7 Tips Dekorasi Kamar untuk Anak Laki-Laki

Ingin anak Anda mandiri sedari kecil? Pelajaran pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengajarkannya tidur di kamarnya sendiri. Untuk itu, Anda harus menyiapkan space khusus di rumah untuk didekorasi sebagai kamarnya. Dekorasi kamar anak laki-laki tentu berbeda dengan anak perempuan. Ada beberapa detail khusus yang harus diperhatikan. Berikut 7 tips dekorasi kamar anak laki-laki yang akan membuat anak Anda betah dan merasa nyaman tidur sendirian di kamarnya:

Baca juga: Intip yuk 7 Tips Kreatif Mendekorasi Kamar Anak Ini!

Pilih Cat Tembok Warna Netral dan Wallpaper Menarik

Jika mendekorasi kamar anak perempuan, pilihan warna untuk cat tembok tentu cenderung terang dan feminin. Kebalikannya, Anda bisa menggunakan warna gelap untuk kamar anak laki-laki. Warna gelap yang dipilih juga bukan sembarangan. Sebaiknya pilih warna navy atau cokelat bata. Jika kurang suka, sebaiknya pilih cat tembok warna netral saja seperti putih, krem, dan abu-abu terang. Pilihan warna gelap dan netral tersebut lebih maskulin untuk anak laki-laki.

Selain pemilihan cat, kamu juga bisa menggunakan alternatif kertas dinding atau wallpaper. Ada banyak pilihan, misal wallpaper yang melapisi keseluruhan ruangan dan wallpaper yang berupa gambar ikonik seperti gambar galaksi atau roket. Jika ingin mempertahankan warna cat tembok, maka pilih wallpaper berupa gambar-gambar menarik seperti destinasi atau hewan.

Beri Sirkulasi Udara dan Pencahayaan yang Cukup

Image credit: gacahome.com

Hal yang tak boleh terlewat adalah memberi ventilasi udara dan pencahayaan yang cukup untuk kamar anak laki-laki Anda. Ventilasi udara berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara agar kamar anak tidak pengap dan lembap. Pencahayaan yang cukup bisa didapat dari jendela atau lampu yang terang. Jangan pilih lampu remang karena akan berpengaruh pada mata anak. Kenyamanan anak Anda juga harus diperhatikan. Jika kamarnya gelap dan pengap, bisa jadi anak laki-laki Anda akan ketakutan tidur sendirian. Untuk menyiasati tagihan listrik, kamu bisa membiasakan anak untuk mematikan lampu utama saat akan tidur. Taruh lampu tidur atau lampu hias yang menarik agar anak Anda bisa menyalakannya sebelum tidur.

Gunakan Perabot yang Ramah dan Multifungsi

Image credit: home-designing.com

Anak laki-laki cenderung lebih aktif, untuk itu, pilih perabot kamar yang ramah. Anda bisa memilih perabot dengan ujung atau siku-siku yang tidak runcing. Selain itu, bisa juga menggunakan perabot yang berbahan semi plastik. Selain itu, Anda juga bisa memilih perabot yang multifungsi. Kini, Anda bisa dengan mudah menemukan perabot yang memiliki dua atau lebih fungsi.

Sewaktu kecil, apakah Anda pernah merasa ketakutan karena berpikir ada sesuatu di kolong kamar tidur Anda? Begitulah hal yang juga dirasakan anak laki-laki Anda! Sebaiknya, pilih kamar tidur dengan laci penyimpanan di bawahnya. Selain berfungsi untuk meminimalisir ketakutan anak tidur sendiri, perabot praktis yang multifungsi ini juga berguna untuk menghemat ruang terbatas. Anak laki-laki Anda yang aktif tidak akan protes dengan kamarnya yang luas! Jika Anda punya dua anak laki-laki, Anda bisa memilih tempat tidur model bed bunk yang lebih praktis.

Tambahkan Karpet Lembut

Image credit: home-designing.com

Anak laki-laki cenderung suka berlarian, entah itu di dalam rumah atau di luar rumah. Kamarnya perlu memfasilitasi kegiatan yang satu ini. Agar anak tidak terpeleset saat berlarian di dalam kamarnya, Anda bisa menambahkan karpet lembut yang tidak licin. Agar sesuai dengan dekorasi anak laki-laki Anda, Anda juga harus memperhatikan warna karpet ini ya!

Siapkan Ruang Bermain di Kamar

Kamar anak laki-laki Anda harus dilengkapi dengan space untuk bermain. Hal ini dimaksudkan agar anak merasa betah dan tidak bosan jika harus bermain di dalam kamar. Anda bisa menyiapkan space di pojok atau tengah kamar. Ajarkan anak untuk menata koleksi mainannya setelah selesai bermain.

Siapkan Rak Buku dan Tempat Penyimpanan Barang

Kamar bukan hanya tempat untuk tidur saja. Ruangan ini bisa menjadi tempat untuk bermain dan belajar anak. Anda harus mengimbangi koleksi mainan anak Anda dengan buku-buku yang menunjang wawasan anak. Buku cerita bergambar bisa jadi pilihan yang pas untuk anak Anda. Pilih buku cerita dengan karakter dalam film kartun, karakter superhero atau hewan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan buku gambar atau buku mewarnai. Siapkan rak buku khusus untuk menyimpan koleksi bukunya.

Bagaimana dengan koleksi mainannya? Hal ini juga tidak boleh Anda lewatkan. Jika anak memiliki tempat penyimpanan barang untuk koleksinya, anak akan lebih bertanggung jawab menata dan menyimpan mainannya setelah selesai bermain. Selain itu, tempat penyimpanan barang ini juga akan mempermudah anak menemukan mainan favoritnya.

Baca juga: Dijamin Betah: 7 Tips Menata Kamar Anak dengan Mudah

Hias Kamar Sesuai Karakter Favorit Anak

Image credit: remodelaholic.com

Jika anak Anda sudah mengenal tokoh atau karakter favorit, tidak ada salahnya menghias kamarnya sesuai dengan karakter favoritnya. Selain untuk menyenangkan anak Anda, ini juga memudahkan Anda mencari dekorasi atau hiasan yang pas untuk dipajang di kamar anak. Ada beberapa karakter yang biasanya disukai anak laki-laki, misalnya Batman, Spiderman, Superman, Super Mario Bros, Cars, dan masih banyak lagi. Jika Anda kurang tahu karakter favoritnya, sebaiknya tanya langsung saja. Sesekali, ajak anak ke toko perabot tematik untuk memilih sendiri yang disukainya.

Baca juga: 5 Tips Bikin Kamar Tambah Nyaman! Dijamin Makin Mager Deh!

***

Anda bisa menerapkan 7 tips dekorasi kamar anak laki-laki di atas agar kamar anak semakin menarik dan nyaman. Jika kamar sudah nyaman, anak akan lebih betah dan merasa nyaman untuk tidur sendirian di kamarnya. Beberapa toko furnitur menjual perabot multifungsi atau perabot tematik yang sesuai dengan selera anak laki-laki. Anda bisa mengecek dulu ke ACE Hardware atau Informa Furnishing. Untuk melengkapi koleksi mainan anak, Anda bisa mengeceknya toko rekomendasi GoToMalls di sini. GoToMalls adalah situs website berbasis aplikasi pertama di Indonesia yang menyediakan informasi diskon, promosi, event, dan merchant terlengkap dan terpercaya. Kegiatan belanja Anda akan lebih mudah dengan GoToMalls.com.

Leave a Reply