Tetap Fit dengan 7 Tips Jaga Kesehatan Selama Puasa

Bagi umat Muslim, berpuasa di bulan Ramadan merupakan salah satu kewajiban. Beberapa wilayah di Indonesia memiliki waktu puasa yang berbeda, mengikuti waktu terbit dan tenggelamnya matahari. Warga muslim di Indonesia sendiri rata-rata berpuasa selama 13-14 jam. Menahan nafsu makan dan minum selama itu memang tidak mudah, apalagi jika Anda memiliki jadwal dan kegiatan padat yang harus dijalani pada siang hari. Bagaimana solusinya? Berikut tips jaga kesehatan selama puasa agar Anda tetap sehat dan fit:

Baca juga: 5 Tips Tetap Fit & Sehat

Jangan Lewatkan Sahur

Image credit: cosmogirl.com

Pada hari biasa, sarapan menjadi kunci untuk menjalani hari. Saat berpuasa, sahurlah yang menggantikan peran ini. Makan sahur merupakan cara untuk menambah asupan energi yang akan digunakan selama seharian sampai dengan tiba waktu berbuka. Jika Anda termasuk orang yang susah bangun pagi, siasati dengan menyetel alarm lebih dari satu. Siapkan makanan untuk santap sahur pada malam setelah solat tarawih dan sebelum tidur.

Perhatikan Menu Sahur

Image credit: food.idntimes.com

Menu sahur tak boleh sembarangan dan asupan nutrisi yang seimbang untuk menu sahur juga harus terpenuhi. Ini meliputi karbohidrat kompleks, serat, dan protein. Anda bisa mengonsumsi beras merah, gandum, dan oatmeal yang mampu membuat perut kenyang lebih lama. Jangan lewatkan makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan. Anda bisa memilih pepaya atau pisang yang mudah didapat dan biasanya dijual dengan harga terjangkau. Untuk asupan protein, Anda bisa mengolah makanan yang mengandung telur dan daging rendah lemak. Jika memungkinkan, tambahkan keju dan yogurt dalam daftar menu sahur agar Anda pun tidak bosan.

Menu sahur paling sederhana yang sudah mencakup karbohidrat kompleks, serat, dan protein adalah sandwich sederhana dengan roti gandum, telur, dan keju. Menu ini adalah menu yang memenuhi syarat asupan nutrisi dan paling cepat dibuat untuk dihidangkan saat santap sahur. Hindari mengonsumsi makanan berminyak saat sahur karena akan membuat sel adarah merah menggumpal dan menyebabkan aliran oksigen ke seluruh tubuh berkurang hingga 20 persen. Efeknya, Anda akan lebih mudah mengantuk pada siang hari, badan menjadi lemas dan kurang bertenaga.

Penuhi Kebutuhan Cairan dan Kurangi Kafein

Pada hari biasa, Anda sering dianjurkan untuk minum setidaknya 8 gelas dalam sehari. Pada saat berpuasa, penuhi kebutuhan cairan tersebut saat berbuka dan menjelang waktu sahur. Bagi porsinya sesuai dengan kemampuan perut. Jangan sampai perut menjadi terasa begah karena Anda terlalu banyak minum dalam satu waktu. Selain itu, hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh, terutama saat sahur. Minuman berkafein bersifat diuretic yang bisa menyebabkan Anda sering buang air kecil. Jika demikian, tentu cairan dalam tubuh cepat hilang dan Anda lebih mudah mengalami dehidrasi atau kehausan.

Baca juga: 9 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Perhatikan Menu dan Pola Berbuka Puasa

Image credit: infohaji.co.id

Pasti Anda sering mendengar anjuran untuk berbuka puasa dengan yang manis, kan? Sebenarnya, anjuran tersebut merujuk pada berbuka dengan buah kurma. Buah kurma yang manis dan mengenyangkan bisa mengganjal perut. Jadi saat tiba waktunya berbuka, Anda bisa menjalankan sembahyang dulu sebelum makan besar.

Langsung berbuka dengan menyantap banyak makanan justru akan membuat perut terasa sesak. Lambung akan mengecil dan enzim-enzim yang berfungsi untuk membantu pencernaan pun berkurang. Berbukalah secara bertahap, misal dengan air putih, sedikit makanan manis, dan selang setengah atau satu jam barulah makanan utama.

Beraktivitas Seperti Biasa

Image credit: imam-us.org

Saat menjalankan puasa, banyak orang yang cenderung malas beraktivitas. Hal ini sangat salah karena saat bermalas-malasan, Anda justru akan merasa waktu berjalan lebih lambat. Anda yang sengaja menunggu waktu berbuka akan terasa semakin merasa lapar. Oleh karena itu, beraktivitaslah seperti biasa. Hal ini seperti sugesti untuk diri sendiri. Jangan terlalu sering mengingat waktu berbuka. Dengan begitu, perut pasti tak terlalu lapar hingga tiba waktu berbuka.

Tetap Berolahraga

Image credit: rampanges.co

Puasa bukan menjadi halangan untuk tetap berolahraga. Anda bisa jaga kesehatan selama puasa dengan mengatur jadwal olahraga dengan tepat. Olahraga ringan sampai sedang bisa dilakukan setelah berbuka atau solat tarawih. Pada saat tubuh sudah mendapat asupan energi, lakukan olahraga selama kurang lebih 30 menit rutin setiap hari. Anda bisa memilih antara jalan kaki,dan jogging di sekitar rumah atau senam lantai yang bisa dilakukan di dalam rumah.

Mengatur Pola Tidur

Image credit: blog.snoozester.com

Selain memerhatikan asupan nutrisi, mengatur pola tidur juga tak boleh diabaikan. Mengantuk selama puasa bisa disebabkan oleh dua hal yaitu terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak saat santap sahur atau kurang tidur. Jika Anda harus bangun pagi untuk menyiapkan sahur, maka kurangi bedagang agar Anda memiliki waktu tidur yang cukup. Usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya, misal sesudah solat tarawih atau olahraga ringan pada malam hari.

Baca juga: 8 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Alami Kesulitan Tidur

Itulah 7 hal yang harus Anda lakukan untuk jaga kesehatan selama puasa. Jika mengikuti anjuran di atas, Anda pasti akan lebih terasa fit dan berstamina selama menjalankan puasa Ramadan kali ini. Semoga tips ini bermanfaat. Selamat berpuasa bagi yang menjalankannya! Temukan tips dan artikel menarik lain di blog GoToMalls. Untuk informasi seputar diskon dan promosi, Anda bisa mengunjungi GoToMalls.com. Ada banyak informasi diskon sepanjang Ramadhan ini lho! Aplikasi berbasis website ini akan memudahkan Anda untuk menemukan informasi seputar belanja offline yang Anda butuhkan!

Leave a Reply