10 Menu Sehat untuk Berbuka Puasa

Berpuasa menjadi waktunya untuk Anda lebih menjaga kesehatan dari makanan yang Anda konsumsi. Pada dasarnya puasa bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh serta mengonsumsi makanan dan minuman dengan lebih teratur. Jadi pada saat berbuka, jangan sampai Anda kalap dengan menyantap apa saja yang Anda inginkan. Lebih baik Anda mulai mengonsumsi menu sehat buka puasa yang tetap enak dan bergizi bagi tubuh. Anda bisa coba 10 pilihan menu di bawah ini:

Baca juga: Tetap Fit dengan 7 Tips Jaga Kesehatan Selama Puasa

Kurma

image credit: infohaji.co.id

Anda pasti sudah tahu kalau buah kurma sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Buah ini diketahui memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh, salah satunya bisa mengatasi anemia. Kurma mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga bisa menjadi suplemen alami bagi penderita anemia. Selain itu kurma juga mengandung gula alami yang mampu mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa. Jadi ketika hendak membatalkan puasa karena ada halangan tertentu, sebaiknya Anda jangan langsung mengonsumsi makanan berat. Buah kurma saja cukup sebagai pembatal puasa yang ringan dan sehat.

Takjil

Sebelum menyantap hidangan utama, takjil juga menjadi pilihan tepat sebagai menu berbuka puasa yang ringan. Anda bisa membuatnya menjadi menu sehat buka puasa dengan memasaknya send8iri menggunakan bahan yang sehat. Pilihlah bahan yang bebas pewarna dan perasa makanan buatan yang berbahaya untuk kesehatan. Hindari juga bahan-bahan yang terlalu berat bagi tubuh seperti banyak mengandung gula dan lemak. Beberapa contoh takjil yang sehat adalah sop buah dengan madu, agar-agar, dan salad buah segar.

Ikan Bakar

Untuk hidangan utama yang sehat saat berbuka puasa, Anda bisa memilih menu ikan bakar. Dibanding protein hewani lainnya, ikan memang yang paling sehat karena sangat rendah lemak dan mengandung banyak zat yang baik bagi tubuh. Ikan yang diolah dengan cara dibakar tidak mengandung banyak minyak seperti jika digoreng. Anda bisa memilih ikan gurami, ikan dorang, ikan mas, atau ikan kakap.

Supaya menu ini jadi lebih sehat, Anda sebaiknya tidak membakar ikan dengan mentega. Gantilah dengan minyak zaitun. Untuk bumbunya, Anda bisa menggunakan jeruk nipis, merica, cabai, dan sedikit kecap manis. Selain itu jangan membakarnya hingga gosong karena dapat meningkatkan resiko kanker.

Aneka Sup

Aneka sup bisa jadi menu yang tepat untuk berbuka puasa. Makanan hangat dan berkuah dapat menenangkan perut setelah berpuasa sehari penuh, terutama bagi Anda yang mengalami perut bermasalah. Sup juga lebih sehat dibandingkan makanan yang digoreng. Saat memasak sup, Anda bisa membuatnya dari beragam sayuran dan lauk. Anda pun langsung mendapatkan vitamin dan protein sekaligus dalam satu menu.

Karedok atau Pecel

image credit: resepdanmasakan.com

Banyak orang enggan mengonsumsi sayuran dengan teratur. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencoba karedok atau pecel. Menu khas Nusantara ini berisi aneka sayuran yang disiram dengan bumbu kacang sehingga membuatnya lebih lezat. Anda jadi mendapatkan serat, vitamin, dan nutrisi sekaligus dalam satu menu. Keduanya juga bisa dikonsumsi dengan nasi sehingga lebih mengenyangkan tapi tidak membuat perut terasa berat.

Baca juga: 6 Aplikasi Resep Buka Puasa Serba Guna di Android

Tumis Sayuran

image credit: cookdiary.net

Aneka macam sayuran adalah bahan makanan sehat yang wajib dikonsumsi secara rutin. Cara yang paling mudah dan sehat dalam mengolah berbagai sayuran adalah dengan menumisnya. Anda hanya memerlukan bawang merah, bawang putih, merica, dan garam. Jika Anda menyukai rasa pedas, Anda bisa menambahkan sedikit potongan cabai. Untuk menumisnya, ganti minyak goreng atau mentega dengan minyak zaitun supaya lebih sehat untuk disantap sebagai menu berbuka puasa.

Daging Panggang

Mengonsumsi daging untuk berbuka puasa masih tetap boleh Anda lakukan sesekali. Namun pastikan Anda sudah membersihkan semua lemak dan kulitnya sebelum diolah. Untuk menu sehat buka puasa, Anda sebaiknya memilih daging sapi tanpa lemak yang diolah dengan cara dipanggang. Bumbu yang bisa Anda gunakan adalah minyak zaitun, air perasan lemon, merica, dan sedikit garam. Untuk sausnya Anda bisa menggunakan saus sambal, tomat segar, dan sedikit air perasan lemon.

Nasi Merah atau Kentang

Apakah Anda termasuk orang yang selalu mengonsumsi nasi putih sebagai sumber karbohidrat? Jika Anda ingin lebih sehat, cobalah ganti sumber karbohidrat Anda dengan nasi merah atau kentang. Keduanya mengandung kalori yang lebih rendah dibandingkan nasi putih sehingga lebih sehat, terutama bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Nasi merah dan kentang juga tetap dapat dipadukan dengan aneka lauk dan sayuran yang lezat supaya tidak cepat bosan.

Oatmeal

Bagi Anda yang tidak sempat memasak untuk berbuka, oatmeal bisa jadi alternatif yang tepat. Oatmeal adalah makanan yang praktis dan sehat karena kaya akan serat. Anda tidak perlu mengolahnya. Cukup dengan memberikan aneka topping yang sehat, seperti buah-buahan segar, susu rendah lemak, granola, ataupun madu. Berbagai vitamin dan protein pun sudah bisa Anda dapatkan dengan cara yang sangat mudah dan cepat.

Ayam Panggang/Rebus/Pepes

Sumber protein lainnya yang bisa Anda pilih untuk menu buka puasa adalah ayam. Anda bisa mengolah ayam menjadi berbagai macam hidangan, tapi hindarilah mengolahnya dengan cara digoreng. Sebaiknya olah ayam menjadi hidangan seperti sup, soto, atau pepes. Anda juga bisa mengolahnya dengan cara dipanggang atau direbus dengan bumbu dari bahan-bahan segar.

Baca juga: 10 Jajanan Buka Puasa Paling Favorit Sepanjang Masa

Aneka menu sehat buka puasa di atas dijamin akan membuat ibadah puasa Anda lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk belanja bahan-bahan yang segar dan berkualitas, Anda bisa mengandalkan Carrefour dan Hypermart. Sebelumnya jangan lupa untuk mengecek info promo melalui GoToMalls.com, aplikasi berbasis website yang menyajikan info terlengkap dari merchant dari seluruh mall di Indonesia. Belanja pun jadi lebih hemat!

Leave a Reply