10 Kafe Instagramable Semarang

Kota Semarang identik dengan Lawang Sewu dan Simpang Lima. Kulinernya pun enak-enak. Tidak hanya itu saja yang bikin betah di ibukota propinsi Jawa Tengah ini. Kafe-kafenya juga asyik lho buat dijelajahi! Yup, sebagai salah satu kota besar di Indonesia dan punya kampus ternama, Semarang punya banyak kafe dengan dekorasi kekinian yang bakal bikin feed Instagrammu kece badai. Berikut referensi kafe Instagramable Semarang yang asyik buat kongkow bareng-bareng!

Baca juga: Yuk, Cicipi 8 Kuliner Khas Semarang yang Bercita Rasa Lezat!

FIRST LOVE CAFE

image credit: IG@firstlovesemarang

Lokasi: Semarang Paragon Mall Lt 3 – Jl Moch. Suyudi no. 60 Semarang

Suka nongkrong dan makan yang manis-manis? First Love Cafe jawabannya. Kafe ini menjual berbagai dessert seperti layer cake yang harganya affordable banget, mulai dari Rp 12.000 aja. Dekorasi interior yang didominasi warna pastel bikin suasana terasa hangat, tenang, dan menyenangkan, pas juga buat kamu yang ingin nongkrong santai. Selain dessert, ada juga makanan lainnya, seperti gyudon dan donburi.

MACARICO CAFE

image credit: IG@macaricocafe

Lokasi: Jl. Mayjend Sutoyo 7, Semarang

Kesan sejuk dan ramah lingkungan terasa banget saat ada di Macarico Cafe. Kafe ini menerapkan konsep go green dengan penggunaan material kayu dan tanaman imitasi yang menghiasi sudut-sudut ruangan. Suasana hangat dan tenang bakal bikin hang out kamu jadi lebih menyenangkan. Menu yang disajikan cukup bervariasi, mulai dari Nusantara hingga Western cuisine. Sekedar ngopi juga bisa, karena kafe ini punya menu kopi yang dihias dengan bentuk-bentuk lucu dan pastinya enak.

BLACKBONE COFFEE & BISTRO

image credit: IG@espresso_mekanik

Lokasi: Jl. Durian Raya No. 52C Banyumanik, Semarang

Dengan tema daur ulang, Blackbone Cafe memiliki dekor yang kreatif dan ramah lingkungan. Konsepnya menggunakan peti kemas yang disulap jadi ruangan kafe yang super cozy dan unik dengan tema modern industrial. Apalagi ada mural yang menghiasi dinding peti kemas yang membuatnya makin keren. Area kafe terbagi jadi dua, indoor dan outdoor. Selain kopi sebagai menu andalan, menu lainnya juga nggak kalah enak. Berbagai olahan cokelat serta makanan, mulai dari camilan hingga makanan berat semuanya ada di sini.

JOKO KOPI

image credit: www.semarasanta.com

Lokasi: Jl. Gedong Songo No. 9, Ungaran Barat

Pengin nongkrong dengan suasana yang berbeda? Datang saja ke Joko Kopi! Di sini kamu bisa menikmati kopi sambil dikelilingi pemandangan alam berupa bentangan sawah yang indah. Persawahan luas yang hijau dan asri bikin mata jadi adem sekaligus jadi background yang cantik banget untuk foto-fotomu. Datang di saat senja, kamu bisa menikmati panorama sunset yang romantis. Ajak pasanganmu buat menikmati makan malam romantis di Joko Kopi.

GOOD FELLAS RESTO

image credit: IG@goodfellasresto

Lokasi: Gajah Mungkur Selatan No.11 Semarang

Gaya kolonial yang klasik jadi daya tarik utama dari Good Fellas Resto. Kafe ini memang menempati bangunan cagar budaya peninggalan Belanda karya arsitek ternama, Thomas Karsten. Gaya klasik dengan dominan warna hitam ini bakal bikin fotomu mewah dan elegan. Menu yang disajikan juga khas Eropa dengan plating yang photogenic banget. Penataan jendela-jendela besar berbingkai hitam di sepanjang dinding membuat interior kafe memiliki kesan terbuka di mana kamu bisa memandang pepohonan hijau nan rimbun di luarnya.

RETRO CAFE

image credit: IG@retrocafesemarang

Lokasi: Jl. Garuda (belakang Gereja Blenduk), Semarang Utara

Nuansa jadul bikin Retro Cafe ini lain dari yang lain. Saat masuk ke dalam, kamu bakal ngerasa seperti di era 80-an berkat dekorasi dan penggunaan furnitur khas jaman dulu. Ada juga barang-barang jadul yang bikin suasana vintage makin kerasa, mulai dari mesin jahit, sepeda onthel, sampai motor antik berusia puluhan tahun. Walaupun kesannya jadul dan usang, tapi tempatnya cukup nyaman, Menu-menu yang disajikan di sini adalah masakan Nusantara, seperti nasi goreng, roti telur, dan lumpia Semarang.

SPIEGEL BAR & BISTRO

image credit: IG@spiegelbistro

Lokasi: Jl Let. Jend Suprapto No 34, Kota Lama, Semarang

Lokasinya yang berada di kawasan Kota Lama Semarang membuat bangunan kafe ini terkesan kuno bergaya Eropa. Bangunan tersebut memang sudah berdiri sejak 1895 yang kemudian disulap jadi sebuah kafe dengan suasana Western klasik. Kamu yang datang beramai-rami bisa duduk di sofa super besar berwarna cokelat yang berbentuk setengah lingkaran. Mau bikin pesta kecil ataupun meeting juga bisa. Saat malam, kamu mesti cobain kongkow di rooftop-nya sambil memandang lampu-lampu di kawasan Kota Lama.

JICK JACK EATERY

image credit: IG@firawa

Lokasi: Jl. Pekunden No. 1178 – 1179

Meski menu yang disajikan hanya nasi, tapi yang membuat unik dari Jick Jack Eatery adalah bar yang terbuat dari VW Combi. Kesan retro pun jadi terasa berkat adanya bar unik dan kreatif tersebut. Ada berbagai olahan nasi yang nggak biasa di sini, seperti herbs rice atau garlic butter rice. Semuanya lezat dan harus kamu cobain. Untuk lauknya kamu bisa pilih sendiri, mau ayam, daging sapi, ataupun aneka seafood. Cara memasaknya pun terserah kamu, bisa panggang, goreng, ataupun bakar. Tersedia juga berbagai pilihan sayuran yang bergizi dan bervitamin. Kafe ini cocok banget buat kamu yang punya ‘lidah Indonesia’ dan nggak suka makanan neko-neko.

SAKAPATAT BEER GARDEN & RESTO

image credit: IG@sakapatatbeergarden

Lokasi: Jl. Diponegoro 24, Siranda, Semarang

Hang out sambil dikelilingi tanaman hijau memang bikin mata jadi segar. Kamu bisa mendapatkannya di Sakapatat Beer Garden & Resto. Ada juga area utama dengan konsep rumah pohon, yaitu semacam balkon yang dikombinasi pohon mangga yang menjulang di tengahnya. Kafe ini memiliki menu unggulan berupa olahan kentang. Beberapa menu yang mesti kamu pesan diantaranya Belgian Stew with Belgian Fries, Sausages & Mashed Potato, dan Boulette Sauce Tomato. Kalau datang di hari Rabu, kamu bakal disuguhi live music, sedangkan hari Jum’at ada live DJ lokal. Seru, ya!

NESTCOLOGY LAND OF GASTRONOMY

image credit: IG@nestcology

Lokasi: Jl. Tambora No 5A, Tegalsari, Candisari, Semarang

Perpaduan warna hitam dan cokelat pada kayu pada interior Nestcology Land of Gastronomy membuat suasana yang hangat dan nyaman. Perpaduan tema minimalis dan klasik di salah satu kafe Instagramable Semarang ini menjadikan sebuah konsep yang apik dan pastinya bikin betah. Menu-menu ala Western, seperti Seared Salmon, Beef & Powder, dan Formaggio Cheese Pizza siap memanjakan perutmu yang kelaparan. Sambil menikmati landscape kota Semarang di bawahnya, acara nongkrongmu pun pasti jadi lebih asyik. Jangan lupa untuk mengabadikan kebersamaanmu di sini, karena dekorasinya eye catching banget!

Baca juga: Penuhi Semua Kebutuhan Anda di 5 Mall Terbesar di Semarang!

***

Selain menyantap sajian di kafe Instagramable Semarang di atas, kamu juga bisa berkuliner di restoran dan kafe yang ada di mall dan pusat perbelanjaan di Semarang. Info lebih lengkapnya bisa kamu cari di situs gotomalls.com, ya!

Leave a Reply