Tetap Bugar dan Sehat dengan Rutin Lakukan 8 Olahraga Pagi

Tiara Mahardika

, sports

Pagi hari jadi saat yang paling tepat untuk berolahraga. Selain sebagai latihan untuk mengalahkan rasa mager alias malas gerak, olahraga rutin setiap pagi bisa membuat stamina tetap terjaga. Kamu jadi lebih bertenaga dan bersemangat menjalani hari. Banyak pilihan olahraga pagi yang bisa kamu lakukan, berikut contohnya:

Baca juga: Kenali 7 Tren Olahraga 2018 yang Bakal Hits

Yoga

Ini yang paling mainstream, yoga! Meski banyak orang tahu dengan manfaat yoga, nggak sedikit pula yang enggan melakukannya. Penamaannya yang terkesan sulit membuat orang merasa kurang percaya diri mencoba olahraga ini. Padahal gerakannya nggak terlalu susah lho. Yoga adalah olahraga pagi hari yang bisa kamu lakukan di rumah. Selain sebagai bentuk meditasi, yoga dipercaya bisa membakar kalori lebih banyak dibanding olahraga lainnya. Jika masih pemula, coba yoga hatha. Olahraga yang satu ini nggak hanya akan bikin tubuh kamu segar dan bugar, tapi juga bisa membantumu mengendalikan stres dan rasa cemas. Tubuh dan pikiran jadi tetap sehat, kan?

Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan dikenal sebagai bagian dari meditasi atau fase ketiga yang ada dalam yoga. Sebenarnya, kamu tetap bisa melakukan latihan pernapasan tanpa melakukan gerakan-gerakan yoga terlebih dulu. Latihan ini akan membuatmu lebih fokus dan lebih mudah berkonsentrasi. Setiap hari, setelah bangun tidur dan minum air putih minimal satu gelas, siapkan waktu selama 30 menit untuk latihan pernapasan. Lakukan inhale-exhale atau ambil dan buang napas dalam hitungan 1-10. Agar lebih rileks, kamu juga bisa menyetel musik yang menenangkan dari aplikasi musik atau aplikasi yoga. Suara hujan, ombak, dan cuitan burung bisa jadi pilihan musik untuk menemani latihan pernapasanmu.

Push Up

Image credit: IG @crossfit

Salah satu olahraga pagi hari untuk melatih otot lengan adalah push up. Gerakan push up punya sedugang manfaat. Kamu bisa membentuk otot tubuh, meningkatkan massa otot bisep dan trisep, serta memperkuat otot bahu, dada, dan bahu. Asyiknya, kamu bisa tetap melakukan olahraga pagi ini sambil bermain dengan anak atau adik kecilmu.

Angkat Beban

Image credit: IG @crossfit

Olahraga lain yang bermanfaat untuk melatih otot lengan adalah angkat beban. Jangan bayangkan angkat beban sebagai olahraga yang berat. Kamu nggak harus mengangkat puluhan kilogram beban seperti yang biasa dilakukan orang di fitness center. Cukup beli barbel yang sesuai dengan porsi tubuhmu. Barbel yang biasa dijual di toko olahraga mulai dari ¼ kg, ½ kg, 1 kg, 2 kg, dan seterusnya.

Selain barbel, ada juga beban berupa bola besar berisi pasir. Kamu membawa bola pengganti barbel ini keliling kompleks agar olahraga pagi hari lebih menyenangkan. Gerakan repetitif dalam mengangkat barbel akan membuat otot tangan menjadi lebih kuat. Gerakan mengangkat bola beban sambil berjalan kaki akan membuat tubuh lebih seimbang.

Baca juga: Anda Ingin Bahagia? Coba Lakukan 7 Olahraga Penghilang Stres Ini!

Lompat Tali

Lompat tali atau skipping adalah olahraga murah meriah yang cocok untuk membakar lemak. Olahraga ini cocok untuk segala usia. Kalau ingin melakukan lompat tali, sebaiknya jangan di atas permukaan yang licin seperti marmer atau karpet ya. Jangan sampai kamu justru cedera setelah melakukan olahraga pagi hari ini. Jika melakukannya di dalam rumah, pastikan ruangan berukuran minimal 2×3 m dengan tinggi ruangan sekitar 25-30 cm lebih tinggi dari tinggi badan.

Baca juga: Mudah dan Murah: 8 Manfaat Olahraga Lompat Tali bagi Kesehatan

Senam Aerobik

Kalau kamu suka seru-seruan bersama teman, ikut senam aerobik saja! Senam ini sering digelar di ruangan terbuka seperti lapangan pada pagi hari saat akhir pekan. Iringan musik aerobik yang memacu semangat dan instruktur yang lincah pasti bikin kamu ketularan energik. Sudah dapat sehat, bisa ngumpul dengan teman-teman pula, kurang apa lagi?

Jogging

Ini dia olahraga para pecinta lari. Kalau biasanya kamu lari sekian belas km pada sore hari, coba kurangi porsinya pada pagi hari. Jogging atau lari-lari kecil bisa jadi olahraga anti-boring yang bisa dilakukan rutin setiap pagi. Udara pagi yang masih segar bisa kamu nikmati sembari menggerakkan tubuh. Jogging akan terasa lebih seru lagi jika kamu punya anjing peliharaan yang bisa kamu ajak. Kalau jogging sendirian, kamu bisa melakukannya sambil mendengarkan musik dengan earphone. Meski begitu, tetap perhatikan jalanan agar kamu nggak mengganggu orang lain ya.

Baca juga: Sehat dan Tetap Gaya dengan 5 Olahraga Kekinian Ala Milenial

Bersepeda

Olahraga yang satu ini sangat gampang dilakukan. Asal kamu punya sepeda dan bisa bersepeda, kamu bisa melakukan olahraga ini setiap pagi. Mau berangkat ke kantor naik sepeda? Boleh juga! Selain menghemat bensin, tentu lebih sehat. Sebelumnya, pastikan dulu ide bersepeda ke kantor ini rasional. Apa jaraknya tidak terlalu jauh? Apa jalanan dari rumah ke kantor ramah sepeda? Kalau jawabannya enggak, ya sudah! Kamu masih bisa bersepeda keliling kompleks selama setengah jam sebelum mandi pagi atau berangkat ke kantor.

Perlu sepeda baru? Coba cek koleksi dari Wim Cycle.

Baca juga: Wajib Tahu: 7 Alasan Penting Harus Berolahraga Saat Hamil

***

Ternyata pilihan olahraga pagi hari di atas tergolong mudah untuk dilakukan ya? Yang susah di awal tentu mengalahkan rasa malas gerak. Kalau kamu mau membeli peralatan olahraga untuk menunjang rutinitas olahraga pagimu, kunjungi Planet Sports. Cek lokasi dan rekomendasi lain dari website GoToMalls.com. Ada banyak promo menarik!

Leave a Reply