7 Tips Mengatasi Bau Mulut Selama Bulan Puasa

Di saat bulan puasa, kamu hanya boleh makan dan minum selama kurang lebih 10 jam. Begitu terus selama 1 bulan penuh. Kondisi puasa yang membuat mulut kering rentan menimbulkan masalah baru yaitu bau mulut. Tentunya kamu tidak ingin hal itu terjadi padamu, bukan? Tenang, ada cara-cara yang bisa kamu tempuh untuk menghindarinya. Yuk, simak tips-tips mengatasi bau mulut selama bulan puasa seperti yang dirangkum GoToMalls berikut!

Baca juga: 9 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Selalu Sikat Gigi Setelah Sahur

Image credit: iprice.co.id

Selama sebulan penuh, kamu harus bangun lebih awal untuk mempersiapkan sahur. Otomatis waktu untuk beristirahat di malam hari pun jadi berkurang apalagi jika sebelumnya kamu begadang untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Hal ini kadang membuatmu begitu suntuk hingga selesai makan sahur kamu langsung kembali ke kasur untuk lanjut tidur. Familiar dengan kondisi ini? Jika iya, segera buang jauh-jauh kebiasaan tersebut! Jangan biarkan sisa-sisa makanan sahur menempel sepanjang hari hingga membuat mulutmu mengeluarkan aroma yang kurang enak. Sempatkanlah untuk menggosok gigi sebelum kamu beranjak kembali ke tempat tidur. Jika benar-benar tidak kuat menahan kantuk, kamu bisa melakukannya saat berwudhu untuk sholat subuh. Pastikan saja kamu tidak melewatkannya!

Membersihkan Lidah

Image credit: hellosehat.com

Ternyata, menggosok gigi saja tidak cukup. Bakteri juga dapat berkembang biak pada permukaan lidah yang kotor akibat sisa makanan yang tidak dibersihkan. Bakteri-bakteri ini lalu memproduksi bau yang kurang sedap. Untuk menghindarinya, bersihkan lidahmu saat sedang menggosok gigi. Saat ini sudah banyak merek sikat gigi yang memiliki bagian khusus yang didesain untuk membersihkan lidah. Umumnya bagian ini terletak di bawah bulu sikat. Dengan membersihkan lidah, kamu akan mengurangi kemungkinan terjadinya bau mulut saat puasa.

Kumur dengan Mouthwash

Image credit: panduanhidupsehat.com

Banyak bagian dalam rongga mulut yang tidak tercapai oleh bulu-bulu sikat gigi. Contohnya adalah fissure pada gigi geraham yang terlalu sempit untuk dicapai. Contoh lain adalah celah antar gigi. Pada bagian tersebut, banyak makanan sisa yang menempel dan tidak dapat dibersihkan dengan menggosok gigi saja. Otomatis akan ada banyak bakteri yang menempel pada bagian-bagian tersebut.

Untuk mengatasinya, kumurlah dengan mouthwash secara rutin setelah selesai menggosok gigi. Satu kali kumur sudah cukup untuk mengurangi bakteri penyebab bau mulut secara efektif. Tidak perlu bingung untuk memilih mouthwash jenis apa yang paling sesuai. Umumnya mouthwash memiliki khasiat anti bakteri di dalam kandungannya. Selain itu, sebagian besar mouthwash juga dilengkapi dengan mint yang dapat membuat mulut menjadi segar dan bebas dari bau mulut.

Minum Air Putih yang Cukup

Image credit: woop.id

Umumnya, manusia membutuhkan asupan air minum selama minimal 8 gelas per hari. Hal ini juga berlaku saat puasa, meski waktu makan dan minum berkurang hingga sekitar 10 jam saja. Kamu bisa menyiasatinya dengan membagi porsi minum mulai dari berbuka puasa hingga sahur. Di saat berbuka dan sahur, minumlah minimal dua gelas air. Lalu tambah hingga empat gelas dalam rentang waktu setelah berbuka hingga sebelum tidur.

Asupan air yang cukup akan membuat mulut tidak kering sehingga tidak mengeluarkan bau yang kurang sedap. Selain itu, tubuhmu juga akan terhidrasi dengan baik dan kondisimu tetap prima meski tengah berpuasa.

Baca juga: Tetap Fit dengan 7 Tips Jaga Kesehatan Selama Puasa

Hindari Merokok

Image credit: hariansinggalang.co.id

Jika kamu termasuk pecandu rokok, belajarlah untuk menghindarinya selama bulan puasa meski kamu hanya menyulutnya saat waktu berbuka. Zat-zat dalam rokok dapat menempel pada rongga mulut dan memproduksi bau khas yang dapat tercium oleh orang lain. Akibatnya, orang-orang akan tidak nyaman berada di sekitarmu. Oleh karena itu, hindarilah untuk merokok selama bulan puasa agar tidak mengganggu orang lain. Selain dapat mengatasi mulut bau, kamu juga bisa belajar untuk melepaskan diri dari ketergantungan akan rokok.

Konsumsi Makanan yang Dapat Mencegah Bau Mulut

Image credir: kesehatanaz.com

Makanan juga dapat membantumu mengatasi masalah bau mulut. Ada beberapa makanan yang dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan, contohnya adalah daun seledri. Serat-serat dari daun ini dapat membantu proses cleansing dalam rongga mulut sehingga sisa makanan akan berkurang. Selain itu, ada pula makanan yang bisa mencegah penyakit gusi yang menimbulkan bau mulut. Beberapa di antaranya adalah jeruk yang mengandung vitamin C. Contoh lainnya adalah melon dan buah beri. Oleh karena itu, ada baiknya kamu melengkapi menu sahur dan berbukamu dengan buah-buahan pembawa vitamin C tersebut. Selain mencegah penyakit gusi, buah-buahan ini juga akan membuat mulutmu terasa semakin fresh!

Periksa ke Dokter Gigi

Image credit: meetdoctor.com

Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh sisa makanan saja. Meski mulutmu bersih, bau tak sedap tetap dapat keluar dari gigi yang berlubang dan jaringan gusi yang tak sehat. Selain itu, masih ada pula beberapa penyebab lain seperti rendahnya kadar air ludah alias saliva hingga karang gigi. Tentunya kamu tidak bisa mengatasi hal-hal berbau klinis tersebut. Kamu harus mendatangi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan tuntas agar masalahmu teratasi.

Untuk yang terakhir ini, GoToMalls punya info menarik buatmu. Selama bulan Mei, Happy Dental Clinic mengadakan promo perawatan gigi dengan harga spesial! Segera kunjungi Happy Dental Clinic di kotamu dan dapatkan perawatan scaling dengan harga yang lebih murah! Manfaatkan pula layanan konsultasi dengan dokter gigi praktek dalam klinik tersebut, gratis!

Baca juga: Manfaat Scaling dan Whitening Untuk Kesehatan Gigi

Jangan lupa cek terus GoToMalls.com untuk mendapatkan informasi mengenai promo kesehatan lainnya yang sedang berlaku. Salah satunya adalah promo paket pemutihan gigi dan pembersihan karang gigi dari klinik Jakarta Smile. GoToMalls memberikan kamu informasi terupdate seputar promo diskon, kupon, dan event yang sedang berlangsung di mall-mall terbaik se-Indonesia!

 

Leave a Reply