3 Hal Signifikan yang Membedakan Samsung Galaxy S9 Plus dengan Seri Sebelumnya

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus diluncurkan di Barcelona pada 25 Februari 2018. Pre-order di Indonesia yang dibuka pada 27 Februari hingga 5 Maret lalu membuktikan antusiasme masyarakat pada produk Samsung masih cukup tinggi. Samsung Galaxy S9 Plus diklaim sebagai smartphone Android paling canggih saat ini. Smartphone ini memiliki spesifikasi yang dinilai terlengkap dengan berbagai  fitur terbaru yang memanjakan penggunanya. Simak ulasan mengenai 3 hal signifikan yang membedakan Samsung Galaxy S9 Plus dengan seri sebelumnya:

Baca juga: 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Samsung Galaxy S9 Plus

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Galaxy S9 Plus
Dimensi 158.1 x 73.8 x 8.5 mm
Berat 189 gram
SIM Single SIM atau Hybrid Dual SIM
Chipset 6.2 inci, 1440 x 2960 piksel, Super AMOLED, 18.5 : 9, 529 ppi, Corning Gorilla Glass 5
OS Android 8.0 (Oreo)
CPU – Exynos 9810 Octa untuk EMEA

– Qualcomm MSM8998 Snapdragon 845 untuk Amerika Serikat & Tiongkok

GPU – Octa-core (4×2.8 GHz Mongoose M3 & 4×1.7 GHz Cortex-A55) untuk EMEA

– Octa-core (4×2.7 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.7 GHz Kryo 385 Silver) untuk Amerika Serikat dan Tiongkok

Slot Kartu – Mali-G72 MP18 untuk EMEA

– Adreno 630 untuk USA & China

ROM/RAM microSD, up to 256 GB (menggunakan slot SIM 2)
Kamera Utama Dual: 12 MP (f/1.5-2.4, 26mm, 1/2.55″, 1.4 µm, Dual Pixel PDAF) + 12MP (f/2.4, 52mm, 1/3.6″, 1 µm, AF), OIS, phase detection autofocus, 2x optical zoom, LED flash
Kamera Depan 8 MP, f/1.7, autofocus, 1440p, dual video call, Auto HDR
USB 3.1, Type-C 1.0
Baterai Li-Ion 3500 mAh tidak bisa dilepas
Warna Midnight Black, Coral Blue, Titanium Gray, Lilac Purple
Harga US$ 839.99 atau sekitar Rp11,9 juta (Harga Amerika Serikat)

Layar Super AMOLED

Image credit: samsung.com

Samsung Galaxy S9 Plus memiliki dimensi yang cukup besar, yaitu 158.1 x 73.8 x 8.5 mm. Dimensinya mengikuti tren smartphone berukuran besar yang menjadi pilihan masyarakat masa kini. Smartphone seberat 189 gram ini memiliki Single SIM atau Dual Hybrid SIM. Slot kartunya disesuaikan dengan wilayah distribusi. Samsung Galaxy S9 Plus memiliki layar Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) berukuran 6,2 inci. Layar Super AMOLED ini merupakan pengembangan teknologi OLED (Organic Light Emitting Diode). Teknologi ini menghasilkan cahaya dengan tingkat ketajaman yang lebih bagus jika dibandingkan teknologi layar pada seri Samsung sebelumnya. Layar Super AMOLED tidak terpengaruh sinar matahari dan mampu menampilkan gambar lebih jernih. Desainnya tipis dan menggunakan Corning Gorilla Glass 5 yang memiliki teknologi anti gores. Smartphone ini juga dilengkapi dengan baterai Li-Ion 3500 mAh yang tidak bisa dilepas sehingga dinilai lebih praktis.

Android 8.0 (Oreo)

Image credit: thegadgedflow.com

Samsung Galaxy S9 Plus merupakan smartphone Android dengan OS 8.0 (Oreo). OS ini merupakan OS tertinggi dalam Android, berada satu tingkat di atas OS Nougat. Penggunaan OS Oreo menambah daftar kelebihan Samsung Galaxy S9 Plus. Teknologi picture in picture memungkinkan kamu bisa menjalankan dua palikasi sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Banyak emoji baru yang ditambahkan sehingga kamu lebih bebas berekspresi saat mengirim pesan. OS Oreo juga memiliki fitur shortcut yang akan memudahkan aktivitasmu dan pengaturan notifikasi yang lebih rinci. Selain itu, OS Oreo juga dilengkapi dengan fitur-fitur lain seperti Google Play Protect, Autofill, Android Instant Apps.

Di dalam smartphone yang hemat daya baterai ini tertanam chipset Exynos 9810 atau Qualcomm MSM8998 Snapdragon 845 yang juga disesuaikan dengan wilayah distribusi. Smartphone Octa-core ini berkapasitas hingga 256 GB. Kapasitas maksimal ini bisa didapatkan dengan menggunakan penambahan microSD pada slot SIM 2. Jika kamu hanya menggunakan satu kartu saja, sebaiknya maksimalkan kapasitas memori dengan menambahkan microSD ya!

Kamera Super Canggih

Hasil Foto Kamera | Image credit: samsung.com

Smartphone ini memiliki dual-aperture f/1.5 dan f/2.4 pada kamera utamanya. Fitur inilah yang mendukung aktivitas foto dalam kondisi cahaya redup maupun cahaya sangat terang. Lensa dual aperture ini diklaim mampu beradaptasi terhadap cahaya layaknya lensa mata. Cara kerjanya otomatis, sehingga mampu membantumu menghasilkan foto berkualitas. Kamera pada Samsung Galaxy S9 Plus juga dilengkapi dengan Dual Optical Image Stabilization (OIS). Dengan teknologi ini, foto yang dihasilkan akan lebih fokus dan anti buram atau blur. Teknologi ini mengadaptasi kemampuan kamera DSLR lho! Kamera 12 MP ini juga dilengkapi dengan LED flash yang memudahkan pengambilan gambar saat gelap.

Tak hanya kamera utama yang canggih, kamera depannya sudah 8 MP. Dengan aperture f/1.7 dan fitur autofocus. Kamera depan ini mampu menghasilkan gambar dengan resolusi maksimal 1440 piksel. Menariknya, kamera depan ini mampu digunakan untuk dual video call dengan kualitas Auto HDR.

Baca juga: Mau Samsung S9 Plus GRATIS? Cek Caranya Di Sini!

Gimana, pasti jadi kepengin punya Samsung Galaxy S9 Plus, kan? Jangan lupa ikutan event #SignUpReviewAndWin dari GoToMalls.com. Ada Samsung Galaxy S9 Plus Midnight Black gratis dari GoToMalls untuk member baru yang beruntung. Kamu hanya perlu daftar dan memberikan rating & review pada laman #SignUpReviewAndWin dan salah satu merchant atau mall pilihanmu saja! Event ini berlangsung hingga 11 April 2018 jadi masih ada kesempatan buat kamu pengguna baru yang belum ikutan. GoToMalls adalah aplikasi berbasis website pertama di Indonesia yang memberikan informasi lengkap seputar diskon, promosi, voucher, merchant, dan event yang sedang berlangsung di mall-mall di Indonesia.

 

Leave a Reply