6 Pilihan Olahraga Ringan Saat Puasa

Tiara Mahardika

, sports

Jika ingin tetap fit dan sehat selama berpuasa, Anda juga harus tetap berolahraga. Pastikan olahraga yang dilakukan merupakan olahraga ringan yang tidak terlalu banyak menguras tenaga ya! Apa saja pilihannya? Jika masih bingung, simak 6 pilihan olahraga saat puasa berikut:

Baca juga: Tetap Fit dengan 7 Tips Jaga Kesehatan Selama Puasa

Jogging

Jogging dengan intensitas ringan bisa menjadi pilihan tepat olahraga saat puasa. Anda bisa memilih untuk jogging setelah sahur atau sebelum berbuka puasa. Jogging di pagi hari saat sahur tidak akan terlalu melelahkan. Tubuh masih menyimpan banyak energi yang didapat dari santap sahur. Jogging yang dilakukan sore hari bisa menjadi alternatif ide buka puasa bersama atau ngabuburit yang asyik dengan teman-teman. Durasi jogging ringan hanya dibatasi selama 20-30 menit saja ya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh dan menghindari dehidrasi yang berlebihan.

Jalan Cepat

Jika sekiranya Anda tidak mau jogging karena terlihat sangat menguras tenaga, maka lakukan jalan cepat. Jalan cepat bisa membantu menjaga keseimbangan tubuh. Olahraga ini bisa dilakukan di seputar taman sembari mengobrol santai dengan teman. Jika sendirian, Anda pun masih bisa menikmati suasana sekitar sambil mendengarkan musik menggunakan earphone. Lakukan olahraga ini menjelang berbuka ya!

Bersepeda

Sama seperti jogging, bersepeda merupakan olahraga ringan yang bisa dijalankan saat puasa. Waktu yang tepat adalah pagi hari setelah subuh. Sebaiknya, gunakan sepeda statis atau dinamis agar Anda tidak terlalu berat saat mengayuh pedalnya. Anda bisa bersepeda keliling kompleks selama 45 menit saja. Dalam 45 menit, kalori yang terbakar bisa mencapai 350 kalori untuk pria dan 300 kalori untuk wanita.

Baca juga: 7 Tips Simpel Puasa Lancar Anti Bolong

Naik Turun Tangga

Image credit: vebma.com

Aktivitas ini terkesan sangat sepele. Meski begitu, naik turun tangga merupakan olahraga alternatif yang bisa dilakukan saat puasa. Anda pun bisa melakukannnya di kantor dan yang perlu menjadi catatan adalah batasan naik turun tangga. Lakukan dengan intensitas normal dan tidak berlebihan untuk mencegah dehidrasi. Lakukan naik turun tangga selama 10 menit saja.

Yoga

Yoga merupakan olahraga alternatif paling pas untuk dilakukan selama bulan puasa. Olahraga ini mampu menjaga pikiran agar tetap rileks. Gerakannya yang repetitif dan dilakukan santai juga bisa mencegah stres. Yoga pun mampu mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh. Latihan pernapasan saat yoga mampu membantu distribusi oksigen ke otak. Olahraga ini bisa dilakukan kapan saja selama berpuasa. Pilih lokasi yang tenang agar bisa fokus menjalankan olahraga ini. Gunakan musik sebagai pengiring yoga agar Anda lebih bisa menikmati setiap gerakannya.

Bowling

Bowling merupakan olahraga sekaligus permainan yang menyenangkan. Olahraga ini bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan mengendurkan otot-otot yang tegang. Selain itu, bowling juga bisa membantu menjaga keseimbangan tubuh dan menjaga stamina. Anda bisa mengajak teman-teman bermain bowling sembari menunggu waktu berbuka. Seru, kan?

Baca juga: Ramadhan Makin Asyik dengan 5 Ide Buka Puasa Bersama

Itulah pilihan olahraga saat puasa yang tidak terlalu menguras banyak tenaga. Keenam olahraga tersebut bisa dilakukan sembari menjalankan ibadah puasa agar tubuh tetap fit dan prima. Anda perlu lebih disiplin dan menghindari rasa malas gerak atau mager ya! Baca terus artikel-artikel terbaru bulan Mei 2018 di blog GoToMalls dan temukan artikel menarik seputar Ramdahan. Cek GoToMalls.com untuk mengetahui informasi diskon dan promosi menarik yang bisa Anda manfaatkan untuk persiapan Ramadhan dan Lebaran bulan depan. Aplikasi berbasis website ini menyediakan informasi diskon, promosi, voucher, merchant, dan event di mall-mall terbaik di Indonesia.

Leave a Reply