10 Destinasi Sumba, Surga Tersembunyi di Indonesia Timur

Nusa Tenggara Timur tediri dari banyak pulau-pulau kecil yang menawarkan destinasi indah untuk dijelajah. Bukan hanya Flores dan Pulau Komodo yang menarik, Sumba juga merupakan salah satu pulau yang harus kamu kunjung. Penasaran dengan destinasi Sumba yang indah bagai surga? Simak ulasannya di bawah ini:

Baca juga: 11 Destinasi Wisata Flores Terbaik

Pantai Mawana

Image credit: IG @alexandersriewijono

Destinasi Sumba pertama yang akan membuatmu jatuh cinta pada pulau ini adalah Pantai Mawana. Surga tersembunyi ini berada di Sumba Barat Daya. Gugusan batu dan tebing tinggi yang berjajar hampir mirip dengan Twelve Apostles di Australia dan  Étretat di Prancis. Suasana paling epic di pantai ini adalah saat menjelang senja. Batuan tebing yang berwarna merah kecokelatan terlihat senada dengan langit saat matahari mulai tenggelam.

Pantai Watu Parunu

Image credit: IG @kanopi_berjalan

Di Desa Lain Djanji, Wulla Waijelu, Sumba Timur, ada satu pantai yang nggak bisa kamu lewatkan begitu saja. Pantai Watu Panuru adalah salah satu lokasi untuk pengambilan gambar film Pendekar Tongkat Emas garapan Mira Lesmana. Kamu bisa mencapai lokasi ini dengan berkendara selama tiga jam dari Waingapu. Nama pantai ini berasal dari kata watu yang berarti batu dan panuru yang berarti pintu. Gugusan batu dengan tiga lubang di pantai ini ini merupakan bukti sejarah topomini. Ini adalah hasil dari pergerakan lempengan bumi yang terjadi ratusan tahun lalu.

Pantai Nihiwatu

Image credit: IG @adventureideas

Menurut CNN, pantai ini berada pada urutan ke-17 dari 100 pantai terbaik di dunia. Pantai ini pun merupakan satu-satunya pantai Indonesia yang terpilih menjadi pantai terbaik di Asia. Banyak peselancar yang menyempatakan diri berkunjung ke pantai ini untuk menjajal ombaknya. Saking ganasnya ombak di Pantai Nihiwatu, para peselancar menjulukinya dengan sebutan God’s Left.

Pantai Nihiwatu terletak di arah 30 km dari Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat. Kini, Pantai Nihiwatu dikelola oleh sebuah resort internasional yang bernama Resort Nihiwatu. Pengin ke Pantai Nihiwatu? Sewa saja kamar hotel untuk berbulan madu dengan pasangan. Nikmati keindahan pantai dan suasana Sumba.

Pantai Mandorak

Image credit: IG @aryasutarya

Satu lagi pantai di Sumba yang tak kalah cantik. Pantai Mandorak mempunyai pemandangan indah dengan air laut biru bening dan tebing batu karang tinggi. Pasir putihnya menyala seperti mutiara. Kamu pasti kagum dengan panorama pantai yang terletak di Desa Pero Batang, Sumba Barat Daya ini. Kamu bisa mengakses pantai ini dengan mengendarai mobil atau motor. Meski jalan utamanya mulus, tapi jalan menuju ke pantai masih berupa jalan setapak 1,5 meter yang penuh kerikil dan batu. Nggak heran kalau destinasi Sumba yang satu ini sering disebut sebagai surga tersembunyi.

Air Terjun Waimarang

Image credit: IG @exploredolan.id

Sumba punya surga tersembunyi berbentuk air terjun dengan kolam yang sangat indah. Air Terjun Waimarang terletak di Sumba Timur. Kolam yang ada di lokasi ini dikelilingi tebing batu yang tinggi. Beberapa orang menggunakan lokasi ini untuk berolahraga cliff jumping. Kamu yang tertarik untuk melompat, harus berhati-hati karena batuannya sangat licin. Air dalam kolam berwarna hijau toska dan cukup jernih. Kalau kamu mau ke sana, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 83 km atau selama 2 jam dari pusat kota Waingapu.

Air Terjun Lapopu

Image credit: IG @marapuheaven

Air Terjun Lapopu adalah air terjun tertinggi di Nusa Tenggara Timur. Destinasi Sumba ini berada dalam lingkungan Taman Nasional Menepue Tanah Doru, tepatnya di Desa Hatikuloku, Wanokaka, Sumba Barat. Air terjun setinggi 90 meter ini berbentuk tangga-tangga. Kolamnya sedalam 2 meter dan aman untuk berenang. Sumber air terjun ini berasal dari lubang goa besar, bukan dari sungai besar seperti kebanyakan sumber air terjun lain di Pulau Sumba. Di sana, kamu bisa menikmati suasana alam yang asri dan menghirup udara yang sejuk.

Danau Weekuri

Image credit: IG @thisisindonesia

Danau yang satu ini terletak di Kodi, Sumba Barat Daya. Danau ini cukup unik karena terjadi pasang-surut setiap harinya. Fenomena ini terjadi karena terdapat ujung karang di danau yang berbatasan langsung dengan laut. Kadang, air laut masuk dari ombak yang menghantam karang bercelah tersebut. Kalau kamu mau masuk ke kawasan danau ini, kamu hanya perlu mengisi buku tamu dan membayar seikhlasnya kepada petugas jaga.

Taman Nasional Laiwangi Wanggameti

Image credit: IG @anaksawah

Kalau kamu penasaran dengan habitat endemik di Sumba, kamu bisa berkunjung ke Taman Nasional Laiwangi Wanggameti. Taman Nasional ini terdiri dari bukit dengan lereng yang curam. Hutan lindung ini kaya dengan keanekaragaman hayati seperti rusa, babi hutan, 72 jenis kupu-kupu, 7 macam amfibi, 215 jenis burung, dan 4 jenis reptil. Wisata yang sering dinikmati di lokasi ini adalah bird watching atau wisata melihat burung-burung endemik. Kamu akan dipandu khusus oleh pemandu berpengalaman untuk menyusuri rute wisata burung endemik di destinasi Sumba yang satu ini.

Kampung Adat Tarung

Image credit: IG @langkahjauh

Setelah bermain air di pantai dan danau, ke mana lagi kamu harus menjelajah Sumba? Ada satu destinasi menarik yang bisa kamu masukkan dalam daftarmu, yaitu Kampung Adat Tarung. Kampung ini terletak di bukit kecil setinggi 100 meter di atas daratan kota Waikabubak. Kampung ini menyimpan budaya Sumba yang masih asli meski zaman sudah modern. Satu rumah panggung biasa dihuni oleh 3-4 keluarga. Rumah-rumah di sana dibangun melingkari bukit. Ada pelataran dengan 17 kubur batu di tengah kampung.

November tahun 2017, Kampung Adat Tarung terbakar dan mengalami kerusakan hingga dengan 98%. Meski begitu, masyarakat kembali membangun kampung adat ini kembali. Hanya dalam waktu kurang dari sebulan, rumah-rumah barunya selesai dibangun.

Bukit Wairinding

Image credit: IG @widyameldev

Nggak cuma Flores yang punya destinasi impian dengan padang savana yang memanjakan mata, Sumba juga punya! Bukit Wairinding adalah salah satu destinasi Sumba yang harus kamu kunjungi. Bukit ini terletak di Sumba Timur tepatnya Desa Pambota Jara, Pandawai. Kamu bisa mencapainya dengan berkendra selama 30 menit dari pusat kota Sumba Timur. Lanskap perbukitan Sumba yang indah ini adalah sekeping surga yang sangat cantik. Hamparan padang savana yang berupa rerumputan dan ilalang ini berwarna hijau dan menguning saat musim kemarau. Bukit Wairinding seperti menawarkan pemandangan padang Afrika dan Selandia Baru dalam dua musim yang berbeda.

***

Destinasi sumba ternyata cantik-cantik ya! Dari pantai, air terjun, desa adat, hingga danau, semuanya punya daya tarik tersendiri. Tertari berkunjung ke Sumba? Pesan tiket perjalananmu ke pulau ini di Asialuxe Tours & Travel dan Avia Tour & Travel. Cek GoToMalls.com untuk mendapatkan penawaran menarik.

Baca juga: 10 Festival Budaya Indonesia: HOT Travelling To Do List di 2018

Leave a Reply