Bakar Kalori Dengan 4 Latihan Beban Efektif bagi Wanita

Dianing Shiamita

, Health

Olahraga latihan beban biasanya dilakukan oleh para pria. Wanita lebih sering menghindarinya karena takut memiliki badan yang besar dan berotot. Padahal olahraga ini justru cepat membakar kalori dan membuat otot lebih kencang. Bila dilakukan dengan pengawasan dari seorang trainer, maka Anda akan mendapatkan gerakan yang benar dan aman. Jika Anda bosan dengan olahraga kardio, Anda bisa mencoba 4 latihan beban efektif bagi wanita seperti yang dirangkum oleh GoToMalls berikut ini:

Baca juga: 6 Toko Olahraga Favorit di Dalam Mall

Shoulder Press

image credit: www.popsugar.com

Gerakan shoulder press bisa membakar lemak pada bahu, punggung, dan lengan bagian bawah. Anda hanya memerlukan dumbbell untuk bisa melakukan gerakan ini.

Berikut adalah cara-caranya:

  1. Posisikan satu kaki di depan dan kaki lainnya di belakang. Namun jangan membuka kaki terlalu lebar karena posisi ini hanya bertujuan untuk menyeimbangkan tubuh.
  2. Setelah itu dorong dumbbell ke atas secara perlahan-lahan sambil membuang nafas.
  3. Turunkan dumbbell sampai sejajar dengan bahu sambil menarik nafas.
  4. Lakukan latihan ini sebanyak 3 set dengan 12 repetisi setiap setnya dan selang istirahat 30 detik.

Karena hanya membutuhkan peralatan berupa dumbbell, Anda bisa membelinya di toko-toko olahrga, salah satu yang direkomendasikan GoToMalls adalah AIBI. Kabar gembira karena saat ini AIBI sedang membagikan kupon diskon 25% untuk dumbbell dan beragam aksesoris olahraga lainnya. Batas penukaran kupon hanya sampai tanggal 6 Mei 2018. Datang langsung ke store AIBI di kota Anda, tukarkan kuponnya, dan dapatkan diskonnya!

Rowing Machine

image credit: www.overstock.com

Latihan beban untuk wanita lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan rowing machine. Alat ini merupakan simulasi mendayung yang dapat membakar lemak sebanyak 125 kalori dalam 15 menit. Latihan beban ini akan membakar lemak dan melatih otot bagian betis, paha, pantat, lengan, bahu, dan pinggul.

Langkah-langkahnya untuk melakukan gerakan ini adalah sebagai berikut:

  1. Posisikan tubuh Anda dengan duduk secara tegak.
  2. Posisikan kaki pada tempat yang telah disediakan, lalu tarik pegangan dan dorong menggunakan kaki secara bersamaan.
  3. Buang nafas ketika menarik beban dan ambil nafas ketika mendorong beban.
  4. Lakukan gerakan ini secara perlahan supaya otot tidak cidera.

Anda bisa mencobanya di Celebrity Fitness terdekat di kota Anda, cek lokasinya di sini! Alat-alatnya lengkap dengan instruktur profesional dan fasilitas pun lengkap, semuanya ada.

Baca juga: Tetap Bugar dan Sehat dengan Rutin Lakukan 8 Olahraga Pagi

Cable Pull

image credit: heatherrobertson.com

Para wanita umumnya memiliki masalah lengan yang menggelambir, sehingga membuat jadi kurang percaya diri saat mengenakan pakaian terbuka. Kalau begitu cable pull adalah latihan yang cocok untuk Anda yang memiliki masalah ini. Cable pull akan membuat lengan bagian bawah kencang dan mudah untuk dilakukan. Ikuti caranya di bawah ini:

  1. Posisikan badan dengan berdiri sekitar 30 cm dari tali.
  2. Pegang tali di kedua ujungnya, berdiri tegak dengan kaki rapat dan condongkan tubuh ke belakang.
  3. Kepit ketiak Anda pada sisi kanan kiri dada.
  4. Tarik lalu lebarkan talinya.
  5. Turunkan beban tapi jangan sampai tangan Anda naik semua. Hanya pergelangan tangan saja yang naik dan biarkan lengan bagian atas tetap berada di posisinya.
  6. Lakukan 12 x 3 set dengan selang istirahat selama 30 detik.
  7. Anda bisa memulai dengan beban yang lebih ringan sebagai pemanasan, lalu secara bertahap naikkan beban sesuai kemampuan Anda.

Untuk Anda yang tinggal di Bandung, Rebel Crossfit bisa jadi alternatif tempat fitness yang recommended. Lokasinya ada di Lucky Square Mall lantai 2.

Lat Pull Down

image credit: pixfeeds.com

Alternatif terakhir latihan beban untuk wanita adalah lat pull down. Ini adalah alat yang didesain untuk membentuk postur tubuh. Latihan lat pull down akan membakar lemak dan membentuk otot dada belakang dan trisep. Anda bisa memulainya tanpa menggunakan beban sebagai pemanasan, kemudian setelahnya tambahkan beban sesuai kemampuan Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Duduk pada kursinya dan posisikan lutut di bawah penahan kaki.
  2. Letakkan tangan pada ujung besi pegangan.
  3. Busungkan dada lalu tariklah besi secara perlahan.
  4. Tarik nafas saat menurunkan beban dan buang nafas ketika menarik beban.
  5. Lakukan 12 x 3 set dengan selang istirahat 30 detik.

Untuk Anda warga Sidoarjo, bisa mencoba latihan ini di Flash Fitness yang berlokasi di Lippo Plaza Sidoarjo Lantai GF – Unit 8-9-10-11.

Baca juga: Tips Sehat dengan 5 Gerakan Olahraga Ringan di Kantor bagi Wanita Karir

Itulah daftar latihan beban untuk wanita yang bisa coba Anda lakukan untuk memiliki tubuh yang lebih sehat dan ideal. Untuk melakukan aktivitas olahraga, pastikan Anda sudah melengkapi diri dengan perlengkapan olahraga yang aman, nyaman, dan berkualitas. Anda bisa membelinya di Sports Station atau Planet Sports. Tak perlu khawatir soal harga, karena ada banyak promo yang bisa dilihat di situs GoToMalls.com. Anda bisa melihat promo perlengkapan olahraga maupun kebutuhan lainnya di website berbasis aplikasi satu-satunya yang selalu memberikan info terbaru dari merchant di seluruh mall Indonesia ini.

Leave a Reply