10 Film Liburan Musim Panas Terbaik Sepanjang Masa

Nadia Fauzia

, Movie

Musim panas identik dengan film summer blockbuster yang ringan dan menghibur. Di musim panas 2018 ini, sudah muncul film-film yang termasuk kategori tersebut seperti Avengers: Infinity War dan Deadpool 2. Jauh sebelum keduanya rilis, dunia perfilman Hollywood sudah dibuat tergila-gila dengan 10 film liburan musim panas terbaik sepanjang masa. Mau tahu apa saja? Check them out!

Baca juga: 8 Film Bioskop Terbaru Summer 2018 Paling Ditunggu

Star Trek (2009)

Image credit: straightedgeisbeautiful.wordpress.com

Sutradara: J.J. Abrams

Pemain: Chris Pine, Zachary Quinto, Zoe Saldana, Eric Bana, Karl Urban, Leonard Nimoy

Dibuat berdasarkan franchise klasik yang rilis di era 80-an, film Star Trek (2009) menghadirkan kisah lama dengan wajah-wajah baru. Film kesebelas dari franchise Star Trek ini mengisahkan tentang petualangan James T. Kirk dan Spock dalam menyelamatkan bumi dari ancaman bangsa Romulan. Awalnya mereka tidak akur, namun seiring berjalannya waktu dan misi luar angkasa yang membahayakan, keduanya setuju untuk bekerja sama.

Meski merupakan reboot, film ini juga menghadirkan salah satu pemain aslinya yaitu Leonard Nimoy. Ia memerankan versi tua dari tokoh yang sebelumnya juga ia mainkan yaitu Spock. Dalam filmnya, ia akan bertemu dengan versi muda dirinya yang diperankan Zachary Quinto dan memberinya pesan untuk mengikuti kata hatinya.

Mad Max: Fury Road (2015)

Image credit: titanbooks.com

Sutradara: George Miller

Pemain: Tom Hardy, Charlize Theron, Nicholas Hoult, Rosie Huntington-Whiteley, Hugh Keays-Byrne

Di negeri yang sudah hancur bekas perang nuklir, Max Rockatansky ditangkap oleh War Boys, tentara tiran Immortan Joe. Setelah gagal melarikan diri, ia dijadikan “kantong darah” dan dibawa oleh pasukan untuk mengejar Imperator Furiosa, salah satu letnan Immortan Joe yang berkhianat. Dalam perjalanannya, ia berhasil melepaskan diri lalu bergabung dengan Furiosa yang bermaksud melarikan diri bersama 5 wanita kesayangan Joe.

Film Mad Max: Fury Road merupakan proyek reboot sekaligus film keempat dari franchise Mad Max. Dicetuskan sejak tahun 1997, proyek film ini mengalami banyak penundaan, salah satunya karena perang Irak dan serangan 11 September. Ketika pada akhirnya rilis 7 Mei 2015, film ini menuai banyak pujian dari kalangan kritikus dan bahkan disebut sebagai film action terbaik sepanjang masa. Dalam ajang Academy Awards, film Mad Max: Fury Road (2015) meraih 10 nominasi sekaligus dan berhasil memenangkan 6 di antaranya.

Alien (1979)

Image credit: youtube.com

Sutradara: Ridley Scott

Pemain: Sigourney Weaver, Tom Skerritt, Veronica Cartwright, Harry Dean Stanton, John Hurt, Ian Holm

Disebut sebagai film tentang alien terbaik sepanjang masa, Alien (1979) menjadi pembuka bagi franchisenya. Dibuat dengan setting waktu luar angkasa, film ini mengisahkan tentang 7 kru pesawat terbang komersil Nostromo yang sedang kembali menuju bumi. Suatu saat, pesawat mereka menerima sinyal bahaya dari sebuah planet kecil. Ketika mendarat di planet tersebut, pesawat yang mereka tumpangi mengalami kerusakan kecil. Sementara para teknisi berusaha memperbaiki pesawat, 3 orang kru lain termasuk sang kapten pergi untuk menginvestigasi sumber sinyal. Mereka lalu menemukan sebuah pesawat alien yang rusak. Tak hanya itu, mereka juga menemukan sebuah ruangan besar berisi ratusan telur alien berukuran besar. Masalah dimulai ketika seekor alien kecil menetas dari telur dan menyerang mereka.

Film Alien (1979) mendapat kesuksesan box office dan berhasil meraih banyak penghargaan, termasuk piala Oscar kategori Best Visual Effects. Selain itu, film ini juga dipuji oleh para kritikus bahkan disebut sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa. Tak heran jika situs Rotten Tomatoes memberinya rating 97%.

The Lion King (1994)

Image credit: letterboxd.com

Sutradara: Roger Allers dan Rob Minkoff

Pengisi suara: Matthew Broderick, James Earl Jones, Jeremy Irons, Jonathan Taylor Thomas, Rowan Atkinson, Whoopi Goldberg

Siapa yang tak tahu film The Lion King? Film animasi Disney ini adalah salah satu film legendaris yang berhasil memukau jutaan penonton tahun 1994. Hingga kini, banyak penggemar The Lion King yang masih merindukan film yang terinspirasi dari kisah Hamlet ini, meski sudah beranjak dewasa. Dengan pendapatan box office lebih dari US$ 750 juta, film ini sukses menjadi film terlaris kedua sepanjang sejarah pada masanya. Begitu juga dari sudut pandang kritikus, film ini dianggap sebagai pencapaian luar biasa hingga dilestarikan oleh Kongres Perpustakaan AS sebagai warisan budaya.

Kabar baik buat kamu yang juga penggemar The Lion King (1994), akan ada film remake yang akan rilis Juli 2019 mendatang. Film live-action CGI ini disutradarai oleh Jon Favreau yang juga menyutradarai The Jungle Book (2016). Mengingat kesuksesan film live action CGI The Jungle Book (2016), kamu boleh berharap banyak pada sutradara Iron Man (2008) ini.

Star Wars (1977)

Image credit: thestake.org

Sutradara: George Lucas

Pemain: Mark Hamill, Harrison Ford, Carrie Fisher, Peter Cushing, Alec Guinness, David Prowse, James Earl Jones, Anthony Daniels

Sebagai salah satu franchise terlaris sepanjang masa, Star Wars berhasil mengubah dunia. Sejak kemunculan film perdananya di tahun 1977, industri hiburan dunia mulai dibanjiri dengan produk-produk sampingan Star Wars. Mulai dari serial TV, novel, komik, video game, taman bermain, hingga merchandise berupa mainan dan pakaian. Pengaruhnya terhadap kebudayaan pop membuat film ini dimasukkan dalam daftar film yang dilestarikan di perpustakaan nasional AS.

Secara garis besar, Star Wars (1977) mengisahkan perjuangan aliansi pemberontak yang dipimpin oleh Puteri Leia Organa. Mereka hendak menghancurkan Death Star, sebuah stasiun angkasa milik Kekaisaran Galaksi yang mampu menghancurkan sebuah planet dalam sekali tembak.

Baca juga: Fakta Film Solo: A Star Wars Story (2018)

The Dark Knight (2008)

Image credit: shane-movies.blogspot.com

Sutradara: Christopher Nolan

Pemain: Christian Bale, Michael Caine, Heath Ledger, Gary Oldman, Aaron Eckhart, Maggie Gyllenhaal, Morgan Freeman

Trilogi The Dark Knight milik DC Comics bisa dibilang adalah sebuah masterpiece film superhero. Film sekuel Batman Begins (2005) ini mengisahkan kehidupan Bruce Wayne sebagai Batman dalam memberantas kriminal di kota Gotham. Setelah menghadapi maniak gila yaitu Scarecrow di film pertamanya, kini Batman dihadapkan dengan musuh abadinya yaitu Joker. Ia yang awalnya bekerja sama dengan jaksa wilayah Harvey Dent terjebak dalam permainan Joker yang akhirnya mengubah sang pahlawan Gotham menjadi penjahat keji.

Film The Dark Knight dinobatkan sebagai film terbaik yang rilis tahun 2008 oleh para kritikus top. Selain itu, film juga berhasil merebut piala Oscar kategori Best Sound Editing dan penghargaan anumerta Best Supporting Actor yang diberikan pada Heath Ledger atas peran monumentalnya sebagai Joker. Dirilis hanya 3 bulan setelah Iron Man (2008), The Dark Knight sukses meraup pemasukan box office lebih dari 1 miliar dolar AS.

Baca juga: DC Targetkan Rilis 4 Film Superhero Tahun Depan (2019)

Jurassic Park (1993)

Image credit: tynesidecinema.co.uk

Sutradara: Steven Spielberg

Pemain: Sam Neill, Laura Dern, Jeff Goldblum, Richard Attenborough, Bob Peck, Martin Ferrero, B.D. Wong, Samuel L. Jackson

Kisah tentang dinosaurus yang dibangkitkan kembali melalui proyek rekayasa genetik tampaknya memang memiliki penggemar tersendiri. Hal ini dialami oleh film Jurassic Park (1993) yang meraih kesuksesan besar baik secara komersil maupun dari pandangan kritikus. Terbukti film ini berhasil merebut lebih dari 20 penghargaan termasuk 3 piala Oscar dan meraih pendapatan bioskop lebih dari US$ 1 miliar. Dengan pemasukan box office fantastis tersebut, Jurassic Park (1993) sukses mencetak rekor sebagai film terlaris sepanjang masa dan mempertahankannya selama 4 tahun.

Baca juga: 7 Fakta Tentang Film Jurassic World: Fallen Kingdom (2018)

Back to the Future (1985)

Image credit: letterboxd.com

Sutradara: Robert Zemeckis

Pemain: Michael J. Fox, Christopher Lloyd, Lea Thompson, Crispin Glover, Thomas F. Wilson, Claudia Wells

Pada tahun 1985, seorang remaja California, Marty McFly dan kekasihnya, Jennifer Parker, sedang dihukum oleh kepala sekolah karena terlambat. Sepulang sekolah, ia mengikuti audisi band, namun kemudian ditolak karena suaranya terlalu nyaring. Ternyata kesialannya belum berakhir sampai di situ. Di rumah, ia menyaksikan George, sang ayah, sedang dibully oleh atasannya dan Lorraine, ibunya, dalam kondisi obesitas dan ketergantungan alkohol.

Suatu saat, ia diajak oleh temannya, Dr. Emmett Brown, seorang penemu eksentrik, untuk mencoba mesin waktu buatannya. Belum sempat mendemonstrasikan, sang ilmuwan ditembak oleh sekelompok teroris, namun Marty berhasil lolos dan tak sengaja mengaktifkan mesin waktu tersebut. Ia pun terkirim ke tahun 1955 di mana orang tuanya masih merupakan remaja SMA. Marty kemudian berusaha menemukan teman ilmuwannya untuk kembali ke 1985 dengan selamat. Masalah dimulai ketika ia menyadari bahwa perbuatannya menyelamatkan George muda justru mencegah pertemuan George dengan Lorraine muda, otomatis mengancam eksistensinya di dunia.

Jaws (1975)

Image credit: letterboxd.com

Sutaradara: Steven Spielberg

Pemain: Roy Scheider, Robert Shaw, Richard Dreyfuss, Murray Hamilton, Lorraine Gary

Ketika sebuah pesta pantai berlangsung di pulau Amity, Chrissie Watkins berenang seorang diri di pantai dan menghilang. Keesokan harinya, tubuh gadis itu ditemukan di bibir pantai dalam keadaan terkoyak. Para tenaga medis kepolisian menyimpulkan bahwa kematiannya disebabkan oleh seekor hiu. Mengetahui hal itu, kepala polisi Martin Brody memutuskan untuk menutup pantai tersebut. Walikota Larry Vaughn yang khawatir akan perekonomian kota tersebut menolak keputusan Brody dan justru memalsukan penyebab kematian Chrissie. Sementara itu, seorang ahli biota laut, Matt Hooper, memberi peringatan bahwa kematian Chrissie disebabkan oleh seekor hiu dengan ukuran tak biasa. Meskipun begitu, sang walikota tetap bersikeras untuk membuka pantai demi mendongkrak perekonomian kota. Tak ayal, keputusan ini mendatangkan malapetaka besar ketika pantai mulai dipenuhi turis saat liburan musim panas tiba.

E.T. Extra-Terrestrial (1982)

Image credit: 365thingsaustin.com

Sutradara: Steven Spielberg

Pemain: Tamara De Treaux, Dee Wallace, Henry Thomas, Robert MacNaughton, Drew Barrymore, Peter Coyote

Elliott adalah bocah laki-laki yang tinggal bersama dengan ibu, kakaknya yang bernama Michael dan Gertie, adiknya. Ia seringkali mengasingkan diri dan hidup dalam dunianya sendiri. Suatu hari ketika sedang mencari barang di halaman rumah, ia merasa diperhatikan oleh makhluk misterius di hutan. Benar saja, ada seorang alien yang tertinggal di bumi dalam sebuah misi ilmiah. Pelan-pelan, rasa takut dalam diri Elliott menghilang dan ia berusaha membantu sang alien untuk pulang ke planetnya.

Film E.T. dirilis kembali tahun 2002 dengan tambahan beberapa deleted scene dan efek yang diupgrade secara digital.

***

Itu dia 10 film musim panas terbaik sepanjang masa versi GoToMalls. Dapatkan koleksi DVD dan Blu-Raynya di gerai Flamboyan DVD terdekat di kotamu. Mengisi liburan dengan maraton film-film klasik memang paling seru! Jangan lupa cek GoToMalls.com sebagai aplikasi berbasis web pertama yang memberimu info lengkap seputar promo diskon, kupon, dan event-event yang sedang berlaku di kotamu. Siapa tahu kamu menemukan promo nonton film musim panas di bioskop kesayanganmu!

Leave a Reply