7 Model Baju Etnik dengan Sulam Karawo Khas Gorontalo dari Ibukita Gallery

Tiara Mahardika

, Fashion

Kain tradisional makin diminati pecinta fesyen. Banyak pelaku industri fesyen yang memanfaatkan kesempatan ini untuk menghadirkan kreasi busana modern atau kontemporer dengan sentuhan tradisional. Adalah Emilia Hinta, seorang putri dari Gorontalo, yang ingin mengenalkan kekayaan budaya daerahnya pada masyrarakat luas. Melalui Ibukita Gallery, ia menghadirkan berbagai model baju etnik dengan sulam Karawo khas Gorontalo. Dalam bahasa lokal, Karawo berarti sulaman tangan. Kain ini juga sering disebut sebagai kain sulam Kerawang. Yuk intip koleksi pilihan baju etniknya di sini:

Baca juga: Makin Modis dengan 7 Model Baju Batik Kekinian Ini!

Outer Ceruti Hitam Bis Merah + Sulam Karawo

Image credit: ibukitagallery.com

Mau pergi ke acara formal atau semi formal? Dress tanggung yang dilengkapi dengan outer bisa menjadi pilihan busana yang paling pas untukmu. Outer didesain sepanjang dress dan berkerah besar yang diberi sentuhan warna senada dengan sulam Karawo. Hitam menjadi pilihan warna elegan yang tak pernah ketinggalan zaman.

Untuk mempercantik model baju etnik ini, sulam Karawo berwarna merah ditambahkan pada dress. Bahan ceruti mirip sifon menjadi bahan utama outer. Ceruti memang terlihat tipis, tetapi kuat dan tidak panas. Itulah mengapa banyak koleksi dari Ibukita Gallery yang menggunakan jenis kain ini.

Jubah Ceruti Pink

Image credit: ibukitagallery.com

Kini, kain sulam Karawo sudah banyak menghiasi berbagai model busana termasuk busana muslim seperti jubah, gamish, dan kaftan. Sulam tradisional ini justru mengangkat nilai busana, menjadikan berbagai model busana tersebut tak lagi kuno dan ketinggalan zaman. Salah satu pilihan busana yang harus mengisi lemarimu adalah jubah ceruti berwarna merah muda kombinasi biru muda ini. Pilihan warna yang cerah membuat kesan feminin yang fresh. Kamu bisa menggunakannya untuk pergi ke acara formal maupun semiformal.

Kaftan Rempel Ceruti Hitam SLM Silver + Sulam Karawo

Image credit: ibukitagallery.com

Banyak sekali pilihan kaftan yang dijual di pasaran. Jika ingin tampil beda, kamu bisa memilih kaftan rempel berbahan ceruti ini. Warna hitam menghadirkan kesan anggun tersendiri. Meski warna ini sering dihindari untuk busana panjang, tetapi kamu tetap bisa menggunakannya lho! Kuncinya adalah memilih bahan yang nyaman digunakan di daerah tropis. Pada kaftan rempel dari Ibukita Gallery ini, sulam Karawo berwarna perak (silver) ditambahkan sebagai detail busana. Sulaman bentul bunga yang cantik ini memang menjadi favorit dan bernilai seni tinggi.

Baca juga: Cantik dan Manisnya Tren Busana Muslim 2018 yang Elegan

Gamish Kerah Renda Satin Biru + Sulam Karawo

Image credit: ibukitagallery.com

Satu lagi model baju yang tidak boleh kamu lewatkan. Gamish kerah renda dengan pilihan warna cerah seperti biru muda akan membuat penampilanmu terlihat lebih menarik. Sulam Karawo berbentuk bunga dengan warna-warna pastel mempermanis busana ini. Kerah renda yang bisa dilonggarkan atau diketatkan dalam model baju etnik ini menjadi satu bagian yang unik. Kamu tak akan menemukannya di tempat lain!

Blouse Gombrang Silk (Sutera) Hijau Daun + Sulam Karawo

Image credit: ibukitagallery.com

Selain kain ceruti yang tipis tapi tak panas, jenis kain yang bisa digunakan sebagai bahan untuk berbagai model baju etnik adalah kain sutera. Kain eksklusif ini sangat halus dan nyaman digunakan. Sulam Karawo dengan detail yang khas akan menambah kesan mewah pada baju etnik berbahan sutera. Salah satu model baju etnik yang bisa digunakan adalah blus gombrong berwarna hijau daun ini. Blus gombrong ini bisa digunakan untukmu yang berbadan slim maupun kamu yang memiliki pundak bidang. Tinggal caramu dalam mengombinasikannya saja dengan bawahan yang pas.

Blouse Sutera Crepe Cokelat + Karawo

Image credit: ibukitagallery.com

Jika tak suka blus gombrong, kamu bisa memilih blus body fit berbahan sutera ini. Blus ini dilengkapi dengan aksen ruffle yang sedang hits tahun ini dan sulam Karawo yang terkesan tradisional. Sulam Karawo yang digunakan pun bukan berbentuk bunga, melainkan bentuk bulat simetris. Warna cokelat menjadi warna pilihan yang netral. Penampilanmu dijamin makin memesona dengan blus ini!

Kebaya Malaysia Merah Maroon + Sulam Karawo

Image credit: ibukitagallery.com

Jika kamu sudah kenal dan terbiasa dengan model kebaya khas Jawa, nggak ada salahnya kamu mengenal dan menggunakan jenis kebaya yang lain. Salah satu kebaya yang dikreasikan dengan sulam Karawo oleh Ibukita Gallery adalah kebaya Malaysia. Sekilas, kebaya ini mirip dengan tunic atau blus longgar (loose) biasa. Sulam Karawo ditambahkan pada beberapa bagian kebaya. Konsep desain modern digunakan tanpa menghilangkan ciri khas sulam Karawo yang sangat detail dan halus. Kebaya Malaysia berwarna merah marun dengan sulam Karawo ini cocok untukmu yang ingin tampil cantik dalam berkebaya.

Baca juga: Terbaru! Inilah Inspirasi Model Kebaya untuk Si Kurus

Berbagai model baju etnik dengan sulam Karawo khas Gorontalo ini bisa kamu dapatkan dari Ibukita Gallery. Jangan lewatkan promo dari Ibukita Gallery dapatkan diskon 10% – 15% selama bulan Maret 2018. Cek selengkapnya dari laman GoToMalls.com! GoToMalls.com adalah web aplikasi pertama di Indonesia yang memberikan berbagai macam informasi seputar voucher, promosi, dan diskon yang sedang berlangsung dari rekomendasi merchant-merchant pilihan, terlengkap, dan terpercaya.

Leave a Reply