihkan mainan LEGO si kecil dengan tangan bisa menjadi pilihan tepat untuk memanfaatkan waktu longgar. Anda juga bisa mengajak buah hati untuk ikut membersihkan mainannya agar ia belajar bertanggung jawab. Meskipun metode ini menghabiskan banyak waktu, namun risiko LEGO rusak akan jauh lebih kecil. Mengingat harga mainan LEGO tidak murah, rasanya cara ini cukup worth it. Ikuti instruksi berikut agar koleksi LEGO terhindar dari kerusakan tak disengaja.

Gosok Bagian Sensitif dengan Handuk Kering atau Sikat Gigi

Image credit: legoways.com

Tidak semua kepingan LEGO bisa dibersihkan dengan cara yang sama. Ada kepingan-kepingan yang harus diperlakukan secara ekstra hati-hati, seperti bagian kepala yang berstiker atau badan yang dicetak dengan pola. Selain itu masih ada bagian-bagian yang tak bisa dipisahkan seperti pemutar CD. Khusus jenis kepingan LEGO tersebut, bersihkan menggunakan handuk kering. Jika terdapat kotoran yang sulit dibersihkan, hilangkan dengan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut.

Pisahkan Bagian Lain

Image credit: reddit.com

Untuk bagian lain yang tidak bersifat sensitif, lepaskan seluruhnya hingga semua kepingan mainan LEGO terpisah. Hati-hati, ada beberapa kepingan yang memang tidak bisa dilepas. Pastikan pula Anda melepaskan bagian-bagian unit seperti roda, pedang, dan lain-lain. Setelah seluruhnya dipisahkan, bagi kepingan-kepingan tersebut di dalam box. Jika Anda punya koleksi mainan LEGO dalam jumlah banyak, bagi kepingan-kepingan dalam beberapa kotak. Setiap kotak maksimal berisi 200 atau 300 keping tergantung besarnya.

Cuci dengan Air Sabun

Image credit: theadventuresoflolo.com

Setelah memisahkan kepingan-kepingan LEGO, letakkan semuanya dalam sebuah wadah. Tuang air hangat lalu campur dengan beberapa tetes larutan pencuci piring atau sedikit deterjen ringan. Jika sudah tercampur, aduk kepingan-kepingan LEGO tersebut dengan tangan untuk memastikan seluruhnya terkena air sabun. Ingat, jangan menggunakan produk pembersih yang mengandung pemutih. Produk ini dapat merusak warna mainan LEGO. Selain itu, perhatikan pula suhu air hangat yang Anda tuang. Pastikan air tersebut tidak melebihi batas 40ºC.

Menggunakan Cuka (Kasus Tertentu)

Image credit: picbear.com

Kadang, kepingan mainan LEGO tersimpan di tempat kotor sehingga mengeluarkan bau yang kurang sedap. Atasi hal ini dengan mendesinfeksinya menggunakan cuka. Caranya mudah, cukup tambahkan cuka dalam air dan rendam kepingan-kepingan LEGO yang ingin Anda bersihkan secara ekstra. Perbandingan cuka dan air yang direkomedasikan adalah 1:4 atau 1:2.

Rendam Sampai Benar-Benar Bersih

Ketika merendam mainan LEGO, berilah waktu sampai sekitar 10 menit untuk memastikan kebersihannya. Jika air rendaman terlihat sangat keruh, kuras dan gantilah dengan air bersabun yang baru. Setelah itu, biarkan kepingan-kepingan LEGO tersebut terendam selama minimal satu jam. Jangan takut untuk meninggalkannya semalaman selama sabun yang Anda gunakan tidak mengandung pemutih.

Gosok Jika Diperlukan

Sama seperti pakaian, pada mainan LEGO pun sering terdapat kotoran yang membandel. Jika Anda menemukan kepingan LEGO dengan kotoran masih menempel meski sudah direndam, gosoklah dengan sikat gigi baru. Pastikan bulu sikat yang Anda gunakan masih lembut sehingga tidak menggores mainan LEGO. Untuk bagian-bagian yang sulit dijangkau seperti celah kecil, bersihkan dengan tusuk gigi.

Bilas dengan Air

Setelah merendam kumpulan kepingan LEGO dalam air bersabun, saatnya membilasnya. Pindahkan seluruh kepingan mainan LEGO ke dalam saringan lalu bersihkan dengan air dingin. Hal ini akan menghilangkan sabun yang masih menempel sekaligus melepaskan kotoran yang masih tersisa.

Mengeringkan Kepingan LEGO

Image credit: wikimedia.org

Langkah terakhir dari membersihkan mainan LEGO dengan tangan adalah mengeringkannya. Sebagai step awal, Anda boleh memutar kepingan-kepingan LEGO pada alat pengering agar lebih mudah menghilangkan airnya. Setelah itu, letakkan koleksi LEGO tersebut di atas handuk kering sehingga air dapat terserap dari bawah. Tak punya banyak waktu? Gampang, manfaatkan saja kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan. Ingat, jangan tergoda untuk mengeringkan mainan LEGO dengan pengering rambut karena alat tersebut justru dapat merusaknya.

Baca juga: 10 Lego Set Paling Dicari Di Dunia. Harganya Hingga 50juta!

Membersihkan dengan Mesin Cuci

Metode ini kurang direkomendasikan dan GoToMalls juga tidak menyarankan karena dapat merusak kepingan LEGO. Layanan konsumen LEGO sendiri juga telah melarang pengguna LEGO untuk menggunakan mesin cuci karena risiko rusaknya yang tinggi. Meskipun begitu, pada kenyataannya cukup banyak pula kepingan LEGO yang tidak rusak meski dibersihkan dengan mesin cuci. Oleh karena itu, jika kondisi mainan LEGO sangat kotor dan Anda tidak punya banyak waktu, cara ini bisa dipilih sebagai alternatif terakhir.

Ikuti instruksi berikut untuk meminimalisir rusaknya koleksi LEGO dan juga mesin cuci Anda.

Pisahkan Seluruh Kepingan

Image credit: flickr.com

Sama seperti membersihkan dengan tangan, Anda juga perlu memisahkan seluruh kepingan mainan LEGO sebelum membersihkannya dengan mesin cuci. Kesampingkan kepingan LEGO yang terpasang stiker dan tinta cetakan. Selain itu, sisihkan juga bagian yang dapat digerakkan, bagian yang dapat menghantarkan listrik, atau plastik transparan. Sempatkan pula menggosok seluruh kepingan LEGO dengan handuk kering atau alkohol untuk menghindari kerusakan akibat guncangan mesin cuci.

Masukkan Kepingan dalam Kantong Laundry atau Sarung Bantal

Image credit: snapguide.com

Mengingat mesin cuci akan bergoncang dan menghasilkan putaran air yang cukup kencang ketika digunakan, bungkus koleksi LEGO terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan kantong laundry atau sarung bantal. Jangan lupa untuk menutupnya hingga rapat dengan resleting atau karet gelang. Selain itu, kantong baju berjaring juga bisa Anda pilih untuk mencegah kepingan LEGO merusak mesin cuci sekaligus meminimalkan kerusakan yang dapat ditimbulkan.

Atur Mesin Cuci

Image credit: princeton.edu

Saat ini, mesin cuci sudah banyak dilengkapi dengan pengaturan pencucian. Ketika memakainya untuk membersihkan LEGO, gunakan settingan yang paling lembut untuk menghindari kerusakan. Di samping itu, ada baiknya Anda menggunakan air dingin untuk mencucinya. Pasalnya, jika dicuci dengan air bersuhu 40ºC, kepingan LEGO dapat meleleh.

Gunakan Deterjen Ringan

Image credit: solusiibuattack.com

Deterjen yang ringan dapat membantu meminimalisir munculnya goresan. Anda kesulitan mencarinya di supermarket? Lihat saja labelnya pada deterjen ramah lingkungan. Jenis deterjen ini sudah dapat membersihkan kepingan LEGO secara efektif.

Keringkan dengan Benar

Mengeringkan kepingan mainan LEGO tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Sama seperti ketika menggunakan metode dengan tangan, mainan LEGO paling baik diletakkan di atas handuk kering yang menyerap air. Tinggalkan selama beberapa jam hingga satu atau dua hari hingga benar-benar kering. Waktu yang dibutuhkan selama proses pengeringan biasanya tergantung tingkat kelembapan udara. Pastikan kepingan-kepingan LEGO dikeringkan di ruangan yang berventilasi dan jauhkan dari panas yang dapat membuat LEGO memuai.

Baca juga: 5 Hadiah yang Tepat Diberikan Ke Anak Saat Hari Spesialnya

Mengembalikan Warna LEGO

Mainan LEGO yang telah berumur panjang umumnya akan mengalami pemudaran warna akibat sinar matahari. Atasi hal ini dengan metode mengembalikan warna LEGO yang tepat. Perlu diingat, metode ini tidak dapat membersihkan kepingan LEGO, jadi cuci terlebih dahulu mainan LEGO dengan salah satu cara di atas. Berikut cara-caranya.

Masukkan Kepingan LEGO Dalam Wadah Transparan

Meski terdengar aneh, namun cara untuk mengembalikan warna LEGO yang telah pudar karena sinar matahari memang membutuhkan sinar matahari pula. Pasalnya, cairan yang membantu mengembalikan warna LEGO hanya dapat bereaksi dengan sinar ultraviolet. Oleh karena itu, gunakanlah wadah gelas atau plastik transparan yang dapat tertembus sinar matahari.

Setelah memasukkan kepingan LEGO dalam wadah, letakkan wadah tersebut di tempat yang banyak terkena sinar matahari. Pastikan tempat tersebut jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Hal ini penting mengingat bahan yang digunakan untuk mengembalikan warna LEGO bersifat toksik bila terminum. Pastikan juga Anda telah memisahkan bagian LEGO yang tertempel stiker dan yang bersifat konduktor listrik.

Rendam Dalam Cairan Hidrogen Peroksida

Image credit: wikimedia.org

Inilah cairan yang digunakan untuk mengembalikan warna mainan LEGO yang memudar. Gunakan cairan hidrogen peroksida dengan konsentrasi standar 3%. Cairan ini umumnya tersedia di apotek. Belilah dalam jumlah banyak karena Anda membutuhkannya untuk merendam seluruh kepingan LEGO yang hilang warnanya.

Cairan hidrogen peroksida 3% sejatinya aman untuk kulit, namun tetap lindungi diri Anda dengan sarung tangan dan kacamata pelindung. Hal ini berguna untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan yang mungkin saja terjadi. Terpenting, jauhkan cairan tersebut dari mulut dan rambut.

Ketika direndam, sebagian kepingan LEGO mungkin akan mengapung. Padahal, syarat warna kembali adalah semua bagian terendam cairan hidrogen peroksida. Solusinya adalah dengan menumpuk benda pemberat di atas kepingan LEGO.

Aduk Tiap Satu Jam

Sebelum meninggalkan mainan LEGO terendam, aduklah rendaman LEGO dengan stik atau tangan yang terbungkus. Tujuannya adalah untuk menghilangkan gelembung yang dapat menyebabkan kepingan LEGO mengapung. Jika kepingan LEGO dibiarkan mengapung terlalu lama, pada bagian tersebut akan timbul bekas air berwarna putih. Tentunya Anda tidak menginginkan hal ini, bukan? Oleh karena itu, aduklah rendaman LEGO tiap satu jam.

Sebagai catatan, cairan hidrogen peroksida yang memiliki rumus kimia H2O2 secara normal akan melepaskan gelembung oksigen hingga menjadi H2O. Artinya, jika tidak ada gelembung yang terbentuk setelah satu jam, maka cairan tersebut telah berubah menjadi air biasa. Jika demikian, buang cairan rendaman dan ulangi metode ini dengan cairan hidrogen peroksida yang baru.

Bilas dan Keringkan

Image credit: wikimedia.org

Umumnya, butuh waktu selama empat hingga enam jam sampai warna LEGO kembali. Lamanya proses pengembalian warna LEGO juga tergantung dari terik matahari dan umur cairan hidrogen peroksida. Setelah warna LEGO kembali, pindahkan seluruh kepingan dalam saringan kemudian bersihkan dengan air dan keringkan. Ikuti petunjuk yang telah disebutkan di atas hingga mainan LEGO benar-benar kering.

Bermain LEGO di Tunjungan Plaza Surabaya

Image credit: IG @tunjungan_plaza

Mainan LEGO sudah bersih? Saatnya memainkannya! Bagi Anda yang tinggal di Surabaya, mall Tunjungan Plaza tengah mengadakan event seru buat para penggemar mainan LEGO. Tak hanya si kecil yang bisa ikut, Anda yang hobi berkreasi dengan mainan LEGO pun juga bisa berpartisipasi. Dalam event bertajuk LEGO Creative Carnival ini, ada sederet aktivitas seru yang akan memuaskan penggemar LEGO. Mulai dari Free LEGO Play Arena, Building Competition setiap hari Sabtu pukul 15.00 WIB, dan meet & greet setiap hari pukul 16.00 & 19.00 WIB. Di samping itu masih ada kegiatan Monthly Mini Build setiap hari Minggu pukul 15.00 WIB. Tertarik? Segera datangi Atrium Tunjungan Plaza 6 Surabaya sebelum event seru ini berakhir tanggal 15 Juli mendatang!

Selain adu kreativitas, para penggemar LEGO juga bisa menikmati diskon hingga 70% di mall Tunjungan Plaza. Dapatkan pula cashback 10% selama event berlangsung, khusus bagi pemegang kartu OVO. Mau main ke mall tapi takut kantong kering? Cari promo dulu saja di GoToMalls.com! GoToMalls menyediakan info terlengkap seputar promo, diskon, dan kupon yang sedang berlaku di mall-mall seluruh Indonesia. Mulai dari promosi pakaian, sepatu, makanan, makeup, perlengkapan olahraga, hingga tiket nonton di bioskop, semua ada di GoToMalls!

Baca juga: 4 Rekomendasi PlayGround yang Bikin Anak dan Ibu Happy

Leave a Reply