10 Jenis Makanan Khas Italia Paling Populer, So Yummy!

Banyak restoran Italia bertebaran di seluruh penjuru dunia. Masyarakat Indonesia pun sudah terbiasa menyantap makanan khas Italia yang memang lezat dan menggugah selera. Hidangan Italia terdiri dari makanan pembuka (antipasto), utama (primo), dan penutup (dolce). Berikut daftar makanan khas Italia yang paling populer dan layak kamu coba!

Baca juga: 7 Restoran Enak dan Favorit di Cilandak Town Square

Bruschetta

Bruschetta adalah salah satu makanan pembuka yang jadi favorit di Italia. Makanan khas Italia ini terdiri dari roti panggang yang diolah dengan bawang putih, minyak zaitun, garam, dan merica. Bruschetta semakin lezat dengan adanya topping seperti tomat mini, sayuran, kacang-kacangan, atau keju. Karena ukurannya kecil, kamu bisa menyantapnya sekali lahap saja!

Panini

Mau sarapan? Kalau Amerika Serikat punya sandwich, maka Italia punya panini. Makanan khas Italia ini adalah sandwich yang terbuat dari roti (tramezzino). Kamu bisa membuat Panini dengan menggunakan roti jenis ciabatta, rosetta, dan baguette. Roti harus dipotong horizontal, kemudian diisi dengan daging asap, ham, keju, dan lainnya. Panini yang paling terkenal di Italia Tengah diisi dengan irisan daging panggang (porchetta) dan rempah khas Italia.

Risotto

Biasanya makanan khas Italia berbahan dasar tepung gandum, tetapi berbeda dengan risotto yang berbahan dasar beras. Makanan khas Italia ini berasal dari Piedmont yang punya banyak lahan tanaman padi. Risotto dibuat dengan mencampurkan beras bawang putih, dan anggur. Selain itu, ada beberapa bahan lain yang digunakan sebagai pelengkap seperti sayuran, daging, dan keju.

Pizza

Kalau pizza, semua orang pasti sudah mengenalnya. Ini adalah makanan khas Italia yang paling populer. Roti bundar dan datar ini pertama kali ditemukan di Naples. Pada 2009, pizza Neapolitan masuk dalam salah satu “Traditional Specialty Guaranteed Dish” untuk negara-negara Uni Eropa.

Biasanya, pizza dimasak dalam oven atau tungku kayu. Ada beberapa topping yang ditambahkan dalam adonan pizza, seperti daging, berbagai sayuran, keju mozzarella, hingga tuna. Topping tersebut biasanya disesuaikan dengan selera masyarakat setempat.

Lasagna

Pasta adalah hidangan paling banyak dikenal masyarakat selain pizza. Sebenarnya, ada banyak jenis pasta di Italia. Lasagna adalah salah satu hidangan pasta yang pertama diciptakan di sana. Makanan ini dibuat dari beberapa lembar lapisan pasta di atas lapisan saus secara berselang-seling. Saus yang digunakan berupa campuran keju mozzarella, saus tomat, dan irisan daging (sapi, ayam, babi), dan sayuran (bayam atau jamu). Lasagna yang telah dibumbui dengan anggur, bawang putih, bawang merah, dan regano akan dimasak dalam oven sampai matang. Makanan khas Italia ini sangat enak jika dimakan dalam keadaan hangat.

Tortellini

Selain lasagna, ada olahan pasta bernama tortellini. Makanan ini adalah pasta berbentuk cincin yang lebih mirip pusar. Tortellini yang berasal dari Emilia ini diisi campuran daging panggang dan keju. Kamu bisa menikmatinya dengan kaldu daging kental. Selain tortellini yang langsung dimasak, ada pula tortellini instan yang bisa tahan hingga 7 minggu. Tortellini kemasan yang udah dibekukan ini bisa disantap kapan saja. Cukup dipanaskan di microwave terlebih dulu.

Spaghetti

Spaghetti merupakan jenis pasta yang paling populer. Makanan dari Sisilia ini berbentuk silinder, tipis, dan panjang. Spaghetti terbuat dari semolina atau tepung dan air. Spaghetti yang sempurna harus memiliki panjang 50 cm. Namun, kini hal tersebut sudah bukan menjadi tolak ukur. Banyak spaghetti instan yang dijual dengan panjang 25-30 cm. Spaghetti paling terkenal adalah Spaghetti alla Carbonara yang diolah dengan bawang putih, minyak zaitun, saus tomat, dan daging.

Panna Cotta

Panna Cotta sudah nggak asing lagi bagi lidah orang Indonesia. Kudapan ini dibuat dari krim, susu, gula, dan gelatin. Gelatin yang digunakan bukan sembarangan karena telah dididihkan kemudian disajikan dalam keadaan dingin. Makanan khas Italia ini biasanya disajikan dengan buah ceri, rasberi, stroberi, saus cokelat, atau karamel. Makanan yang berasal dari Piedmont ini bisa jadi penetralisir yang pas setelah menyantap hidangan utama Italia yang kaya rasa.

Tiramisu

Kalau suka kopi, maka kemungkinan besar kamu akan suka tiramisu. Tiramisu adalah kudapan khas Italia yang bercita rasa kopi. Makanan ini terbuat dari kue berbentuk jari yang dicelupkan dalam kopi. Adonan tiramisu dibuat berlapis dengan campuran kuning telur, putih telur, gula dan keju mascarpone. Saat platting, makanan ini akan dibumbui dengan bubuk coklat yang lezat.

Baca juga: 10 Kue Terenak di Dunia, dari Indonesia Juga Ada!

Gelato

Bisa jadi, varian es krim paling lezat di dunia adalah gelato. Berbeda dari es krim biasa, tekstur gelato lebih padat dan rasanya lebih kaya. Gelato mengandung lebih banyak susu daripada krim, jadi lemaknya pun lebih sedikit. Biasanya, gelato disajikan dengan berbagai bahan campuran seperti biskuit, kacang-kacangan, buah-buahan, bahkan rum.

Baca juga: Menikmati Lezatnya 7 Makanan Khas Meksiko yang Ada di Indonesia

****

Itulah 10 makanan khas Italia yang paling populer di seluruh dunia. Kamu bisa dengan mudah menikmati makanan khas Italia di restoran-restoran yang menyajikan menu Italia salah satunya di Abuella Café di Jakarta. Kafe ini punya banyak hidangan spesial yang akan memanjakan lidah seperti pizza, pasta, dan lainnya. Kunjungi GoToMalls.com dan dapatkan diskon 10% dari Abuella Cafe. Caranya gampang banget, klik button di bawah ini!

 

Leave a Reply