Tutorial Makeup Lebaran Simpel Pakai Produk Drugstore

Dianing Shiamita

, Beauty

Lebaran sudah di depan mata, nih. Persiapan apa saja yang sudah kamu lakukan? Buat para cewek, jangan lupa dandan di Hari Kemenangan nanti biar kamu tampil makin cantik dan flawless. Untuk menghasilkan makeup yang bagus nggak butuh biaya mahal, kok. Karena sekarang sudah banyak tersedia kosmetik yang dijual di drugstore yang terjangkau tapi kualitasnya nggak kalah sama merek high-end. Biar nggak kelabakan saat hari Lebaran tiba, kamu harus tonton dulu tutorial makeup Idul Fitri dari beauty vlogger di bawah ini:

Baca juga: MakeUp Minimalis Ala Meghan Markle di Hari Lebaran

Berikut langkah-langkahnya:

Double Cleanse

Dasar yang paling penting sebelum mengaplikasikan makeup adalah wajah harus bersih supaya nggak menumpuk kotoran pada wajah yang bisa menyebabkan jerawat. Jadi pastikan kamu sudah membersihkan wajahmu dengan facial foam yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kemudian jangan lupa untuk memakai toner dengan cara ditepuk-tepuk pada wajah untuk menutup pori-pori.

Pakai Pelembap/Face Mist dan Sunscreen

Langkah kedua yang nggak kalah penting adalah memakai pelembap/face mist dan sunscreen. Pelembap/face mist berguna untuk membuat wajahmu nggak kering yang bisa merusak tampilan makeup. Sedangkan sunscreen akan melindungi kulitmu dari paparan sinar UV yang berbahaya bagi kulit. Oleskan tipis-tipis dengan tangan dan tunggu hingga meresap, ya!

Oleskan Serum

Serum memiliki banyak manfaat bagi kulitmu. Diantaranya adalah melembapkan, mengurangi minyak berlebih, melindungi kulit dari paparan polusi dan sinar matahari, dan masih banyak lagi. Terlebih saat Lebaran nanti kamu pasti akan halal-bihalal seharian yang bisa bikin wajah jadi berminyak dan kusam. Dengan menggunakan serum, makeup kamu jadi lebih awet seharian. Jadi jangan lupa untuk mengoleskan serum tipis-tipis saja dan ratakan ke seluruh wajah menggunakan tangan.

Pakai BB Cream

Buat kamu yang kurang suka pakai foundation bisa menggantinya dengan BB Cream. Produk ini memang lebih ringan untuk kulit dan memberikan kesan natural, cocok nih buat kamu yang suka riasan natural. Oleskan BB Cream dengan tangan lalu ratakan dengan brush foundation atau sponge. Ratakan secara perlahan di setiap bagian wajah agar mendapatkan hasil yang flawless. Pastikan lagi nggak ada yang terlewat dan warna kulitmu sudah merata.

Concealer untuk Mata Panda dan Bekas Jerawat

Pasti banyak di antara kamu yang punya mata panda ataupun bekas jerawat yang mengganggu. Untuk menyiasatinya sementara, kamu bisa menutupinya dengan concealer. Oleskan concealer ke bagian yang ingin kamu tutupi, lalu ratakan dengan spons. Untuk hasil natural, jangan langsung mengoleskan concealer pada bagian mata. Oleskan dulu pada punggung tangan lalu aplikasikan di sekitar mata. Lihat perbedaannya, mata kamu jadi lebih fresh.

Pakai Bedak Tabur

Setelah itu, jangan lupa pakai bedak. Pilih bedak jenis tabur agar dapat menyerap minyak berlebih pada wajah. Bedak tabur juga membuat makeup lebih tahan lama. Untuk pengaplikasian sebaiknya dengan kuas saja untuk mendapatkan hasil yang natural. Ambil sedikit dengan kuas lalu pulaskan tipis-tipis secara merata dengan gerakan memutar.

Baca juga: 11 Pilihan Warna Kutek Untuk Dipakai di Hari Lebaran

Oleskan Blush On

Blush on diperlukan untuk memberikan rona segar pada wajah biar nggak kelihatan pucat. Pakailah blush on warna pink atau peach. Sebaiknya jangan terlalu banyak mengoleskannya, karena nanti makeup Lebaranmu malah jadi kelihatan menor.

Eyeshadow Warna Natural

Pemakaian eyeshadow yang kelihatan ringan ditentukan dari pemilihan warna yang kamu pakai. Sebagai saran pilihlah warna natural, seperti cokelat, krem, gold, peach, atau rose gold. Biar warnanya lebih keluar, oleskan dulu base eyeshadow, lalu aplikasikan eyeshadow pakai brush khusus.

Bentuk Alis

Kalau kamu punya alis yang tipis, gunakan pensil alis untuk lebih ‘mengisi’ alis mu. Arsirkan pensil alis tipis-tipis hingga lebih kentara. Jangan memakainya terlalu tebal, karena bisa terlihat menor dan memberikan kesan galak. Pilih juga warna pensil alis yang cenderung lembut, seperti dark brown atau dark grey.

Gunakan Eyeliner dan Maskara

Buat matamu lebih ekspresif dengan eyeliner cair atau gel. Aplikasikan pada garis matamu hingga keluar sedikit dari area mata. Lalu jangan lupa pakai maskara pada bulu matamu. Jepit dulu bulu mata dan oleskan maskara secara perlahan. Bulu matamu akan kelihatan lebih tebal dan lentik.

Pulaskan Lipstik

Tutorial makeup yang terakhir, oleskan lipstik warna nude. Jika ingin lebih awet, kamu bisa pilih lipstik matte. Namun ingat, pulaskan bibirmu dengan pelembap terlebih dahulu agar tidak kering dan mengelupas. Pastinya bikin nggak nyaman banget kan kalau harus bertemu banyak orang dengan bibir kering?

Baca juga: 10 Lipstik Tahan Lama Biar Tanpa Perlu Touch Up Selama Silaturahmi

Gimana, gampang kan tutorial makeup Lebaran di atas? Buat kamu yang masih awam soal dunia makeup bisa belajar dulu dengan menonton video di atas dan praktikkan sebelum Idul Fitri tiba. Kalau belum punya kosmetik, beli dulu saja di Watsons, Century, atau Guardian. Ketiga merchant ini menjual beragam produk kosmetik drugstore dengan aneka merek. Biar lebih irit budget, cek dulu yuk promo kecantikan di GoToMalls.com.

Leave a Reply