9 Tips Liburan Murah On Budget

Liburan bukan berarti harus bersenang-senang tanpa memikirkan kondisi finansial. Daripada menghadapi risiko kantong jebol sepulang dari liburan, lebih baik kamu menikmati liburan murah yang sesuai dengan budget. Mau tau cara-caranya? GoToMalls punya 9 tips mudah untuk liburan murah tanpa mengorbankan sensasi liburan yang kamu cari. Check it out!

Baca juga: 10 Tempat Wisata Populer dan Anti Mainstream di Denpasar

Rencanakan Sebaik Mungkin

Gagal dalam merencanakan sama dengan merencakan untuk gagal. Hindari hal ini dengan merencanakan liburanmu sebaik mungkin. Meskipun kamu termasuk orang yang spontan, untuk urusan liburan kamu tetap harus membuat planning yang matang. Tujuannya tentu agar kamu tahu kemana kamu akan pergi, apa saja yang akan kamu lakukan, dan yang terpenting yaitu berapa dana yang dibutuhkan. Bila perlu, lakukan riset dengan browsing di internet serta bertanya pada yang lebih berpengalaman.

Jangan Tergoda Hotel Berbintang

Image credit: pixabay.com

Menginap di hotel berbintang memang nyaman, semua hal terjamin dan terjaga kualitasnya. Meskipun begitu, kamu jadi harus menyiapkan budget besar hanya untuk menikmati istirahat nyaman yang sebenarnya tidak lama. Oleh karena itu, carilah penginapan standar dengan biaya sewa kamar tak terlalu mahal. Alternatif lain adalah tinggal di rumah kerabat atau teman. Selain dapat merekatkan tali persaudaraan, kamu juga jadi bisa menghemat biaya akomodasi. Mereka pasti senang dapat membantu sekaligus mengajakmu ke spot-spot wisata lokal yang seru.

Tekan Budget Trasportasi

Salah satu alokasi terbesar ketika berlibur adalah budget untuk transportasi, apalagi jika kamu travelling ke luar negeri. Hindari pemborosan dengan menekan budget transportasi sebisa mungkin. Carilah tiket penerbangan sejak jauh hari untuk mendapat promo harga terbaik. Jika kamu memilih memakai bus, lakukan perjalanan malam agar kamu tidak perlu mencari tempat menginap. Sesampainya di lokasi wisata, berhematlah dengan berjalan kaki untuk mencapai objek wisata yang tidak begitu jauh. Selain lebih sehat dan hemat, kamu juga bisa memotret objek-objek menarik yang kamu lewati.

Selektif dalam Memilih Destinasi Wisata

Liburan murah bukan berarti tidak bisa bersenang-senang. Selama kamu bisa menentukan destinasi wisata yang tepat, liburan murah bisa jadi sangat mengasyikkan. Solusi dari GoToMalls adalah memilih objek wisata yang anti mainstream dan belum banyak diketahui oleh turis. Ada banyak pantai, misalnya, yang sama-sama memiliki pemandangan indah namun belum banyak dikunjungi meski berjarak tak jauh dari pantai yang lebih terkenal seperti Pantai Kuta. Selain itu, masih banyak pula kampung-kampung wisata yang belum begitu terkenal meski tak kalah menarik dibanding kampung wisata ternama.

Baca juga: 8 Destinasi Libur Lebaran Paling Seru Bersama Keluarga [2018]

Wisata Kuliner Street Food 

Image credit: kaskus.co.id

Rasanya tak ada orang yang tidak suka berwisata kuliner. Hampir setiap daerah memiliki makanan dan minuman khasnya masing-masing yang sayang untuk dilewatkan. Meski berlibur dengan budget terbatas, kamu tetap bisa menikmati wisata kuliner. Hanya saja, pilihlah jajanan-jajanan yang murah meriah seperti street food atau food truck. Selain berharga miring, rasanya tentu tak kalah yummy dengan side dish ala restoran berbintang. Selain itu, kamu juga jadi bisa menikmati cita rasa makanan lokal langsung dari orang setempat. Jika kebingungan, tanyalah teman-teman dan kerabatmu lokasi street food mana yang paling oke dicoba.

Jangan Tergiur Oleh-Oleh Mahal

Umumnya orang berlibur pasti akan diminta untuk membawakan oleh-oleh. Kalaupun tidak diminta, kamu pasti ingin memberi kenang-kenangan dari objek wisata yang kamu pergi. Baik dalam bentuk makanan lokal ataupun cendera mata. Dalam hal ini, kamu perlu mengingat alokasi budget agar tidak boros. Sebaiknya jangan tergiur oleh-oleh berharga mahal, sebagus apapun itu. Hal-hal simpel seperti kartu pos dengan objek wisata lokal justru akan memberi kesan yang lebih dalam, apalagi jika kamu menulis ucapan di baliknya. Jika destinasi wisata yang kamu pilih tidak menawarkan kartu pos, kamu bisa menggunakan foto-foto yang kamu jepret sebagai gantinya. Pilihlah beberapa jepretan terbaik lalu cetak dan tuliskan pesan-pesan di baliknya. Kenang-kenangan seperti ini justru lebih dihargai karena terdapat sentuhan personal yang menandakan kedekatanmu dengan mereka.

Ajak Teman

Liburan akan lebih seru jika dilakukan bersama. Selama ada teman di samping maka kemanapun kaki melangkah akan terasa menyenangkan. Dengan berlibur bersama teman, budget dapat lebih ditekan terutama jika kamu memutuskan untuk menggunakan kendaran pribadi seperti motor atau mobil. Keuntungan utama yang kamu dapatkan adalah sharing budget, contohnya untuk membeli bensin dan menyewa penginapan. Selain itu, perjalanan ke lokasi wisata juga akan semakin asyik dengan adanya teman untuk mengobrol meski dilakukan dengan berjalan kaki.

Baca juga: Mudik Pakai Mobil? Perhatikan 7 Hal Penting Berikut

Pilih Waktu-Waktu Low Season

Image credit: berangan.com

Waktu low season adalah waktu-waktu ketika orang tidak banyak berlibur, contohnya adalah ketika weekdays. Di waktu-waktu ini, objek wisata tidak terlalu ramai dan biaya retribusinya pun umumnya akan berbeda. Manfaatkan hal ini untuk liburan murah ke tempat-tempat yang biasanya selalu ramai pengunjung di musim liburan. Jangan takut untuk mengambil jatah cuti kerja demi merasakan keseruan backpackeran ke lokasi-lokasi wisata ternama. Hanya saja, pastikan pekerjaanmu beres sebelum berangkat.

Selalu Bawa Bekal Sendiri

Hal ini mungkin terdengar aneh, namun akan sangat berguna dalam perjalanan liburan, terutama jika kamu termasuk orang yang mudah haus dan senang ngemil. Di lokasi wisata, umumnya harga jajanan dan minuman melonjak jauh sehingga tak terasa membuat kantong jebol. Hindari hal ini dengan membawa bekal makanan ringan dan minuman sendiri dari penginapan. Alternatifnya adalah membeli di minimarket yang tentunya akan lebih murah.

***

Itu dia 9 tips liburan murah on budget yang bisa kamu aplikasikan saat hendak liburan. Mudah, kan? Hanya berbekal internet dan koneksi, kamu bisa berlibur asyik tanpa khawatir. Jangan lupa cek terus GoToMalls.com sebagai aplikasi berbasis web pertama yang menyediakan kamu info lengkap seputar promo diskon, kupon, dan event-event seru yang sedang berlangsung! Siapa tahu kamu menemukan promo liburan ataupun diskon makanan dan minuman di mall-mall tempat kamu berwisata! Boleh juga kamu jadikan referensi destinasi wisata!

Leave a Reply