7 Superhero Wanita Marvel Paling Favorit

Nadia Fauzia

, Movie

Superhero-superhero rekaan Marvel Cinematic Universe (MCU) selalu mengundang decak kagum para penggemar. Mungkin kamu sudah banyak mengenali beberapa karakter superhero buatan MCU. Baik superhero yang telah diangkat dalam film maupun yang masih dikisahkan dalam komiknya. Namun, berapa banyak dari superhero wanita yang kamu ketahui? Yuk, simak 7 superhero wanita Marvel yang menjadi favorit para fans berikut ini!

Baca juga: Trailer Film Deadpool 2 Resmi Dirilis, Berikut Ulasannya

Scarlet Witch – Avengers/The Enhanced

Image credit: wallpapersite.com

Dalam MCU, mutan bernama lengkap Wanda Maximoff ini muncul pertama kali di Avengers: Age of Ultron sebagai subjek eksperimen Hydra. Pada masa kecil Scarlet Witch, kembaran dari Pietro Maximoff alias Quicksilver ini merupakan korban perang di Sokovia. Ia dan kembarannya sempat terperangkap dalam rumah setelah rumah mereka kejatuhan bom yang bertuliskan “Stark Industries”. Kejadian itu membuat mereka trauma dan akhirnya menumbuhkan kebencian mendalam pada Amerika, terutama Tony Stark sendiri. Keinginan mereka untuk balas dendam kemudian memotivasi mereka untuk menjadi sukarelawan dalam eksperimen Hydra.

Scarlet Witch dikisahkan mampu memanipulasi energi di sekitarnya, yang ia gunakan untuk terbang, menggerakkan benda/telekinesis, hingga membuat barrier sebagai pertahanan. Tak hanya itu, ia juga menguasai kemampuan telepati yang membuatnya bisa membaca pikiran termasuk memanipulasi kejiwaan dan pikiran orang lain. Kekuatan yang bersumber dari Mind Stone dalam tongkat Loki ini membuatnya mampu mengalahkan musuh kuat. Bahkan dalam Captain America: Civil War (2016), ia mampu mengalahkan Vision.

Trivia: Dalam komiknya, Wanda Maximoff sempat menikah dengan Vision dan dari pernikahan ini mereka memiliki dua anak laki-laki.

Black Widow – Avengers

Image credit: altpress.com

Sejak kemunculan perdananya di Iron Man 2 (2009), superhero wanita ini telah berhasil membuat penonton jatuh cinta. Ia memang tidak memiliki kekuatan super seperti halnya Scarlet Witch, tapi tidak ada satupun Avengers yang berani main-main dengannya. Pasalnya, ia dikenal sebagai salah satu mata-mata sekaligus pembunuh bayaran terbaik di dunia. Ia menguasai banyak skill bela diri, mulai dari karate, judo, aikido, tinju, gulat, hingga berbagai aliran kung fu. Tak hanya itu, ia juga menguasai banyak bahasa seperti bahasa Latin, Rusia, Inggris, Jerman, Mandarin, Italia, dan masih banyak lagi.

Superhero Marvel kelahiran 22 November 1984 ini awalnya merupakan rekrutan intel pemerintah Rusia, KGB. Saat itu namanya masih Natalia Alianovna Romanoff. Berkat kemampuannya yang luar biasa, ia masuk dalam radar S.H.I.E.L.D. Nick Fury yang menganggapnya membahayakan lalu mengirim Clint Barton alias Hawkeye untuk membunuhnya. Alih-alih menuntaskan misi tersebut, Hawkeye yang melihat potensi besar dalam dirinya justru merekomendasikannya pada petinggi S.H.I.E.L.D. untuk direkrut. Akhirnya mereka bersahabat dan keduanya sering dikirim bersama dalam misi-misi S.H.I.E.L.D. Sejak saat itu, ia menjadi salah satu agen S.H.I.E.L.D. yang paling dipercaya oleh Nick Fury.

Trivia: Sebelum diserahkan pada Scarlett Johansson, peran Black Widow awalnya sempat ditawarkan pada Emily Blunt. Namun ia menolaknya karena jadwal syuting yang tidak match.

Gamora – Guardians of The Galaxy

Image credit: disney.wikia.com

Gamora merupakan salah satu anak angkat Thanos The Mad Titan selain Nebula dan empat orang lainnya yang tergabung dalam Black Order. Ia merupakan keturunan bangsa Zehoberei. Saat ia masih kecil, Thanos mendatangi planet bangsa Zehoberei, membantai seluruh penduduknya secara brutal dan hanya menyisakan Gamora seorang. Seiring dengan tumbuhnya Gamora, Thanos memodifikasi tubuhnya secara sibernetik dan mentransformasinya menjadi senjata andalan. Begitu ia dewasa, Thanos mengirimnya pada Ronan The Accuser untuk berlatih menjadi pembunuh berbahaya. Hingga kini ia masih memegang title sebagai “wanita paling mematikan seantero galaksi”.

Sebagai keturunan ras Zehoberei, Gamora memiliki kekuatan fisik di atas rata-rata. Apalagi dengan implan yang ditanam Thanos yang membuat penglihatan, durabilitas, stamina, dan regenerasi selnya melebihi manusia. Tak hanya itu ia juga memiliki kemampuan mumpuni dalam pertarungan fisik termasuk bermain pedang sekaligus merupakan pilot handal. Hal ini diakui oleh Rocket, rekannya sesama Guardians, yang menyatakan bahwa tak ada seorangpun yang tidak mengenalinya.

Trivia: meskipun terlihat saling membenci, sebenarnya Gamora sangat menyayangi saudari tirinya, Nebula. Mereka dikisahkan memiliki hubungan persaudaraan yang mirip hubungan antara Thor dan Loki.

Captain Marvel

Image credit: greenscene.co.id

Captain Marvel adalah seorang pilot angkatan udara AS yang kemudian memiliki kekuatan super setelah gennya fusi dengan gen bangsa Kree. Wanita yang bernama asli Carol Danvers ini semula hanya manusia biasa. Ia adalah anak pertama dari tiga bersaudara yang tinggal di Boston bersama ayah mereka yang konservatif. Mereka hidup pas-pasan hingga ayah mereka hanya sanggup menguliahkan salah satu di antara mereka. Karena memandang bahwa laki-laki lebih superior daripada perempuan, ayah mereka justru menguliahkan Steve, adiknya, meskipun nilai Carol jauh lebih baik. Akhirnya di umur 18 tahun, ia bergabung dengan angkatan udara AS demi mendapatkan beasiswa kuliah. Karirnya pun menanjak dengan cepat hingga datang suatu kejadian yang membuatnya berubah selamanya.

Pihak Marvel Studios telah merencanakan untuk mengangkat kisah Captain Marvel sejak tahun 2012. Dalam filmnya, Captain Marvel dikisahkan sebagai superhero terkuat di MCU. Ia mempunyai banyak kekuatan super, di antaranya adalah kemampuan untuk terbang serta kekuatan dan durabilitas yang luar biasa. Selain itu, ia juga bisa menembakkan energi dari tangannya.

Trivia: Film Captain Marvel (2019) akan memiliki latar belakang waktu tahun 90an sebelum kejadian di film Iron Man (2008). Hal ini menjadikan film ini sebagai prekuel kedua dalam MCU selain Captain America: The First Avenger (2011) yang berlatar tahun 1940-an ketika Perang Dunia II berlangsung.

Baca juga: Phase Two: Perjalanan Marvel Cinematic Universe Sampai Infinity War

X-23 – Mutan

Image credit: screenrant.com

Mutan yang masih bocah ini adalah hasil kloning dari DNA Logan alias Wolverine. Ia merupakan hasil eksperimen Dr. Zander Rice dari Transigen yang berambisi memiliki pasukan mutan. Setelah berhasil kabur dari laboratorium Transigen, ia dibawa oleh salah satu perawat, Gabriela, kepada Logan untuk meminta perlindungan. Mutan yang memiliki alter ego Laura Kinney ini kemudian meminta diantarkan oleh “ayah biologisnya” tersebut ke perbatasan AS-Kanada. Di sana ia bertemu dengan teman-teman sesama mutan eksperimen untuk berangkat ke Kanada agar selamat dari kejaran pasukan keamanan Transigen.

Berkat DNA dari Wolverine, Laura memiliki kekuatan super yaitu cakar adamantium yang keluar dari sela-sela jari tangan dan kakinya. Tak hanya itu, ia juga mempunyai kemampuan regenerasi sel yang luar biasa, bahkan lebih dari Logan sendiri. Hal ini disebabkan oleh kondisi tulangnya yang tidak terselimuti adamantium sehingga proses regenerasi sel berlangsung jauh lebih cepat.

Trivia: Dalam komiknya, Laura dikisahkan sebagai seorang mutan keras kepala yang tidak memiliki kesabaran. Ia juga berpendapat bahwa buah pisang berbau menyengat seperti pembersih cat kuku.

Jessica Jones – Defenders

Image credit: inverse.com

Superhero bernama lengkap Jessica Campbell Jones ini awalnya adalah seorang gadis biasa. Ia merupakan anak perempuan satu-satunya dari pasangan Brian dan Alisa Jones serta memiliki satu adik laki-laki, Philip. Suatu saat ia tak sengaja menyebabkan kecelakaan yang merenggut nyawa kedua orang tua dan adiknya sekaligus. Selama ia dalam keadaan koma di rumah sakit, sebuah organisasi misterius bernama IGH membayar seluruh perawatan dan obatnya. Tak hanya itu, diam-diam Jessica juga diberi obat yang membuat gennya berubah hinga memiliki kekuatan super.

Menyadari kondisinya berubah, Jessica akhirnya memutuskan untuk menjadi vigilante. Dengan kekuatan supernya ia banyak menyelamatkan orang-orang tak bersalah. Sampai ketika seorang mutan bernama Kilgrave menemukannya dan menyiksanya hingga ia mengalami post-traumatic stress disorder (PTSD). Namun pengalaman menyakitkan ini tidak lantas membuatnya putus asa. Ia tetap berusaha membantu orang lain dengan membangun kantor detektifnya sendiri.

Trivia: Dalam komiknya, Jessica Campbell merupakan teman satu sekolah Peter Parker di SMA Midtown. Ia dikisahkan menyimpan rasa suka pada Peter. Ketika dewasa, ia menjadi rekan kepercayaan Captain America dan menjalin hubungan dengan Scott Lang alias Ant-Man.

Jean Grey – X-Men

Image credit: marvel.wikia.com

Sebelum menjadi Dark Phoenix, Jean Grey merupakan mutan kelas 5 yang memiliki kemampuan telepati dan telekinesis. Ia direkrut oleh Profesor X untuk bekerja di sekolah khusus mutan yang ia dirikan. Di sana, ia menjalin hubungan dengan Scott Summers alias Cyclops, seorang mutan yang juga menjadi guru di sekolah tersebut.

Ketika kekuatan Dark Phoenix-nya bangkit, ia menjadi sosok mutan yang luar biasa kuat hingga mampu menghabisi Profesor X. Tak hanya itu, ia juga menjadi tak terkendali dan membuat para X-Men menyadari bahwa ia harus dihentikan sebelum semuanya hancur tak tersisa. Setelah melewati pertarungan panjang melawan seluruh anggota X-Men, akhirnya Logan berhasil membunuh Dark Phoenix dengan cakar Wolverinenya. Hal ini membuat Logan dihantui perasaan bersalah terus menerus yang membuatnya selalu tak nyenyak tidur akibat mimpi buruk.

Trivia: Saat ini sedang berlangsung proses produksi film X-Men: Dark Phoenix yang direncanakan akan rilis Februari 2019. Dalam film ini, Sophie Turner (Game of Thrones) kembali berperan sebagai Jean Grey. Film ini akan berlatar tahun 1992 atau sekitar satu dekade setelah kejadian X-Men: Apocalypse (2016).

***

Itulah 7 superhero wanita Marvel yang menjadi favorit penggemar komik dan film Marvel. Sangat menginspirasi, bukan? Mereka adalah contoh nyata bahwa perempuan juga bisa menjadi sosok yang mengubah sejarah. Tak hanya itu, mereka juga membuktikan bahwa dengan kerja keras, mereka mampu membuat perbedaan dan membantu orang lain.

Nah, jika kamu mengaku sebagai fans mereka, kamu harus punya koleksi lengkap DVD dari film-film mereka. Mulai dari franchise X-Men, Iron Man 2, Guardians of The Galaxy, hingga Avengers: Age of Ultron. Dapatkan DVDnya di Flamboyan DVD atau Movie Land. Kamu juga bisa menonton ulang film-film itu sembari menunggu rilisnya Avengers: Infinity War di akhir bulan nanti. Jangan lupa cek GoToMalls.com sebagai aplikasi berbasis web pertama yang menyediakan kamu info seputar promo dan diskon ya. Siapa tahu kamu menemukan promo DVD yang sedang berlaku di kotamu!

Leave a Reply