6 Tips Menjaga Kulit Wajah Tetap Lembap dan Terhidrasi saat Puasa

Selama bulan Ramadhan, kulit wajah rentan kering dan kusam. Tentunya, Anda cenderung mengurangi konsumsi air yang dibutuhkan oleh tubuh karena harus berpuasa sekitar 13 jam lamanya. Lalu, bagaimana caranya agar kulit tetap lembap dan terhidrasi? Cek tips kulit tetap lembap saat puasa berikut ini:

Baca juga: 10 Cara Mencegah Bibir Kering Saat Puasa

Konsumsi Air 8 Gelas Sehari

Selama menjalankan ibadah puasa, Anda harus tetap mengonsumsi air sejumlah 8 gelas sehari lho setelah berbuka dan saat sahur tentunya. Air putih merupakan komponen utama bagi sel di dalam tubuh. Air berfungsi untuk membantu reproduksi sel-sel baru dalam tubuh yang akan menggantikan sel kulit mati Anda. Pada wanita usia sekitar 20 tahun, lapisan kulit terluar yang bernama stratum corneum akan beregenerasi setiap 28 hari sekali. Jika tubuh kekurangan air, maka proses regenerasi kulit ini akan terhambat. Kulit menjadi terlihat lebih kusam, kering, dan terkadang diikuti dengan munculnya jerawat.

Untuk itu, Anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Anda bisa menyiasatinya dengan minum dua gelas air dalam 2 jam menjelang sahur, 2 gelas air dalam dua jam setelah berbuka, dan 4 gelas air setelah pukul 9 malam. Hindari minuman berkafein seperti kopi, soda dan teh. Kafein dapat menarik cairan dan mineral yang mengakibatkan dehidrasi sehingga berimbas pada kelembapan kulit.

Mengonsumsi Buah-Buahan Saat Berbuka

Anda penggemar takjil sup buah? Kabar baiknya, sup buah sangat baik untuk dikonsumsi saat berbuka. Sup buah mengandung banyak air yang bisa menambah cadangan mineral dalam tubuh. Mengonsumsi buah bisa membuat kulit terlihat lebih segar.

Selain menyantap sup buah, Anda pun bisa memakan buah-buahan segar atau mengolahnya menjadi jus. Yang perlu diperhatikan tentu saja pemilihan buah untuk buka puasa. Tak semua buah boleh dikonsumsi pada sore atau malam hari. Jika ingin buah yang mengandung banyak air, pilih melon, semangka, atau jeruk.

Baca juga: 10 Menu Sehat untuk Berbuka Puasa

Perhatikan Durasi Mandi

Suka berlama-lama mandi? Selama bulan puasa, jangan lakukan hal tersebut dulu ya! Anda hanya boleh mandi dengan durasi maksimal lima menit. Mandi yang dimaksud di sini adalah saat tubuh bersentuhan dengan air, baik saat mengguyur tubuh sekaligus wajah atau dengan shower. Kulit yang terlalu lama bersentuhan dengan air dapat menyebabkan hilangnya kandungan lemak di kulit. Hal ini dapat memengaruhi kelembapan kulit.

Gunakan Facial Foam yang Tepat

Image credit: hercampus.com

Sebaiknya, Anda menggunakan facial foam yang tepat dan sesuai dengan tipe kulit wajah. Cek saja pada bagian kemasan produk. Gunakan sabun yang memiliki  kandungan aloe vera, olive oil, cocoa butter dan tentunya yang mengandung vitamin E agar kelembapan tetap terjaga.

Membasuh Wajah

Image credit: beautyeditor.ca

Jika kulit wajah mulai terasa kering, tak ada salahnya membasuh wajah. Intensitas membasuh wajah bisa dua sampai empat kali tergantung dengan jenis kulit. Untuk pemilik kulit wajah normal dan cenderung kering, membasuh wajah dua kali sehari sudah cukup. Sementara itu, pemilik kulit wajah berminyak disarankan untuk membasuh wajah sebanyak tiga sampai empat kali. Membasuh wajah ini bisa dilakukan sembari berwudhu atau di luar waktu berwudhu ya!

Gunakan Pelembap atau Kosmetik dengan Pelembap

Image credit: inilifehealthcare.com

Penggunaan pelembap wajah juga hal penting untuk menjaga kulit tetap lembap saat puasa. Jika Anda bekerja di luar ruangan atau lingkungan yang cenderung panas dan terik, pakailah pelembap dan jangan ragu untuk mengaplikasikannya berulang pada kulit. Tak ada batasan untuk penggunaan pelembap. Semuanya disesuaikan dengan kondisi kulit wajah. Pilih pelembap wajah yang tidak lengket di kulit. Pelembap yang lengket akan menahan partikel dalam kulit dan dapat mengakibatkan rasa panas.

Bagaimana dengan wanita karir yang harus selalu tampil dengan riasan on pada wajah? Gunakan kosmetik yang mengandung pelembap atau moisturizer tinggi. Dewasa ini, banyak produk kecantikan yang hadir dengan formula khusus untuk melembapkan kulit wajah dan membuatnya tetap terhidrasi. Pilih kosmetik yang sekiranya ringan saat diaplikasikan dan tidak memicu tumbuhnya jerawat. Ganti penggunaan foundation dengan bb cream atau bb cushion selama bulan puasa. Gunakan primer atau pelembap sebelum mengaplikasikan bb cream atau bb cushion tersebut. Anda juga bisa menggunakan spray wajah untuk membantu menyegarkan sekaligus mengembalikan kelembapan kulit saat berpuasa.

Cek rekomendasi kosmetik terbaik yang Anda butuhkan di toko rekomendasi GoToMalls melalui link ini.

Baca juga: 10 Top Gel Aloe Vera Terbaik dan Terfavorit Punya Korea

Itulah enam tips untuk menjaga kulit wajah tetap lembap saat puasa. Jika Anda mengikuti setiap langkahnya, tentu Anda akan terbebas dari risiko kulit wajah kusam dan kering selama bulan Ramadhan ini. Untuk tips menarik lainnya, baca terus blog GoToMalls ya. Kunjungi GoToMalls.com untuk mencari tahu informasi teranyar seputar diskon, promosi, voucher, merchant, dan event yang digelar di mall-mall terbaik di Indonesia.

Leave a Reply