8 Kursus yang Bisa Mengisi Liburan Anak

Libur panjang telah tiba! Liburan Idul Fitri tahun 2018 ini juga bertepatan dengan liburan sekolah. Anak-anak pun jadi punya banyak waktu luang selama liburan. Dibandingkan hanya bermain saja atau menghabiskan liburan dengan hal-hal yang kurang positif, Anda sebaiknya mendaftarkan mereka untuk mengikuti kursus. Cara ini sekaligus bisa menggali potensi yang dimiliki buah hati Anda. Berikut 8 kursus yang bisa dipilih untuk mengisi liburan anak dengan cara yang menyenangkan:

Baca juga: 10 Film Anak-anak Terbaik untuk Mengisi Liburan

Kursus Olahraga

Olahraga sangatlah bagus untuk pertumbuhan sekaligus menjaga kesehatan anak. Sejak dini anak memang harus mulai dibiasakan untuk menyukai olahraga. Untuk itu kursus di bidang olahraga bisa menjadi pilihan. Salah satu cabang olahraga yang favorit bagi anak adalah berenang. Namun jika anak Anda menyukai jenis olahraga lainnya juga tidak masalah, seperti bela diri, gymnastics, badminton, basket, atau lainnya. Apapun jenis olahraga yang mereka pilih semuanya mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh mereka.

Kursus Seni

Jika si kecil memiliki bakat di bidang seni, tak ada salahnya untuk mengasah bakat tersebut dengan mendaftarkannya ke lembaga kursus. Siapa tahu ia bisa sukses di bidang seni. Jika ia menunjukkan ketertarikannya di bidang melukis, maka masukkan ia ke sanggar melukis. Kalau ia suka menari, Anda bisa mendaftarkan ia ke sanggar tari. Memiliki keahlian di bidang seni akan memberikan nilai tambah selain pendidikan formal yang ia dapat di sekolah. Ia juga bisa mengikuti berbagai lomba dan pertunjukkan yang sering diikuti oleh lembaga kursus bagi anak didiknya.

Kursus Musik

Musik merupakan salah satu cabang seni yang banyak diminati. Bermain musik juga mendatangkan banyak manfaat bagi anak, seperti menstimulasi ingatan dan memberikan rasa nyaman. Kursus musik pun jadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengisi liburan anak. Ada banyak alat musik yang bisa dimainkan, mulai dari piano, gitar, drum, biola, dan masih banyak lainnya. Anda bisa mendaftarkan anak ke kursus musik atau mendatangkan guru musik privat di rumah agar lebih praktis.

Kursus Memasak

Anak-anak ikut kursus memasak? Bisa dicoba, nih! Memasak bisa jadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Mereka bisa belajar membuat kue ataupun aneka kuliner yang beragam, mulai dari Asian hingga Western. Kursus memasak tidak hanya untuk anak perempuan saja, anak laki-laki pun juga bisa mengikutinya. Mungkin saja di masa depan mereka bisa menjadi chef terkenal. Selain itu kursus ini bisa jadi bekal mereka untuk dipraktikkan di kehidupan sehari-hari.

Baca juga: 11 Tempat Liburan Keluarga di Bali yang Bikin Si Kecil Happy

Kursus Bahasa Inggris

image credit: www.britishcouncil.hk

Anda pasti sudah tahu kalau bahasa Inggris sangat dibutuhkan di zaman sekarang ini. Bahasa internasional ini harus dipelajari anak sedini mungkin supaya bisa mengikuti perkembangan zaman yang serba modern. Di sekolah pendidikan Bahasa Inggris umumnya hanya diberikan secara teori, padahal yang terpenting adalah praktiknya dalam keseharian melalui percakapan. Untuk itu kursus bahasa Inggris sangat penting untuk diikuti oleh buah hati Anda. Lembaga kursus bahasa Inggris lebih memacu peserta didiknya untuk lebih berani berkomunikasi dibandingkan hanya sekedar teori. Dengan begitu anak lebih terasah kemampuannya.

Kursus Menulis

Pernahkah Anda mendengar kursus menulis bagi anak? Mungkin jenis kursus ini masih jarang terdengar tapi ternyata membawa manfaat yang cukup baik pagi perkembangan anak. Bergabung dengan kegiatan menulis bisa membuat anak lebih banyak membaca. Selain itu ternyata beberapa anak kurang bisa merangkai kata dengan baik melalui tulisan. Jadi melalui kegiatan ini anak diharap lebih bisa merangkai kata menjadi kalimat yang benar. Melalui kursus ini, mungkin saja anak Anda bisa menjadi seorang penulis terkenal yang sangat menjanjikan sebagai sebuah karir.

Kursus Sains

image credit: www.edmition.com

Siapa sangka sains bisa sangat menyenangkan untuk dilakukan sebagai kegiatan di liburan anak? Dengan mengikuti kursus sains atau ilmu pengetahuan alam, buah hati Anda bisa mencoba berbagai hal baru. Banyak kegiatan menyenangkan yang bisa mereka lakukan, seperti membuat percobaan yang biasanya hanya bisa dibaca di buku. Dengan mempraktikkan secara langsung, maka anak akan lebih cepat menyerap ilmu dibandingkan hanya dengan membaca. Jadi, kursus sains adalah cara belajar ilmu pengetahuan yang sangat menyenangkan bagi anak.

Kursus Animasi

image credit: getdrawings.com

Kalau anak Anda hobi mengutak-atik komputer, tak ada salahnya untuk mendaftarkan mereka ke kursus animasi. Hampir sama dengan kursus melukis, tapi bedanya adalah pada media yang digunakan. Anak Anda akan diajari cara menggambar sekaligus menghidupkan gambar menggunakan komputer. Ini bisa jadi kegiatan positif yang mendatangkan keuntungan bagi masa depannya. Jika ia memang berbakat di bidang animasi, bisa saja kelak ia menjadi animator handal yang menciptakan banyak film.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Jakarta untuk Mengisi Libur Lebaran Bersama Keluarga

Itu dia jenis-jenis kursus yang bisa dipilih untuk mengisi liburan anak Anda. Lengkapi kebutuhan kursus mereka hanya di Gramedia yang menawarkan beragam keperluan. Mulai dari alat tulis, alat lukis, perlengkapan olahraga, tas, hingga alat makan tersedia di sini. Gramedia juga sering memberikan promo yang bisa Anda lihat di sini atau melalui GoToMalls.com. Aplikasi berbasis website ini juga memiliki info lengkap dan update dari merchant dan mall di seluruh Indonesia.

Leave a Reply