Datang dan Meriahkan 6 Festival Jazz 2018 di Indonesia Ini!

Kalau kamu beranggapan bahwa musik jazz kurang easy listening, berarti kamu kudet alias kurang update. Sekarang ini sudah banyak musisi jazz Indonesia yang menciptakan lagu-lagu beraliran jazz yang lebih mudah didengar untuk dinikmati semua kalangan. Keberadaan festival musik jazz di Indonesia turut membantu perkembangan aliran musik ini di tanah air. Dalam festival jazz terdapat perpaduan jazz dengan budaya etnik atau aliran musik lain sehingga membuatnya lebih diterima bagi penikmat musik tanah air. Jadi, jangan sampai kelewatan enam festival jazz 2018 di Indonesia ini, ya!

Baca juga:

JAKARTA INTERNATIONAL JAVA JAZZ

image credit: IG@javajazzfest

Jakarta International Java Jazz Festival atau yang sering disebut Java Jazz Festival (JJF) adalah festival jazz yang sudah berskala internasional. Bahkan festival ini diakui sebagai salah satu festival jazz terbesar di dunia. JJF selalu diselenggarakan secara besar-besaran dan meriah. Ribuan orang hadir untuk menikmati musik yang dibawakan oleh para musisi nasional maupun internasional.

Di tahun 2018 ini, JJF akan diselenggarakan pada tanggal 2-4 Maret di Jiexpo Kemayoran, Jakarta yang akan dimeriahkan lebih dari 300 musisi. Beberapa musisi nasional yang akan ikut tampil diantaranya Glenn Fredly, Kunto Aji, Andien, Maliq & D’Essentials, Ecoutez, Tohpati, dan lainnya. Sedangkan musisi internasionalnya antara lain JP Cooper, LAUV, Lee Ritenour, Goo Goo Dolls, dan lainnya. Kamu bisa memesan tiketnya mulai dari sekarang di beberapa ticket box yang ada di Jakarta dan beberapa kota lainnya. Harga tiket mulai dari Rp 199.000 hingga Rp 1.830.000 untuk show selama 3 hari.

THE INTERNATIONAL KAMPOENG JAZZ

image credit: Twitter @kampoengjazz

Di Bandung juga ada festival jazz yang dinamakan The International Kampoeng Jazz. Festival ini rutin digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjajaran. Tahun 2018 ini, pagelaran Kampoeng Jazz akan jadi yang kesepuluh kalinya. Rencananya Kampoeng Jazz akan diselenggarakan pada tanggal 28 April 2018 di Fakultas Hukum Universitas Padjajaran yang terletak di Jalan Dipatiukur, Bandung.

Jajaran musisi ternama dipastikan tampil memeriahkan festival jazz 2018 ini. Maliq & D’Essentials, Faris RM, Teza Sumendra, Monita Tahalea, dan Senar Senja adalah sebagian musisi nasional yang akan turut serta dalam festival ini. Untuk musisi internasional yang akan mengisi line up Kampoeng Jazz ada MYMP. Tiket pre-sale sudah bisa dibeli melalui website resmi Kampoeng Jazz mulai dari Rp 85.000.

JAZZ GUNUNG BROMO

image credit: radarmalang.id

Jazz Gunung Bromo atau yang biasa disebut Jazz Gunung adalah pergelaran musik bertaraf internasional yang menampilkan komposisi jazz bernuansa etnik. Festival yang digelar setiap tahun di daerah pegunungan ini merupakan salah satu pionir berkembangnya festival musik yang diadakan di alam terbuka di Indonesia. Amfiteater dibangun beratapkan langit dan berlatar belakang keindahan pegunungan Bromo Tengger Semeru yang indah serta diisi para musisi nasional dan internasional. Penyelenggaraan festival selalu berlokasi di Amfiteater Jiwa Jawa Resort Bromo, Desa Wonotoro, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Jazz Gunung Bromo di tahun 2018 ini memasuki tahun penyelenggaraan yang ke-10. Acaranya akan dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 27-29 Juli 2018. Hari pertama dan kedua akan diisi oleh musisi dalam dan luar negeri, serta kesenian daerah. Hari ketiga akan mengusung tema “Jazz Gunung Pagi-pagi” yang akan dimulai pukul 05.00. Beberapa musisi yang akan tampil antara lain Kramat Ensamble Percussion, Tohpati Bertiga, Tropical Transit, Barry Likumahuwa, Andre Hehanusa, dan masih banyak lagi. Harga tiket untuk festival ini mulai dari Rp 375.000 untuk festival hingga Rp 2.075.000 untuk VVIP.

JAZZ ATAS AWAN

image credit: IG@festivaldieng

Jazz Atas Awan bukan festival yang berdiri sendiri, tapi merupakan bagian dari Festival Budaya Dieng. Kalau biasanya panitia festival selalu mengumumkan para musisi yang akan tampil, beda halnya dengan festival jazz ini. Pihak panitia merahasiakan siapa saja bintang tamunya. Harapannya adalah para pengunjung yang hadir memang berniat untuk mengunjungi Festival Budaya Dieng secara keseluruhan, bukan sekedar ingin menyaksikan penampilan dari para musisi tersebut.

Di tahun 2018 ini, Jazz Atas Awan memasuki tahun penyelenggaraan yang ke-9 dan akan diselenggarakan pada tanggal 3-5 Agustus 2018 di Dataran Tinggi Dieng. Selain ada penampilan dari para musisi di festival jazz, akan ada sederet acara lain yang tak kalah meriah. Beberapa acara tersebut adalah pesta lampion, pesta kembang api, dan tradisi potong rambut anak gimbal di Festival Budaya Dieng. Harga tiketnya cukup terjangkau, mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 350.000.

UBUD VILAGE JAZZ FESTIVAL

image credit: Facebook/Ubud Village Jazz Festival

Ubud Village Jazz Fetival (UVJF) merupakan festival jazz 2018 yang tidak boleh dilewatkan, karena ada suasana unik di dalamnya. Suasana pedesaan Ubud yang tentram dan damai menawarkan sensasi menikmati musik jazz yang berbeda. Hal tersebut tentunya menjadi daya tarik tersendiri, baik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Mulai diselenggarakan tahun 2013, berarti tahun ini UVJF sudah memasuki tahun ke-5 dalam pelaksanaannya. Pencetus ide festival ini berasal dari dua seniman lokal Bali, yaitu Anom Darsana dan Yuri Mahatma.

Pada 2018 ini, UVJF akan diadakan pada tanggal 10-11 Agustus 2018 yang bertempat di Agung Rai Museum of Art, Ubud, Bali. Beberapa musisi nasional dan internasional yang akan memeriahkan festival ini antara lain Barry & Benny Likumahua, Pramono Abdi Pamungkas, Gerald Clayton Trio, dan Benny Brown. Harga tiket untuk festival jazz ini mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 700.000.

PRAMBANAN JAZZ INTERNATIONAL MUSIC FESTIVAL

image credit: IG@prambananjazz

Prambanan Jazz International Music Festival atau Prambanan Jazz bisa dibilang sebagai festival jazz yang tergolong baru di tanah air. Festival ini baru mulai digelar tahun 2015 lalu. Meski begitu, Prambanan Jazz tak kalah meriah dari festival jazz lainnya yang lebih dulu ada, karena selalu berhasil mendatangkan musisi-musisi berkelas.

Untuk tahun ini, Prambanan Jazz akan digelar pada tanggal 17-19 Agustus 2018 di Candi Prambanan, Yogyakarta. Harga tiket festival ini mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 500.000 dengan tiket pre-sale sudah bisa dibeli mulai 7 Februari-7 Maret 2018. Sayangnya masih belum ada info tentang para musisi yang akan ikut memeriahkan festival ini. Kamu bisa cari tahu informasi terbaru di website resminya.

****

Jadi, kamu akan nonton festival jazz 2018 yang mana, nih? Jangan lupa untuk mengatur tiket perjalanan dan akomodasi untuk ke kota tujuan yang bisa dipesan di Nusantara Tour atau Antavaya Tour. Untuk dapatkan promo dan diskon bisa cek dulu di situs gotomalls.com, ya!

Leave a Reply