8 Manfaat High Intensity Interval Training (HIIT)

Tiara Mahardika

, Health

Kini, ada banyak sekali pilihan latihan atau olahraga yang bisa dilakukan. Dari yang umum seperti jogging hingga yang kini populer seperti HIIT, semuanya punya manfaat yang baik untuk tubuh. High Intensity Interval Training (HIIT) adalah olahraga kardiovaskular yang menggabungkan latihan intensitas tinggi dengan latihan intensitas sedang atau rendah dalam waktu tertentu. Salah satu contoh latihan HIIT adalah gabungan sprint dan jogging. HIIT mulai banyak digemari orang Indonesia sejak kemunculannya pada akhir tahun 2010 lalu dan kini menjadi salah satu olahraga populer. Apa saja manfaat HIIT?

Baca juga: Tetap Bugar dan Sehat dengan Rutin Lakukan 8 Olahraga Pagi

Jantung Sehat

HIIT sebenarnya masuk dalam zona anaerobik,  yaitu latihan yang menyebabkan denyut jantung cepat meningkat. Meski begitu, kamu yang punya masalah lemah jantung, nggak perlu khawatir kalau mau ikut HIIT. Olahraga ini justru akan membuat jantungmu lebih sehat. Latihan HIIT dengan rutin akan membuat jantungmu terbiasa terpacu dan lebih stabil.

Lebih Banyak Membakar Lemak

Image credit: sehatnesia.com

Tenaga maksimal yang dikeluarkan saat latihan HIIT membuat tubuh terbiasa membakar kalori lebih banyak. Efek ini disebut dengan hyperdrive. Saat terjadi hyperdrive, tak hanya kalori, lemak tubuh pun ikut terbakar.

Berat Badan Turun

Saat memilih olahraga di tempat fitnes, ada beberapa orang yang punya tujuan untuk mengikuti program khusus. Ada yang ingin menaikkan berat badan, ada pula yang ingin membentuk tubuh. Kalau kamu sudah punya bentuk tubuh yang ideal, dengan masa otot yang seimbang, apa kamu perlu latihan HIIT? Manfaat HIIT adalah untuk menurunkan berat badan. Olahraga ini menjamin cadangan lemak terbakar, tanpa mengecilkan masa otot yang sudah terbentuk.

Meningkatkan HGH

Image credit: md-health.com

Selain meningkatkan pembakaran cadangan lemak dan memelihara masa otot, manfaat HIIT lainnya adalah untuk merangsang produksi hormon pertumbuhan. HIIT mampu meningkatkan Human Growth Hormone (HGH) sebanyak 450% setelah latihan HIIT. Untuk itu, olahraga ini juga disarankan untuk remaja atau dewasa yang ingin mengurangi resiko penuaan.

Lebih Efisien

Image credit: dailyburn.com

Kamu yang punya jam terbang tinggi dan sangat sibuk, sebaiknya memih HIIT untuk latihan sehari-harimu. Kamu bisa lebih banyak mendapat manfaat dengan rutin latihan HIIT selama 15 menit dengan durasi tiga kali seminggu daripada jika kamu hanya jogging di treadmill selama satu jam. Menurut studi di Amerika pada 2011 pada pertemuan tahunan kedokteran olahraga, dua minggu latihan HIIT setara dengan latihan aerobik selama 6-8 minggu.

Minim Alat Bantu Olahraga

Target dari olahraga HIIT adalah untuk mendorong kinerja jantung agar maksimal. Ada beberapa alat bantu olahraga seperti dumbbells dan sepeda yang bisa dilakukan untuk membantu latihan HIIT. Namun, kamu nggak perlu pusing jika nggak punya alat-alat ini. Kamu bisa melakukan gerakan-gerakan HIIT seperti high knees, fast feet, atau sprint yang minim alat bantu olahraga.

Bisa Dilakukan Di Mana Saja

HIIT bertujuan sederhana yaitu untuk mendapat hasil maksimal dalam jangka waktu pendek. Olahraga ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Kamu bisa menyesuaikan bentuk latihan atau gerakan-gerakannya sesuai situasi.

Latihan yang Menantang

HIIT dilakukan dalam waktu yang relatif singkat. Saat memulainya, kamu harus fokus dan berkonsentrasi penuh. Latihan HIIT yang menggabungkan lebih dari satu gerakan tentu anti monoton. Kamu akan merasa tertantang menyelesaikan sesi laithan ini dan nggak akan merasa bosan.

Baca juga: Mudah dan Murah: 8 Manfaat Olahraga Lompat Tali bagi Kesehatan

***

HIIT sangat ideal untuk kamu yang sibuk dan hanya punya waktu terbatas untuk berolahraga. Latihannya sangat efektif dan hasilnya jelas. Kamu bisa melakukannya di rumah, di kantor, bahkan di fitness center seperti Solution Fitness dan Helios Fitness. Mulai latihan dan rasakan 8 manfaat HIIT di atas! Kunjungi GoToMalls.com dan dapatkan penawaran menarik untuk produk olahraga yang kamu butuhkan!

 

Leave a Reply