8 Jenis Tanaman Hias untuk Memperindah Ruangan dan Teras Rumah

Mendekorasi ulang rumah bisa jadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Kamu bisa menambahkan dekorasi tertentu atau berbagai jenis tanaman hias untuk mempercantik ruangan dan teras rumah. Kalau suka dengan konsep green living, tentu kamu lebih pilih tanaman hias dong? Memang, tidak semuanya bisa ditanam di dalam ruangan, diletakkan atau digantung di teras rumah. Beberapa jenis tanaman hias berikut bisa jadi pilihanmu:

Baca juga: Contek 5 Inspirasi Taman Vertikal Ini untuk Mempercantik Rumah Anda!

Kaktus

Jenis tanaman hias pertama yang mudah ditanam adalah kaktus. Tanaman ini terkenal dengan kemampuan tumbuh pada kondisi lingkungan yang panas, kering, dan kekurangan air. Tanaman dengan habitat asli gurun pasir ini banyak dikembangkan dan menjadi salah satu tanaman hias paling laris di pasaran. Ada puluhan kaktus mini yang bisa menghiasi ruangan dan teras rumahmu. Kamu bahkan bisa menempatkan kaktus-kaktus mini ini di antara hiasan rumah atau rak-rak buku.

Varietas kaktus bisa dibedakan dari jenis batang dan bunganya yang sangat unik. Beberapa di antaranya adalah hasil persilangan dua jenis kaktus yang berbeda. Untuk dekorasi ruangan, kamu bisa memilih kaktus paling cantik Ariocarpus atau Astrophytum yang memiliki bunga mirip bunga matahari.

Sukulen

Apakah kamu pernah dengar jenis tanaman hias sukulen? Sama seperti kaktus, sukulen bisa tumbuh baik dalam kondisi kering dan panas. Sukulen bukanlah nama tanaman. Ini adalah istilah untuk berbagai tanaman yang mempunyai karakter menyerap dan menyimpan air pada batang utamanya. Secara fisik, sukulen punya kelopak seperti daun.

Umumnya, sukulen memerlukan intensitas cahaya yang lebih banyak daripada tanaman hias lainnya. Sebaiknya, tempatkan sukulen di tempat terang tanpa terkena matahari secara langsung. Hal ini dilakukan karena kebanyakan jenis sukulen membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan dan tempat baru. Jika kamu ingin menempatkannya sebagai penghias ruangan, pilih yang memang sesuai. Beberapa jenis sukulen bisa beradaptasi dengan udara ruangan yang agak lembap, misalnya black rose, manik-manik mutiara, manik-manik pisang, dan lady of aquarius. Meski ditaruh di dalam ruangan, setidaknya dalam dua hari sekali, kamu harus tetap meletakkannya di tempat yang bersinggungan langsung dengan cahaya matahari.

Lidah Mertua (Sanseviera)

Image credit: IG @littlesansi

Tanaman ini cukup populer sebagai penghias rumah karena bisa tumbuh dengan sedikit air dan cahaya matahari. Lidah mertua berdaun keras, tegak, dengan ujung meruncing. Namanya yang unik berasal dari jargon bahasa Indonesia. Bentuknya yang tajam mirip dengan kata-kata dari lidah mertua yang juga dinilai ‘tajam’.

Lidah mertua sebenarnya tak hanya berfungsi sebagai tanaman hias saja. Tanaman ini banyak digunakan sebagai bahan obat herbal. Selain itu, seratnya pun dipakai sebagai bahan pakaian. Di Jepang, tanaman ini bahkan digunakan untuk menghilangkan bau perabot rumah di ruangan. Kamu hanya perlu menempatkan pot lidah mertua di sudut-sudut ruangan.

Suplir

Image credit: IG @thesanhouse

Suplir termasuk dalam suku Pteridaceae yang sering ditanam sebagai penghias ruang atau taman. Tumbuhan paku populer ini masuk dalam marga Adiantum. Penampilannya sangat khas, sehingga mudah dibedakan dengan jenis tumbuhan paku-pakuan lainnya. Daunnya cenderung berbentuk bulat keriting dan tipis seperti kipas-kipas kecil yang tersusun rapi. Tangkainya berwarna hitam dan mengkilap. Tanaman hias ini sangat mudah berkembang. Suplir memperbanyak diri secara generatif dengan spora yang ada pada bagian tepi sisi bawah daun yang sudah dewasa.

Warna daun yang hijau cerah ini sungguh bisa menyejukkan mata. Kamu bisa menempatkannya di sudut ruang tamu atau teras rumah. Jika menempatkannya di dalam ruangan, kamu harus menjemurnya seminggu dua kali saat ada sinar matahari pagi setidaknya 2-4 jam. Jika di luar ruangan atau teras rumah, hindari sinar matahari langsung agar daun suplir tidak mudah kering. Daun suplir akan mengering saat kekurangan air atau sudah tua. Jika hal ini terjadi, kamu harus segera memangkasnya. Pangkas dari pangkal batangnya untuk merangsang pertumbuhan tunas baru.

Kalatea (Calatheas)

Image credit: IG @margo.hupert.art

Kalatea berasal dari Amerika Latin, yaitu Kolombia dan Venezuela. Tanaman dengan nama populer prayer plant atau peacock plant ini biasa ditanam dalam pot-pot sedang yang bisa ditempatkan di sudut ruangan atau teras rumah. Daunnya yang lebar dan berbentuk elips dan oval dengan tekstur kasar dan warna semburat bergaris terlihat sangat cantik. Uniknya, daun kalatea sangat sensitif terhadap cahaya gelap. Pada malam hari, daun-daun ini akan melipat dengan sendirinya. Kalatea harus ditempatkan di tempat lembap. Kamu harus selalu mengecek jenis tanaman hias yang satu ini agar tidak mati kekurangan air.

Pokok Duit-Duit

Image credit: IG @artonearth_

Penasaran dengan tanaman hias bernama Pokok Duit-Duit? Tamanan yang juga dikenal degan naman money plant ini memiliki daun mirip dengan lembaran uang. Pokok Duit-Duit adalah tanaman merambat. Kamu bisa menempatkannya dalam vas transparan atau digantung agar menjalar begitu saja. Pastikan untuk menghindari cahaya matahari secara langsung. Tanaman ini bisa tumbuh menjalar hingga dua meter ini tidak memerlukan perawatan khusus. Pokok Duit-Duit hanya memerlukan air saat daun-daunnya berasa kering saat dipegang.

Bunga Anggrek

Suku Orchidaceae adalah salah satu suku tumbuhan dengan jenis terbanyak. Bunga Anggrek dikenal sebagai bunga terindah di dunia. Salah satu jenis anggrek yang populer di Indonesia adalah anggrek bulan. Anggrek biasa dijual sebagai tanaman pot atau bunga potong untuk berbagai acara. Jika mau menambahkan kesan yang berbeda untuk rumahmu, kamu bisa menanam anggrek sebagai penghias rumah.

Baca juga: 5 Cara Menciptakan Suasana Baru di Rumah untuk Menyambut Tahun Baru 2018

Bunga Krisan

Image credit: IG @vivickcl

Jenis tanaman hias bunga yang bisa ditempatkan di dalam ruangan adalah bunga krisan. Bunga ini tumbuh dengan berbagai pilihan warna-warna cerah dan menarik seperti kuning, oranye, dan merah. Berbeda dengan tanaman berbunga lain yang tumbuh dari pohon rindang atau berbatang tebal, bunga krisan tumbuh dari pohon bunga yang tidak terlalu besar. Di Indonesia, banyak perkebunan bunga krisan yang difungsikan untuk memenuhi permintaan bunga potong di pasaran. Meski begitu, kamu bisa mendapatkan tanaman krisan yang dijual dalam pot sebagai tanaman hias.

***

Itulah 8 jenis tanaman hias untuk memperindah ruangan dan teras rumahmu. Penambahan tanaman hias di berbagai sudut ruangan ini tentu bisa menghadirkan warna baru untuk rumahmu. Butuh perlengkapan bercocok tanam? Segera datang ke Ace Hardware atau Informa untuk mendapat alat bercocok tanam yang kamu butuhkan! Sebelumnya, cek GoToMalls.com untuk mengecek rekomendasi toko kebutuhan rumah, kamu bisa mengeceknya di sini dan temukan penawaran menarik dan diskon spesialnya.

One Comments

Leave a Reply